Ini 4 Tanda Perusahaanmu Mulai Memerlukan Command Center

Command Center Provider


Penulis : Administrator - Selasa, 10 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.

"Command center sebuah tempat yang menyediakan fasilitas dan teknologi untuk mengkoordinasikan & mengontrol aktivitas yang terkait dengan suatu organisasi/sistem"

Setiap industri umumnya membutuhkan command center untuk mencegah kesulitan yang mungkin terjadi di depan sana. Dengan fungsinya yang bisa mendeteksi marabahaya di depan, tentunya command center bisa meningkatkan kinerja perusahaan dengan lebih baik.

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, command center disebut juga sebagai sebuah pusat atau tempat yang menyediakan fasilitas dan teknologi yang diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengontrol aktivitas atau operasi yang terkait dengan suatu organisasi atau sistem.

Command center biasanya memiliki sistem informasi yang terintegrasi, termasuk sistem telekomunikasi, sistem informasi geografis, sistem monitering, dan sistem pengambilan keputusan, yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarluaskan informasi yang diperlukan untuk mengontrol dan mengkoordinasikan aktivitas terkait.

Hal inilah yang membuat command center penting untuk perusahaan atau institusi. Perusahaan atau institusi dapat mencegah setiap krisis yang akan terjadi, baik tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaan, dan langkah penyediaan informasi publik. Bukan hanya itu, sebenarnya hal yang bisa diperoleh dari suatu perusahaan yang menggunakan command center masih banyak. Selain bisa mencegah krisis yang akan terjadi, command center juga bisa menjadi solusi untuk penyebaran informasi tercepat dan ter-update untuk semua pekerja atau pelanggan.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui beberapa hal tentang command center terutama pada tanda-tanda industri atau perushaaan mulai membutuhkan command center. Untuk kamu yang ingin meningkatkan performa bisnis lewat command center pastinya tidak bisa melewatkan informasi penting yang satu ini. Pastikan kamu menyimak artikel ini sampai selesai, ya!

Fungsi Command Center untuk Industri

Command center biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan pemantauan dan kontrol yang efektif terhadap sistem atau proses yang sedang berlangsung. Beberapa kegiatan yang biasanya membutuhkan command center antara lain:

  1. Mengawasi dan mengendalikan operasi: Command center digunakan untuk mengawasi dan mengendalikan operasi yang sedang berlangsung, seperti operasi militer atau aparat keamanan, sistem transportasi, atau sistem produksi dan distribusi energi.
  2. Memonitor sistem jaringan: Command center digunakan untuk memonitor kondisi sistem jaringan, seperti jaringan telepon, internet, dan televisi, serta mengidentifikasi dan menangani masalah yang mungkin terjadi.
  3. Menyampaikan informasi real-time: Command center digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyampaikan informasi terkini kepada tim manajemen atau pelanggan.
  4. Koordinasi tim: Command center digunakan untuk mengelola dan mengcoordinasikan tim yang terlibat dalam pengelolaan sistem atau proses yang sedang berlangsung.
  5. Pemantauan kegiatan: Command center digunakan untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung, seperti survei atau penelitian pasar, dan mengumpulkan data yang diperoleh.

4 Tanda Industri Membutuhkan Command center

Tanda-tanda perusahaanmu membutuhkan command center dapat dilihat dengan mengecek hal-hal tertentu. Sebuah industri dapat membutuhkan command center jika:

#1 Industri tersebut memiliki operasional yang kompleks dan dinamis

Command center dapat mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber, seperti sistem informasi manajemen, sistem teknologi informasi dan komunikasi, atau sumber lainnya, ke dalam satu tempat yang terpusat. Hal ini memudahkan pengambilan keputusan dan mempercepat proses pengambilan keputusan.

#2 Industri tersebut mengalami pertumbuhan yang cepat dan terus berkembang

Industri yang mengalami pertumbuhan cepat memerlukan monitor dan analisis yang konsistern. Command center dapat memonitor dan menganalisis operasional industri secara terus-menerus, sehingga dapat memantau perkembangan dan mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi.

#3 Industri tersebut memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap teknologi

Industri yang bergantung dengan teknologi membutuhkan command center karena command center dapat membantu mengelola sistem teknologi yang digunakan dalam industri secara terintegrasi dan efektif. Selain itu, command center dapat membantu mengintegrasikan informasi dan data dari berbagai bagian dalam industri, sehingga memudahkan koordinasi antar bagian dan meningkatkan efisiensi operasional.

#4 Industri tersebut memiliki tingkat risiko yang tinggi

Command center dibutuhkan bagi industri yang memiliki tingkat risiko tinggi seperti industri yang mengelola bahan-bahan kimia berbahaya atau industri yang mengelola infrastruktur vital, sehingga perlu adanya suatu tempat yang dapat memantau dan mengelola risiko tersebut secara efektif.

Maka, saat yang tepat untuk membutuhkan command center bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi dan kebutuhan masing-masing industri. Namun, pada umumnya, sebuah industri dapat mempertimbangkan untuk membutuhkan command center jika industri tersebut memiliki operasional yang cukup kompleks dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Dapatkan Command Center Provider Terbaik di Ivosights

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai command center. Kini kamu mengetahui bahwa command center dibutuhkan oleh berbagai industri dengan fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu jika kamu ingin memilih provide command center untuk perusahaanmu, pastikan kamu mengetahui fungsi dan kebutuhannya agar tepat guna dan tepat sasaran!

Untuk membantu perusahaan atau institusi menghadapi krisis manajemen atau jika kamu membutuhkan provider command center yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, kamu bisa mengandalkan Ivosights. Ivosights hadir dengan layanan digital command center terdepan yang pastinya siap membantu meningkatkan kualitas dan performa perusahaanmu. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami di www.ivosights.com atau hubungi tim kami.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami