Kenali Peluang dan Tantangan Penggunaan Social Listening Platforms

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 03 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms. Shutterstock.

"Dengan beragam fitur yang tersedia, social listening platforms dapat memberikan peluang bagi perusahaan untuk membentuk strategi bisnis"

Media sosial dan internet merupakan hal yang tidak bisa lagi dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Ada banyak sekali jenis percakapan yang terjadi di media sosial, termasuk percakapan seputar brand, produk, dan jasa. Percakapan-percakapan ini dapat menjadi insight yang sangat penting bagi perusahaan pemilik brand, produk, dan jasa tersebut. Dengan menggunakan social listening platforms, perusahaan dapat mendapatkan dan memanfaatkan data percakapan online ini dengan sangat mudah. Social listening platforms hadir dengan berbagai fitur yang memberikan banyak sekali peluang bagi perusahaan untuk menggunakan percakapan online sebagai bahan untuk membentuk strategi bisnis. Namun, penggunaan social listening platforms juga datang dengan beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan. Simak artikel ini untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam menggunakan social listening platforms!

Apa Itu Social Listening Platforms?

Sentimen pelanggan merujuk pada metrik yang digunakan untuk mengetahui perasaan yang dimiliki pelanggan terhadap suatu brand, produk, atau layanan. Sentimen pelanggan mencakup berbagai aspek, seperti emosi, persepsi, dan opini pelanggan terhadap suatu brand. Sentimen pelanggan dapat berupa sentimen positif seperti kepuasan atau sentimen negatif seperti kekecewaan.

Peluang Penggunaan Social Listening Platforms bagi Bisnis

  • Pembentukan Produk atau Jasa yang Tepat Sasaran

Social listening platforms dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi perusahaan untuk membentuk produk atau jasa yang tepat sasaran. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat memantau percakapan online dan mengidentifikasi kebutuhan serta keinginan calon pelanggan. Perusahaan kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk mengarahkan pengembangkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan preferensi pasar, sehingga membantu perusahaan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Pemberian Layanan Pelanggan yang Efektif

Social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih efektif. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat mengetahui sentimen atau pendapat pelanggan mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah dan mengetahui preferensi pelanggan. Perusahaan kemudian dapat bersikap proaktif dengan mengembangkan layanan yang ditujukan untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pelanggan agar dapat mempertahankan sentimen yang positif.

  • Manajemen Krisis yang Lebih Efektif

Dalam situasi krisis atau kontroversi, social listening platforms dapat menjadi alat yang penting untuk melakukan manajemen krisis yang lebih efektif. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat memantau sentimen atau pandangan publik mengenai merek dagang mereka secara real time. Hal ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi krisis saat itu juga sehingga perusahaan dapat mempercepat proses penanganan dan penyelesaian krisis tersebut. Dengan begitu, social listening platforms dapat membantu perusahaan menangani krisis dengan lebih efisien dan melindungi reputasi brand yang positif.

  • Melakukan Riset Pasar dan Tren Industri dengan Mudah

Hal lain yang dapat dilakukan dengan social listening platforms adalah melakukan riset pasar dan tren industri. Social listening platforms tidak hanya dapat digunakan untuk memantau percakapan online, melainkan juga hadir dengan fitur analisis tren dan pasar. Bisnis dapat menggunakan social listening platforms untuk mengidentifikasi perubahan tren dan tingkat kompetisi pasar dengan sangat mudah. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan strategis yang lebih baik dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan lebih efektif.

  • Meningkatkan Sikap Kompetitif

Benefit lain dari penggunaan social listening platforms adalah perusahaan dapat meningkatkan sikap kompetitif mereka. Dengan fitur analisis tren dan pasar, perusahaan dapat memahami perubahan tren industri mereka. Selain itu, social listening platforms juga memiliki fitur yang memungkinkan perusahaan untuk menganalisis aktivitas kompetitor mereka. Dengan memanfaatkan fitur ini, perusahaan dapat memantau kampanye kompetitor mereka. Informasi ini dapat digunakan untuk mengambil langkah strategis agar perusahaan dapat terus bersaing di pasar.

Baca Juga: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Social Listening Platforms

Tantangan Penggunaan Social Listening Platforms bagi Bisnis

  • Filterisasi Data yang Kurang Efektif

Beberapa social listening platforms mungkin tidak memiliki kemampuan filterisasi data yang efektif. Sebagai alat pemantau percakapan online, social listening platforms akan menangkap dan menganalisis data dari platform online dan menyimpulkan sentimen dari percakapan tersebut. Namun, seringkali hasil analisis data tidak sesuai dengan konteks percakapan online tersebut atau mungkin sama sekali tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan. Maka dari itu, perusahaan perlu mengembangkan strategi filterisasi data yang lebih baik untuk memastikan bahwa mereka bisa mendapatkan data yang tepat dan relevan dari social listening platforms.

  • Kuantitas Data yang Besar

Social listening platforms memungkinkan perusahaan untuk memantau percakapan online dari berbagai kanal dan situs web. Meski ini merupakan sebuah keuntungan, jumlah data yang besar dari berbagai sumber dapat menimbulkan tantangan dalam pengelolaan data tersebut. Perusahaan perlu memiliki tim yang memadai untuk mengelola data yang didapatkan dari social listening platforms agar bisa mengambil tindakan yang tepat dan sesuai.

  • Proses Adaptasi yang Kompleks

Implementasi dan penggunaan social listening platforms mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah bisnis. Meski social listening platforms memungkinkan bisnis untuk melakukan berbagai hal dalam satu platform yang tersentralisasi, tim yang baru pertama kali menggunakan alat ini mungkin akan tetap mengalami kesulitan. Untuk menghadapi tantangan ini, penting bagi perusahaan untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi tim mereka agar dapat menggunakan social listening platforms dengan benar dan mendapatkan hasil yang optimal.

  • Kendala Biaya Social Listening Platforms

Tantangan terakhir dari penggunaan social listening platforms adalah kendala biaya. Social listening platforms adalah alat dengan teknologi yang canggih dan tren penggunaannya terus meningkat seiring waktu. Ada banyak sekali pilihan social listening platforms dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda di pasar. Pilihan-pilihan ini datang dengan harga yang berbeda-beda. Harga dari social listening platforms mungkin dapat menjadi kendala bagi bisnis kecil atau menengah. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan riset harga dan mempertimbangkan anggaran yang dimiliki sebelum memilih social listening platforms yang tepat bagi bisnis mereka.

Baca Juga: Panduan Menggunakan Social Listening Platforms dalam Riset Pasar

Maksimalkan Peluang Bisnis dengan Ripple10: Social Listening Platforms Terbaik!

Social listening platforms menjadi salah satu alat yang penting bagi perusahaan yang ingin menghadapi kompetisi bisnis di era digital. Namun, meski membawa banyak peluang baik, implementasi social listening platforms juga memiliki beberapa tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh perusahaan. Jika perusahaan dapat menghadapi tantangan ini dengan baik dan memanfaatkan peluang yang ada, social listening platforms dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam pembentukan strategi bisnis yang optimal. Jika Anda mencari social listening platforms yang dapat membantu Anda memaksimalkan peluang bisnis Anda, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah tool monitoring dengan teknologi inovatif dan terdepan. Ripple10 dapat membantu Anda memaksimalkan peluang bisnis dan menghadapi kompetisi bisnis era digital dengan efektif. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan Ripple10, social listening platforms terbaik untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami