Mengapa Brand Perlu Menggunakan E-mail Marketing?

Ripple10 | Jumat, 26 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - E-mail marketing. iStock.
Ket. foto: Ilustrasi - E-mail marketing. iStock.

Dalam dunia marketing ataupun bisnis, e-mail marketing menjadi salah satu strategi untuk menjangkau pelanggan di era digital. Mengingat, e-mail marketing menawarkan banyak keuntungan. Di antara keuntungan tersebut, kita dapat mengandalkan e-mail marketing untuk menjangkau pelanggan baru ataupun mengirimkan penawaran produk. Bahkan, e-mail marketing juga ditujukan agar para pengunjung suatu website mendapatkan update mengenai bisnis atau produk kita.

Nah, selain beberapa hal yang seperti disebutkan di atas, Ivosights telah merangkum dari beberapa sumber mengenai keuntungan penggunaan e-mail marketing dan mengapa brand perlu menggunakan e-mail marketing. Beberapa keuntungan penggunaan e-mail marketing tersebut adalah sebagai berikut.

#1 Murah

Hal pertama mengapa kita perlu menggunakan e-mail marketing adalah karena harganya lebih murah ketimbang program pemasaran lainnya. Termasuk, e-mail pun lebih murah jika dibandingan dengan direct mail dan media tradisional lainnya.

#2 Personal

Selain tidak membutuhkan banyak biaya, e-mail marketing juga dapat disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan sesuai segmen pelanggan kita. Dalam hal ini, kita bisa membuat pesan dengan disispi konten yang memang menjadi minat atau sesuai profil pelanggan atau audiens. Dengan begitu, e-mail marketing akan mudah untuk dibuat personal. Mengingat, semakin personal dan relevan sebuah e-mail, semakin menarik dan dibutuhkan pelanggan.

#3 Relationship Development

Dengan karaternya yang mudah menjangkau secara personal bagi pelanggan, kita dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan ataupun mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan. Bahkan, dengan menggunakan e-mail pula, kita bisa lebih dekat seperti ketika kita mengirim pesan kepada sahabat. Maka, hal ini akan sangat disukai oleh pelanggan ataupun audiens.

#4 Direct Response

Dengan menggunakan e-mail, informasi yang disampaikan oleh merek kita akan langsung menjangkau pelanggan secara lebih mudah—terlebih, saat ini e-mail dapat langsung diakses melalui smartphone. Bahkan, kita pun dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk meningkatkan brand familiarity dan brand advocacy.

#5 Proses Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan pembuatan media pemasaran tradisional, pembuatan e-mail marketing lebih cepat. Selain itu, proses pengirimannya pun lebih praktis; hanya membutuhkan jaringan internet, maka proses pengirimannya pun cepat sampai.

#6 Terukur

Kelebihan lain dari e-mail marketing adalah dapat diukur. Pengukuran efektif atau tidaknya program e-mail marketing ini, salah satunya adalah dengan cara melacak penerima yang tertarik dan berinteraksi dengan e-mail marketing; berapa yang membuka e-mail, meng-klik tautan, kunjungan ke situs web, hingga berapa jumlah yang telah melakukan pembelian.

Selain keenam hal yang telah dirangkum oleh Ivosights di atas, sebenarnya masih banyak kelebihan dari e-mail marketing. Itu sebabnya, di ranah digital, kita perlu untuk mengerahkan segala saluran agar kekuatan brand kita semakin baik; bukan hanya website ataupun media sosial, tetapi juga diintegrasikan dengan e-mail marketing.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.