7 Cara Agen Telemarketing Mempertahankan Pelanggan Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 28 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Inilah beberapa cara yang bisa agen telemarketing lakukan untuk mempertahankan pelanggan perusahaan supaya tidak berpindah ke perusahaan kompetitor lainnya"

Untuk setiap perusahaan, mempertahankan pelanggan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Pelanggan yang puas dan loyal tidak hanya akan melakukan repurchase produk, tetapi juga mampu merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ini adalah dengan agen telemarketing. Hal ini disebabkan karena agen berperan penting sebagai pihak yang terlibat langsung dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Selain memiliki skill komunikasi yang bagus, mereka juga harus mengetahui cara-cara untuk mempertahankan pelanggan supaya tidak berpindah ke perusahaan kompetitor yang serupa. Bagaimana cara yang dimaksud ini? Sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak dahulu peran agen telemarketing dalam menjalin hubungan dengan pelanggan.

Peran Agen Telemarketing dalam Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Beberapa peran agen telemarketing dalam menjalin hubungan dengan pelanggan adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan Personal

Pembicaraan personal antara agen dengan setiap pelanggan melalui telepon akan menciptakan ikatan emosional antara pelanggan dan perusahaan.

  • Memberikan Informasi yang Relevan

Agen telemarketing diharuskan memberikan informasi akurat tentang produk atau layanan perusahaan supaya dapat menjawab semua pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan dengan baik.

  • Mengidentifikasi Kebutuhan Pelanggan

Setelah itu, agen harus pandai mengidentifikasi kebutuhan setiap pelanggan untuk dilanjutkan menawarkan solusi atau produk yang paling relevan.

  • Menjelaskan Manfaat Produk atau Layanan

Agen telemarketing harus mampu menjelaskan manfaat produk atau layanan perusahaan dan bagaimana kedua hal itu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

  • Mengatasi Keluhan dan Masalah

Ketika pelanggan menghadapi masalah, agen telemarketing harus siap membantu dan mencari solusi untuk meningkatkan kepuasan elanggan.

  • Mengingatkan Pelanggan Adanya Promo atau Penawaran Khusus

Agen telemarketing dapat mengingatkan apabila terdapat promo atau penawaran khusus yang sedang berlangsung untuk meningkatkan minat pelanggan dalam melakukan pembelian berulang.

  • Menghubungi Pelanggan Secara Berkala

Agen dapat menghubungi pelanggan secara berkala untuk menjaga komunikasi dan memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang digunakan.

Baca juga: Apa Saja Target yang Harus Dicapai Agen Telemarketing?

Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan Lewat Telemarketing

Inilah sejumlah manfaat apabila perusahaan Anda menjalin hubungan baik dengan pelanggan lewat telemarketing:

  • Mempertahankan Pelanggan

Hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang ada.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang mendapatkan pelayanan yang baik cenderung akan menjadi pelanggan setia dengan perusahaan.

  • Mendapatkan Pelanggan Baru

Pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan produk atau layanan perusahaan kepada orang lain sehingga membantu perusahaan mendapatkan pelanggan baru.

  • Meningkatkan Penjualan

Hubungan yang baik dengan pelanggan akan meningkatkan peluang untuk melakukan penjualan ulang atau penjualan tambahan.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan

Pelayanan yang baik yang dibarengi dengan hubungan yang positif dengan pelanggan akan membantu meningkatkan citra perusahaan.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada lebih efisien dan tidak membutuhkan biaya tambahan lagi daripada mencari pelanggan baru.

  • Feedback dan Perbaikan

Interaksi langsung dengan pelanggan melalui telemarketing memberikan kesempatan untuk mendapatkan langsung feedback tentang produk atau layanan perusahaan.

Cara-Cara Agen Telemarketing Mempertahankan Pelanggan Perusahaan

Berikut adalah tujuh cara agen telemarketing dapat mempertahankan pelanggan perusahaan:

  • Menyediakan Pelayanan yang Ramah dan Profesional

Agen telemarketing harus senantiasa menyapa pelanggan dengan ramah dan memberikan pelayanan yang profesional sehingga meningkatkan kesan positif pelanggan terhadap perusahaan.

  • Mengenali dan Mengingat Pelanggan

Agen telemarketing juga harus berusaha mengenali dan mengingat setiap pelanggan yang pernah berinteraksi dengan perusahaan. Mereka dapat menggunakan riwayat interaksi sebelumnya untuk menciptakan hubungan personal dengan pelanggan.

  • Menawarkan Penawaran Khusus

Agen telemarketing dapat memberikan penawaran khusus, diskon, atau promo eksklusif kepada pelanggan yang telah setia menggunakan produk atau layanan perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

  • Mengedepankan Solusi

Ketika pelanggan menghadapi masalah atau kekhawatiran, agen telemarketing harus menawarkan solusi yang efektif dan memuaskan untuk mengatasi masalah.

  • Menjaga Komunikasi Secara Berkala

Kemudian, agen telemarketing dapat menghubungi pelanggan secara berkala untuk menanyakan perihal kepuasan mereka terhadap produk atau layanan. Dengan ini, pelanggan akan merasa dihargai dan didengarkan.

  • Memberikan Informasi dan Edukasi

Agen telemarketing dapat memberikan informasi dan edukasi kepada pelanggan tentang produk atau layanan perusahaan yang relevan dengan kebutuhan atau minat mereka.

  • Mengapresiasi Pelanggan Setia

Agen telemarketing bisa memberikan apresiasi kepada pelanggan yang setia menggunakan produk atau layanan perusahaan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai.

Baca juga: 7 Cara Agen Telemarketing Menentukan Diskon, Dijamin Menarik Minat!

Tingkatkan Kinerja Agen Telemarketing dan Hubungan Baik Pelanggan Dengan Sociomile!

Agen telemarketing memainkan peran penting dalam menjaga hubungan baik perusahaan dengan pelanggan. Dengan cara-cara yang telah diberikan di atas, agen telemarketing dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sebagai platform pendukung penghubung agen telemarketing dengan pelanggan, Anda bisa menggunakan sistem CRM sebagai salah satunya.

Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan sistem CRM Sociomile milik Ivosights. Sistem ini mampu mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dalam satu dashboard sehingga mempermudah agen telemarketing berganti-ganti channel dalam menghubungi pelanggan.

Sistem ini juga dibekali dengan fitur predictive dialer system yang membuat agen dapat menghubungi banyak nomor sekaligus. Anda bahkan juga bisa memonitor langsung traffic panggilan, ketersediaan agen, hingga rekaman suara selama proses telemarketing dilakukan. Masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari Sociomile. Bila Anda tertarik, segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan demo sistemnya yang bisa diperagakan secara langsung!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami