Kegunaan Terapkan Fitur Automatic Speech Recognition dalam Robocall

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 10 Oktober 2023
Ket. Foto: llustrasi - Robocall. Shutterstock
Ket. Foto: llustrasi - Robocall. Shutterstock

"Menerapkan fitur automatic speech recognition dalam teknologi robocall akan membuat Anda dapat mengkustomisasi pelayanan pelanggan sehingga terasa lebih persona"

Tim layanan pelanggan berperan penting bagi keberlangsungan bisnis karena perannya sebagai penjembatan antara bisnis tersebut dengan pelanggan secara langsung. Tim ini umumnya membutuhkan beberapa jenis saluran komunikasi, salah satunya melalui sistem panggilan telepon. Supaya mengefektifkan penggunaan jalur komunikasi lewat telepon, banyak bisnis memutuskan untuk menggunakan teknologi robocall.

Robocall memiliki kemampuan untuk mengenali dan memahami perintah suara yang diberikan oleh penggunanya, baik pihak bisnis atau di luar itu, sehingga dapat bekerja sesuai dengan instruksi suara yang diberikannya. Hal ini disebabkan berkat adanya fitur automatic speech recognition dalam teknologi robocall tersebut. Apa saja kegunaan lainnya yang diberikan oleh fitur tersebut? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pengenalan dari Fitur Automatic Speech Recognition

Automatic speech recognition adalah sebuah teknologi yang memungkinkan sistem komputer untuk mengenali dan memahami perkataan yang diucapkan manusia. Fitur ini mampu mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan dalam berbagai bahasa dan dialek serta memahami makna di balik ucapan tersebut. Fitur automatic speech recognition memanfaatkan algoritma natural language processing dan jaringan saraf tiruan untuk mengenali ucapan manusia secara tepat.

Baca Juga: Perbedaan antara Voicebot dan Robocall dalam BPO Contact Center

Kenali Definisi dari Robocall

Sementara itu, robocall didefinisikan sebagai sebuah praktek panggilan telepon otomatis yang menggunakan sistem komputer untuk mengirim pesan suara kepada sejumlah besar penerima sekaligus atau yang dalam konteks ini berupa pelanggan dari bisnis. Pesan yang disebarkan melalui robocall ini bisa mengandung informasi, pemberitahuan, atau kampanye pemasaran bisnis. Umumnya, robocall digunakan dalam berbagai jenis konteks, termasuk politik, bisnis, dan pelayanan publik.

Peran Fitur Automatic Speech Recognition dalam Robocall

Dalam konteks robocall, fitur automatic speech recognition memiliki sejumlah peran penting yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi panggilan otomatis tersebut. Berikut adalah lima peran utama fitur automatic speech recognition dalam robocall:

  • Pengenalan Ucapan

Salah satu peran terpenting fitur automatic speech recognition dalam robocall adalah untuk mengenali dan memahami ucapan manusia dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan adanya fitur ini, sistem robocall dapat memproses semua ucapan penerima panggilan dengan benar, bahkan dalam bahasa dan dialek yang berbeda.

  • Personalisasi Pesan

Kedua, fitur automatic speech recognition memungkinkan sistem robocall untuk membuat pesan yang lebih personal. Dengan kemampuan automatic speech recognition untuk mengenali nama dan informasi lain terkait penerimanya, pesan suara yang dikirimkan bisnis dapat disesuaikan supaya lebih relevan dan menarik bagi setiap pelanggan yang menerimanya.

  • Kepuasan Pelanggan

Dengan fitur automatic speech recognition, pesan yang disampaikan dalam robocall menjadi lebih mudah dipahami oleh pelanggan sebagai penerima pesan suara. Hal ini dapat menaikkan tingkat kepuasan pelanggan karena pesan bisnis tersebut dapat disampaikan dengan jelas dan akurat.

  • Analisis Data

Fitur automatic speech recognition berperan penting dalam menganalisis data-data terkait penerima pesan yang dihasilkan dari panggilan robocall. Informasi ini dapat mencakup bagaimana penerima merespons pesan suara, apakah mereka menekan tombol tertentu, atau sentimen umum yang mereka tuturkan. Hasil analisis data ini selanjutnya akan membantu bisnis untuk memahami bagaimana strategi panggilan otomatisnya dapat ditingkat di masa yang akan mendatang.

  • Efisiensi Operasional

Automatic speech recognition dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis dalam melakukan panggilan otomatis. Dengan kemampuan yang dimiliki automatic speech recognition untuk mengenali dan memahami ucapan manusia, bisnis dapat mengurangi kebutuhan operator manusia untuk menangani beberapa situasi. Dengan begini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu berlebih dalam menjalankan panggilan otomatis bisnis.

Kegunaan Terapkan Fitur Automatic Speech Recognition dalam Robocall

Inilah sejumlah kegunaan apabila Anda menerapkan fitur automatic speech recognition dalam robocall:

  • Pemberitahuan Penting

Teknologi robocall yang dibekali dengan fitur automatic speech recognition dapat digunakan untuk memberikan beberapa pemberitahuan penting kepada pelanggan atau penerima panggilan. Dengan adanya sistem automatic speech recognition, pesan pemberitahuan dapat disampaikan dengan jelas secara tepat waktu kepada para penerima panggilan.

  • Konfirmasi Pesanan

Dalam bisnis di bidang e-commerce atau layanan pengiriman, teknologi robocall dengan fitur automatic speech recognition dapat digunakan untuk membantu mengonfirmasi pesanan para pelanggan. Pelanggan dapat memberikan persetujuan mereka dengan pesan suara sementara fitur automatic speech recognition akan mengenali dan mencatat pesan konfirmasi tersebut. Hal ini membantu untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi proses konfirmasi oleh bisnis e-commerce.

  • Penjadwalan Janji

Banyak bisnis yang mengandalkan janji temu dengan pelanggan, seperti rumah sakit atau salon kecantikan. Mereka dapat menggunakan teknologi robocall dengan fitur automatic speech recognition untuk melakukan penjadwalan janji secara otomatis. Dengan begitu, para pelanggannya dapat memilih waktu yang sesuai dengan mereka menggunakan perintah suara.

  • Pemasaran dan Promosi

Teknik robocall dengan fitur automatic speech recognition dapat digunakan untuk melakukan kampanye pemasaran dan promosi bisnis. Hal ini membuat para pelanggannya bisa memberikan tanggapan langsung melalui perintah suara yang dikeluarkan, seperti melakukan konfirmasi partisipasi dalam penawaran atau menyatakan minat pada produk atau layanan tertentu yang disediakan oleh bisnis.

  • Survei dan Umpan Balik

Untuk mendapatkan sejumlah informasi berharga tentang pelanggan bisnis, Anda dapat menggunakan teknologi robocall dengan fitur automatic speech recognition untuk melakukan survei atau meminta umpan balik dari pelanggan. Hal ini akan memudahkan  pelanggan untuk menjawab pertanyaan survei menggunakan suara mereka sehingga hasil survei akan lebih mudah untuk dianalisis sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan layanan atau produk bisnis.

Langkah-Langkah Terapkan Fitur Automatic Speech Recognition dalam Robocall

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan saat menerapkan fitur automatic speech recognition dalam robocall:

  • Analisis Kebutuhan Bisnis

Langkah pertama, lakukan analisis mendalam tentang kebutuhan bisnis Anda. Anda perlu memahami area di mana penggunaan teknologi robocall dengan fitur automatic speech recognition dapat memberikan nilai tambah untuk bisnis maupun pelanggan.

  • Pilih Platform Automatic Speech Recognition yang Sesuai

Ada banyak platform automatic speech recognition yang tersedia. Oleh karena itu, Anda perlu memilih platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan platform tersebut juga mendukung penggunaan bahasa Indonesia dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam pengenalan suara pelanggan.

  • Integrasi dengan Sistem Anda

Setelah itu, lakukan pengintegrasian platform tersebut dengan sistem panggilan otomatis yang dimiliki oleh bisnis Anda. Pastikan juga bahwa teknologi robocall ini dapat berkomunikasi dengan platform automatic speech recognition secara baik.

  • Pengembangan Skrip dan Pesan

Buatlah skrip dan pesan yang akan digunakan dalam panggilan robocall. Pastikan bahwa pesan tersebut sudah terstruktur dengan baik, jelas dan mudah dimengerti oleh para penerima panggilan. Pesan-pesan ini harus dirancang untuk menarik respons yang diinginkan dari pelanggan sebagai penerima panggilan bisnis.

  • Uji Coba dan Pelatihan

Sebelum menerapkan penggunaan panggilan robocall secara luas, lakukan uji coba sistem automatic speech recognition. Hal ini juga akan membantu Anda memastikan bahwa platform tersebut dapat mengenali suara dengan baik dalam berbagai aksen dan variasi suara. Selain itu, berikan pelatihan kepada sistem automatic speech recognition dengan berbagai contoh ucapan manusia untuk meningkatkan akurasi pengenalan suara.

  • Pemantauan dan Peningkatan Berkelanjutan

Setelah menerapkan panggilan robocall dalam bisnis Anda, lakukan pemantauan kinerja fitur automatic speech recognition secara berkala. Rekam dan analisis panggilan untuk mengidentifikasi di mana saja area yang memerlukan perbaikan. Dengan ini, Anda dapat meningkatkan kualitas pengalaman yang didapatkan pelanggan dan efektivitas panggilan robocall secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Merancang Pesan Robocall BPO yang Menarik

Dapatkan Teknologi Robocall Hanya di Platform Sociomile Voice

Penggunaan automatic speech recognition dalam robocall memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Dengan kemampuan fitur ini untuk mengenali dan memahami ucapan yang diberikan oleh manusia, pesan yang disampaikan robocall bisa diatur sedemikian mungkin supaya lebih personal dan relevan. 

Jika Anda membutuhkan robocall yang dapat diintegrasikan dengan fitur automatic speech recognition, silakan konsultasikan kebutuhan Anda kepada kami, Ivosights. Kami menawarkan platform Sociomile, sebuah layanan pusat kontak yang telah mengintegrasikan 13 platform digital untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan perusahaan Anda.

Sociomile menyediakan layanan khusus panggilan telepon bernama Sociomile Voice yang berperan sebagai sistem call center yang mendukung operasional agen untuk melakukan panggilan inbound dan outbound. Dalam layanan ini, terdapat fitur chatbot dan robocall yang memudahkan operasional panggilan dalam bisnis. Selain itu, Anda juga diberikan fleksibilitas untuk mengkustomisasi workflow sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Tim agen juga dapat mengakses Sociomile dari berbagai lokasi berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan interaksi antara perusahaan Anda dengan pelanggan menggunakan Sociomile sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami