Tips Manajemen Krisis Efektif dengan Social Listening Platforms

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 28 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms.

"Social listening platforms dapat membantu bisnis untuk melakukan manajemen krisis yang lebih efektif dan efisien. Ketahui langkah-langkahnya di sini!"

Dalam dunia bisnis, seringkali kita menghadapi krisis yang mengancam reputasi dan kelancaran bisnis. Maka dari itu, manajemen krisis yang efektif dan efisien merupakan hal yang sangat penting. Untuk mempermudah proses ini, bisnis dapat menggunakan social listening platforms. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam apa itu social listening platforms, manfaatnya, dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan alat ini ketika melakukan manajemen krisis!

Apa Itu Social Listening Platforms?

Social listening platforms adalah perangkat lunak yang memungkinkan bisnis untuk melacak, memantau, dan menganalisis percakapan yang terjadi di dunia daring terkait suatu kata kunci atau merek. 

Manfaat Penggunaan Social Listening Platforms bagi Bisnis

Berikut beberapa manfaat penggunaan social listening platforms bagi bisnis:

  • Memahami Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

Social listening platforms mengumpulkan data dari percakapan online sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Perusahaan dapat memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka untuk mengetahui pembicaraan online terkait bisnis mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat mengidentifikasi percakapan seputar keinginan dan kebutuhan pelanggan. Informasi ini dapat menjadi hal penting yang patut untuk dipertimbangkan ketika ingin mengembangkan produk atau jasa serta membentuk kampanye promosi yang baik.

  • Mengidentifikasi Sentimen Pelanggan

Selain kebutuhan dan keinginan pelanggan, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi sentimen pelanggan. Dengan memasukkan kata kunci yang relevan, perusahaan dapat mengetahui opini pelanggan terhadap produk atau jasa mereka yang disampaikan di internet. Dengan fitur analisis sentimen yang ada pada social listening platforms, data ini dapat diolah dan disimpulkan untuk mengetahui tingkat sentimen pelanggan terhadap produk atau jasa tersebut. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat mengetahui bagaimana persepsi publik terhadap bisnis mereka dan melakukan tindakan dalam mencegah atau menangani masalah yang mungkin timbul.

  • Memonitor Aktivitas Kompetitor

Selain memantau merek mereka sendiri, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk memonitor aktivitas pesaing. Social listening platforms memiliki fitur competitor analysis yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui aktivitas seperti strategi atau kampanye yang digunakan oleh pesaing bisnis mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan baik di pasar.

  • Mengetahui Tren Industri

Social listening platforms juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan memantau perubahan tren pada industri mereka. Dengan memantau percakapan online tentang topik-topik terkait industri, perusahaan dapat mengetahui perkembangan tren yang terbaru dan mengantisipasi perubahan pasar.

  • Melakukan Riset Pasar dengan Mudah

Dengan fitur canggih dan dashboard yang tersentralisasi, social listening platforms memungkinkan perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan lebih efisien kapanpun dan dimanapun. Data yang dikumpulkan merupakan data real time sehingga perusahaan dapat mendapatkan wawasan yang lebih akurat dan komprehensif tentang market bisnis.

  • Membantu Proses Manajemen Krisis

Dengan fitur-fitur seperti alert system, sentiment analysis, dan lain-lain, perusahaan dapat mengidentifikasi krisis secara real time dan mempercepat proses penanganannya. Perusahaan dapat memberikan respon dengan efisien dan efektif terhadap masalah-masalah yang dibahas oleh pelanggan secara online. Setelah menangani masalah, perusahaan juga dapat memanfaatkan social listening platforms untuk memantau respon pelanggan dan publik untuk mengukur sejauh mana mereka telah berhasil menghadapi krisis yang dihadapi.

  • Membantu Meningkatkan Customer Satisfaction

Dengan social listening platforms, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Perusahaan dapat menggunakan data ini membentuk produk atau jasa yang sesuai serta memberikan layanan dan pengalaman yang terbaik pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan social listening platforms untuk menetapkan strategi komunikasi yang cocok untuk pelanggan mereka, membangun hubungan pelanggan yang kuat. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat memberikan layanan dan pengalaman yang memuaskan dan meningkatkan tingkat customer satisfaction mereka.

Baca Juga: Kenali Peluang dan Tantangan Penggunaan Social Listening Platforms

Langkah-Langkah Melakukan Manajemen Krisis dengan Social Listening Platforms

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika melakukan manajemen krisis dengan social listening platforms:

  • Identifikasi Ancaman

Langkah pertama adalah mengidentifikasi ancaman dengan bantuan alert system yang ada pada social listening platforms. Hal ini akan sangat berguna bagi perusahaan untuk melakukan langkah preventif terhadap krisis.

  • Analisis Data Sentimen

Selanjutnya, perusahaan dapat menggunakan social listening platforms untuk mengumpulkan dan menganalisis data sentimen pelanggan. Hall ini akan membantu perusahaan untuk melihat respons publik terhadap krisis yang sedang terjadi dan memahami akar dari krisis tersebut.

  • Tentukan Langkah dengan Mempertimbangkan Data

Setelah mengumpulkan dan menganalisis data yang didapatkan dari social listening platforms, perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk melakukan manajemen krisis. Data-data ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menemukan solusi penyelesaian krisis yang tepat.

  • Pantau Secara Real Time

Perusahaan dapat menggunakan social listening platforms untuk memantau media secara real time sehingga perusahaan dapat memantau perkembangan krisis yang terjadi dengan cepat. Data real-time sangat berguna karena dapat membantu perusahaan untuk menanggapi masalah dengan lebih efektif dan efisien.

  • Implementasi dan Evaluasi

Data-data yang didapatkan dan dikelola dari social listening platforms dapat menjadi penentu solusi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menyelesaikan krisis. Setelah melakukan hal tersebut, perusahaan dapat melakukan evaluasi terhadap manajemen krisis yang telah dilakukan untuk melihat sejauh mana implementasi solusi tersebut dapat membantu dan menyelesaikan masalah.

Baca Juga: 3 Cara Deteksi Tren dengan Social Listening Platforms

Dapatkan Social Listening Platforms Terbaik, Ripple10!

Social listening platforms merupakan alat yang memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya dapat membantu bisnis mendapatkan insights dari percakapan digital, platform ini juga dapat membantu bisnis untuk melakukan manajemen krisis yang lebih optimal. Jika Anda ingin menggunakan social listening platforms yang dapat membantu Anda melakukan hal ini, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah social listening platforms yang terpercaya dan salah satu yang terbaik di Indonesia, dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif yang akan membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi pengembangan bisnis. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami