8 Kemampuan dan Keterampilan yang Wajib Dimiliki Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 17 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Agent telesales memiliki tanggung jawab yang cukup besar karena akan mempertaruhkan nama baik perusahaan di mata pelanggan dan calon pelanggan."

Agent telesales merupakan pekerjaan dengan menawarkan sebuah produk atau jasa perusahaan kepada calon pelanggan. Maka dari itu, agent telesales memiliki tanggung jawab yang cukup besar karena akan mempertaruhkan nama baik perusahaan di mata pelanggan dan calon pelanggan. Hal tersebut tidaklah mudah karena mungkin saja Anda akan menghadapi pelanggan yang marah-marah dari berbagai pelanggan dengan sifat yang berbeda. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan dan keterampilan dalam telesales. Pada artikel kali ini akan membahas tentang kemampuan dan keterampilan yang diperlukan bagi telesales dalam bisnis. Berikut adalah ulasannya:

#1 Bisa Mengoperasikan Komputer

Telesales kan hanya telepon saja, kok pakai komputer? Anda salah jika mempunyai pikiran seperti itu. Seorang agent telesales memerlukan komputer dia akan membuat setiap harinya terkait pembicaraan di telepon dengan pelanggan. Maka dari itu, agent harus bisa mengoperasikan program komputer karena akan membantu pekerjaannya.

#2 Dapat Mengoperasikan CRM

CRM atau Customer Relationship Management merupakan perangkat lunak yang cukup umum digunakan oleh perusahaan untuk keperluan database pelanggan. Hubungannya dengan telesales yaitu untuk mengakses database yang berisi informasi pelanggan. Ini merupakan hal penting kegunaannya bagi agent telesales.

#3 Komunikasi

Tentu ini merupakan hal yang wajib bagi agent telesales. Agent perlu memiliki komunikasi yang baik berupa verbal dan non-verbal. Hal ini diperlukan agar pelanggan tidak salah paham ketika Anda merespon keluhan atau pertanyaan dari pelanggan.

#4 Siap Memberikan Solusi

Tak hanya produk atau jasa saja ke pelanggan, tapi agent telesales akan menghadapi permasalahan yang berbeda dari setiap pelanggan. Maka dari itu, agent harus dengan solusi-solusi untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

#5 Negosiasi

Bekerja sebagai agent telesales tiap harinya akan berkontak dengan pihak luar terutama pada pelanggan dan calon pelanggan yang sudah ada untuk menawarkan produk atau jasa. Maka dari itu, perlunya kemampuan dan terampil dalam negosiasi untuk mempermudah dalam mencapai kesepakatan dan target jumlah pelanggan.

#6 Menjaga Perasaan

Seorang agent telesales yang baik adalah dia yang bisa menjaga perasaannya. Perasaan bisa berupa marah, sedih, kecewa, dan lain-lain. Karena tiap harinya agent akan menghubungi pelanggan, agent harus tenang apapun yang terjadi. Karena agent akan membawa reputasi perusahaan agar tidak dinilai jelek oleh pelanggan.

#7 Kerja sama

Menjadi agent telesales memerlukan kerjasama yang baik terutama dengan tim. Agent memerlukan bantuan bisa rekan kerja, atasan, maupun staff. Berbagi pikiran dan bekerja sama akan membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target.

#8 Pengelolaan Stress

Seringkali banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan sebagai agent Telesales merupakan hal yang mudah. Padahal tidak seperti itu. Agent telesales harus bisa menjaga kestabilan emosinya dan dengan kondisi mental yang baik. Tidak semua orang bisa mengendalikan dua hal tersebut. Jika sedang dalam kondisi atau suasana yang chaos, Anda perlu untuk mengelola tingkat stress dengan baik sehingga Anda tetap dalam kondisi mental yang baik dan tetap terjaga.

Nah, seorang agent telesales memang ditugaskan untuk menjual atau menawarkan produk maupun jasa dari perusahaan kepada pelanggan. Namun, agent telesales kerap kali diremehkan karena kerjanya hanya menelpon saja. Padahal, agent juga harus memiliki kemampuan dan terampil dalam menjalankan pekerjaanya. Tak hanya itu, seorang agent juga harus memiliki komunikasi yang baik agar tidak akan terjadi salah paham terhadap pelanggan maupun calon pelanggan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami