Peran Social Media Listening Tools: Dapat Lakukan Competitive Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 04 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.

"Competitive analysis merupakan fitur pada social media listening tools yang dapat membantu bisnis unggul di tengah gempuran kompetitor. Simak ulasannya di sini!"

Dalam era digital yang terus berkembang, perusahaan tidak lagi hanya bersaing di pasar fisik, tetapi juga di ranah online. Untuk tetap bersaing secara efektif, perlu bagi perusahaan untuk memahami posisi mereka dalam lingkungan digital. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui penggunaan social media listening tools. Alat-alat ini memungkinkan perusahaan untuk tidak hanya memantau aktivitas kompetitor, tetapi juga menganalisis sentimen pelanggan dan tren pasar secara mendalam. Dengan demikian, dalam artikel ini, kami akan menjelajahi peran penting dari social media listening tools dalam melakukan analisis kompetitif yang efektif, serta bagaimana perusahaan dapat menggunakannya untuk mendapatkan keunggulan bersaing di pasar yang semakin kompleks ini.

Apa itu Social Media Listening Tools? 

Social media listening tools merupakan alat yang digunakan institusi, perusahaan, atau pelaku bisnis untuk mengetahui, memantau, dan menganalisa pembicaraan digital di media sosial, blog, atau forum online. Strategi ini bertujuan supaya perusahaan mengetahui perkembangan dan memahami topik yang sering dibicarakan oleh masyarakat. Biasanya perusahaan akan mencoba mengetahui informasi terkait industri tempat perusahaan beroperasi atau mengenai perusahaan dan produknya secara spesifik. Dengan menggunakan social media listening tools, perusahaan dapat menjaga reputasi perusahaan dari isu negatif. Salah satu social media listening tools asal Indonesia adalah Ripple10. 

Pada social media listening tools, perusahaan dapat mengakses percakapan digital dan sistem akan mengkategorikannnya pada dua macam sentimen, positif dan negatif. Selain itu, social media listening tools akan membantu perusahaan mengetahui indeks kesehatan brand di dunia digital berdasarkan sentimen tersebut. Dengan mengetahui sentimen masyarakat, perusahaan dapat mengantisipasi terjadinya krisis digital dan dapat mengatasinya secara lebih dini.

Mengenal Competitive Analysis pada Social Media Listening Tools

Social media listening tools memiliki salah satu fitur penting bernama competitive analysis. Hal ini mengacu pada proses identifikasi aktivitas dan sentimen masyarakat terhadap perusahaan yang menjadi kompetitor. Dengan mengetahui aktivitas dan sentimen masyarakat tersebut, perusahaan dapat membandingkan hasilnya dengan sentimen pada perusahaan sendiri. Setelah mengetahui kekurangan kompetitor, perusahaan dapat mengisi celah kekurangan tersebut untuk meningkatkan strategi bisnis supaya memenangkan kompetisi. Perusahaan juga dapat mencegah ancaman persaingan yang kemungkinan masuk ke dalam bisnisnya.

Baca Juga: Mengenal Ripple10, Social Media Listening Tools dengan Fitur Variatif! 

Peran Competitive Analysis pada Social Media Listening Tools

Competitive analysis berperan besar pada alat social media listening tools secara keseluruhan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui Tren Pasar

Competitive analysis pada social media listening tools memungkinkan perusahaan untuk mengetahui tren yang terjadi di industri yang didalami perusahaan. Proses ini juga memberikan perusahaan pengetahuan mengenai topik dan preferensi pelanggan. Dengan menganalisis aktivitas kompetitor, perusahaan dapat mengidentifikasi pola kompetitor dan mencoba mengadaptasikan strategi pemasaran yang lebih unggul daripada kompetitor itu sendiri.

  • Mengidentifikasi Kompetitor

Fitur pada social media listening tools ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi perusahaan mana saja yang merupakan kompetitor terbesar mereka. Perusahaan dapat juga memantau aktivitas kompetitor di media dan menganalisis kelebihan dan kekurangannya sebagai input untuk membuat strategi perusahaan sendiri.

  • Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman Berbisnis

Mengetahui peluang dan ancaman merupakan aspek terpenting supaya pebisnis dapat menjalankan bisnisnya dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Fitur competitive analysis pada social media listening tools ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui produk terbaru kompetitor, kampanye pemasaran, partnership, dan aktivitas lainnya. Dengan pengetahuan tersebut, perusahaan dapat mencari celah peluang untuk dikapitalisasi dan celah kemungkinan ancaman yang akan muncul.

  • Membandingkan Kinerja Perusahaan dan Kompetitor

Membandingkan perusahaan sendiri dan kompetitor, terutama yang bergerak di industri yang sama, merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Dengan fitur competitive analysis pada social media listening tools, perusahaan dapat melakukan kegiatan tersebut dengan membandingkan metrik seperti mention digital, analisis sentimen, opini publik, hingga hubungan kompetitor dengan pelanggannya. Membandingkan kinerja seperti ini berfungsi supaya perusahaan dapat mengidentifikasi bagian yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan dari suatu perusahaan.

  • Memberikan Insights untuk Penyusunan Strategi

Competitive analysis pada social media listening tools menyediakan fasilitas bagi perusahaan untuk mencari input terkait peningkatan strategi dan pengambilan keputusan. Dengan memahami strategi, taktik, kekuatan, dan kelemahan kompetitor, perusahaan dapat membuat taktik berbeda yang jauh lebih baik untuk unggul di tengah gempuran persaingan tersebut.

  • Mengetahui Sudut Pandang Audiens

Mengetahui sudut pandang audiens merupakan aspek penting untuk mencari area yang perlu dikembangkan, mengetahui preferensi audiens untuk pembaharuan, hingga mengetahui apakah strategi yang dikembangkan perusahaan berhasil atau tidak. Fitur competitive analysis pada social media listening tools memungkinkan perusahaan untuk mengetahui sudut pandang audiens melalui mentions di sosial media, percakapan digital, dan review produk secara online. Tak hanya mengetahui sudut pandang audiens brand sendiri, perusahaan dapat mencari tau sudut pandang audiens dari kompetitor.

Baca Juga: Social Media Listening Tools pada Industri Perhotelan dan Pariwisata 

Ingin Lakukan Competitive Analysis dengan Social Media Listening Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social media listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin melakukan media monitoring dan menggunakan fitur competitive analysis. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami