Social Media Listening Tools pada Industri Perhotelan dan Pariwisata

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 01 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.

"Industri perhotelan dan pariwisata merupakan salah satu bisnis yang perlu mengimplementasikan social media listening tools. Simak ulasannya di sini!"

Di era digital ini, sangatlah penting untuk suatu lembaga, bisnis, atau instansi untuk dapat terus menjada persepsi publik dengan positif. Meski terdengar sepele, persepsi publik dapat berpengaruh terhadap stabilitas suatu bisnis. Salah satu strategi menjaga opini masyarakat terhadap bisnis yang dimiliki adalah dengan menggunakan social media listening tools.

Mengenal Social Media Listening Tools

Social media listening tools merupakan alat yang digunakan untuk mengawasi, menganalis, dan melacak data digital atau percakapan dari media sosial, portal berita, blog, hingga forum online. Ivosights merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang menawarkan social media listening tools bernama Ripple10. 

Ripple10 merupakan suatu solusi bagi perusahaan atau institusi yang ingin mengetahui sentimen masyarakat terhadap mereka, baik itu sentimen positif, negatif, maupun netral. Tak hanya itu, alat ini juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui aktivitas kompetitor, mengetahui tren pasar, dan mengantisipasi hal-hal negatif atau krisis sosial media.

Baca Juga: 7 Manfaat Social Media Listening Tools dalam Pembuatan Konten Digital Marketing 

Strategi dan Implementasi Social Media Listening Tools 

Ivosights menyediakan fitur dan fasilitas yang sangat cocok digunakan oleh bisnis yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata. Berikut adalah strategi dan cara implementasi yang dapat dilakukan dengan platform Ripple10:

  • Menjaga Reputasi Brand dengan Sentimen Analysis

Bisnis yang bergerak di industri perhotelan dan pariwisata dapat menjaga reputasi bisnis dengan menggunakan fitur sentimen analysis dan digital health index. Sentimen analysis merupakan fitur yang memudahkan perusahaan untuk menemukan sentimen positif, negatif, maupun netral mengenai brand, kompetisi, atau kata kunci apapun yang ingin ditentukan. Fitur ini akan mengkategorikan secara otomatis seluruh perbincangan yang ada di sosial media dan akan dikoreksi secara manual oleh admin untuk data yang lebih akurat. Setelah itu, melalui fitur digital health index, terdapat hasil perhitungan dari sentimen yang ada. Sehingga, dapat ditentukan yang mana yang sedang dominan terjadi antara sentimen positif, negatif, atau netral. Dengan menggunakan kedua fitur ini, perusahaan dapat melakukan mitigasi isu negatif.

  • Mengetahui Penyebaran Isu dengan Audience Analysis

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah perusahaan tidak akan terlepas dari sebuah isu. Baik itu isu positif atau isu negatif. Dengan fitur audience analysis yang disediakan Ivosights, perusahaan dapat mengetahui asal mula penyebaran isu secara detail. Apabila isu ini bersifat negatif, perusahaan juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui early alert notification.

  • Mengetahui Aktivitas Kompetitor Melalui Competitive Analysis

Bisnis di industri pariwisata kini semakin marak. Masyarakat menjadi mudah membandingkan suatu produk dengan produk lain, suatu brand dengan brand yang lain ketika hendak melakukan transaksi. Hal ini membuat perusahaan perlu memutar otak untuk dapat mempertahankan produknya di urutan pertama. Dengan menggunakan fitur competitive analysis di Ripple10, perusahaan mendapatkan insights mengenai aktivitas kompetitor dan sentimen apa yang tercipta dari aktivitas tersebut. Dengan hal itu, perusahaan dapat meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik dibanding para kompetitornya.

  • Membuat Konten Digital Marketing yang Tepat Sasaran

Salah satu strategi pemasaran yang ampuh di era digital adalah dengan membuat konten yang berkaitan, dekat, dan tepat sasaran. Tak hanya berguna untuk menjaga reputasi brand, perusahaan dapat juga menggunakan Ripple10 untuk merancang strategi konten pemasaran digital. Perusahaan dapat mencoba fitur average daily mention & buzz geo distribution untuk mengetahui kapan dan dimana brand biasanya diperbincangan di sosial media. Hal ini dapat berguna supaya para digital marketers bisa menyusun jadwal pendistribusian konten. Selain itu, terdapat fitur sociograph keyword yang memudahkan perusahaan untuk mendapatkan kata kunci paling relevan mengenai produk, layanan, atau brand secara umum. Hal ini dapat berguna bagi content writer di perusahaan yang bertugas menulis konten SEO-friendly.

  • Sistem Integrasi dengan Software CRM (Customer Relationship Management)

Perusahaan dapat mencoba Ripple10 yang diintegrasikan dengan software CRM (Customer Relationship Management) lainnya, yaitu Sociomile. Sociomile merupakan platform untuk pengelolaan sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Dengan proses integrasi kedua platform ini, perusahaan dapat menanggapai langsung percakapan digital yang muncul dari Ripple10. Untuk alur kerjanya, pertama-tama Ripple10 akan menangkap percakapan netizen, kemudian Ripple19 mengkonversikan percakapan tersebut menjadi ticket yang disalurkan ke Sociomile. Terakhir, agen atau karyawan perusahaan dapat menanggapi percakapan tersebut secara langsung melalui platform Sociomile.

Ripple10 dari Ivosights Untuk Solusi Social Media Listening Tools Efektif!

Ivosights menghadirkan Ripple10, sebuah solusi bagi perusahaan untuk mendapatkan data percakapan digital yang bersumber dari sosial media, portal berita, situs web, blog, hingga forum online. Ripple10 memiliki berbagai macam fitur yang dapat mempermudah perusahaan untuk menjaga reputasi brand, menjaga kestabilan operasional, dan menjaga sentimen masyarakat terhadap brand. Tunggu apalagi? Ayo hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami