Inilah 9 Faktor yang Memengaruhi Customer Loyalty dalam Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 04 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Untuk mengetahui lebih dalam tentang cara meningkatkan customer loyalty dalam telesales, Anda juga harus mengetahui apa saja faktor yang memengaruhinya"

Customer loyalty merupakan elemen krusial dalam kesuksesan bisnis, terutama dalam industri telesales. Bagi hampir semua perusahaan, memiliki pelanggan loyal adalah salah satu faktor penting untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang dan membangun citra yang positif. Ketika menjalankan strategi telesales, mengutamakan customer loyalty juga harus dijadikan salah satu fokus utama. Pelanggan yang loyal tidak hanya akan terus bertransaksi, tetapi juga bisa merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang memengaruhi tingkat customer loyalty ini sangat penting untuk meraih keberhasilan dalam bisnis telesales. Sebelum membahas apa saja faktor-faktor yang dimaksud, alangkah baiknya Anda ketahui dahulu pengertian dari customer loyalty dan telesales.

Apa Itu Customer Loyalty?

Customer loyalty merupakan sebuah kecenderungan pelanggan untuk terus menggunakan produk atau layanan dari suatu perusahaan secara konsisten. Pelanggan loyal cenderung lebih setia, memberikan umpan balik positif, dan merekomendasikan produk atau layanan perusahaan kepada orang lain.

Baca juga: Ukur Customer Loyalty dengan Menggunakan Telesurvey

Pengertian dari Istilah Telesales

Sementara itu, telesales merupakan salah satu strategi pemasaran dan penjualan yang dilakukan melalui telepon. Dalam telesales, tim penjualan akan bertugas menghubungi calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada untuk mempromosikan produk atau layanan, melakukan penawaran, dan menghasilkan penjualan. Metode ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai calon pelanggan yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien.

Pentingnya Memerhatikan Customer Loyalty oleh Perusahaan

Inilah alasan pentingnya memerhatikan customer loyalty oleh perusahaan:

  • Peningkatan Retensi Pelanggan

Pelanggan yang loyal cenderung tetap berlangganan dan menggunakan produk atau layanan perusahaan secara berkelanjutan sehingga meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

  • Meningkatkan Pendapatan

Dengan pelanggan yang melakukan pembelian berulang sehingga pendapatan perusahaan juga meningkat dari penjualan produk atau layanan.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Mempertahankan pelanggan yang sudah ada akan lebih ekonomis daripada mencari pelanggan baru karena biaya pemasaran yang dibutuhkan lebih rendah.

  • Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Pelanggan loyal cenderung memberikan umpan balik positif dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Mereka juga bisa meningkatkan reputasi dan citra perusahaan.

Baca juga: Telesales Wajib Tahu, Cara Membuat Pelanggan Tertarik untuk Beli!

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Customer Loyalty dalam Telesales

Berikut inilah faktor-faktor yang memengaruhi customer loyalty dalam telesales:

  • Kualitas Produk atau Layanan

Kualitas produk atau layanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempengaruhi mereka untuk tetap loyal.

  • Pelayanan Pelanggan yang Baik

Pelayanan pelanggan yang ramah, responsif, dan efisien akan membuat pelanggan merasa dihargai dan nyaman berkomunikasi dengan perusahaan.

  • Personalisasi Komunikasi

Mengenal dan memahami kebutuhan serta preferensi pelanggan memudahkan perusahaan untuk memberikan penawaran yang relevan. Dengan itu, customer loyalty juga akan meningkat.

  • Konsistensi dan Kesesuaian Penawaran

Konsistensi dalam menyampaikan penawaran dan kesesuaian dengan kebutuhan pelanggan akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Menghadirkan Solusi atas Masalah Pelanggan

Tingkat loyalitas pelanggan akan naik apabila pelanggan diberikan solusi yang efektif atas masalah atau kebutuhan mereka.

  • Pengalaman Pengguna yang Positif

Pengalaman pengguna yang positif akan membentuk kesan yang baik pada pelanggan.

  • Program Loyalty dan Insentif

Mengadakan program loyalty, seperti diskon atau reward, akan mendorong pelanggan untuk tetap setia dan melakukan pembelian lebih banyak.

  • Komersialisasi Sikap dan Etika

Sikap dan etika yang komersial, termasuk transparansi dalam bisnis, akan membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

  • Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang efektif dan terus berlangsung dengan pelanggan, misalnya melalui follow-up atau penawaran khusus, akan membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Tingkatkan Kinerja Agen Telesales dengan Bantuan Sociomile

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi tingkat customer loyalty dalam bidang telesales. Dengan mengimplementasikan strategi yang relevan, perusahaan Anda bisa mempertahankan keloyalan pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan membangun reputasi yang baik. Supaya telesales yang dilakukan semakin optimal, bekali para agen dengan teknologi pendukung seperti sistem CRM. 

Salah satu CRM yang bisa Anda pertimbangkan adalah Sociomile, sistem contact center terlengkap yang memudahkan Anda untuk berinteraksi secara pelanggan. Sociomile memudahkan para agen telesurvey melakukan panggilan inbound dan outbound dengan praktis serta efisien berkat IP PBX Telephony System sehingga sistem ini dapat diakses darimana saja. Tak hanya itu, sistem ini juga dibekali dengan beragam fitur menarik dan mendukung custom workflow menyesuaikan keinginan perusahaan Anda. Segera hubungi tim Ivosights untuk melakukan langsung demo sistem Sociomile ini sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami