Perbedaan antara Voicebot dan Robocall dalam BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Rabu, 23 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock

"Walaupun serupa, teknologi voicebot dan robocall yang disediakan oleh BPO Contact Center memiliki lima perbedaan mendasar yang membuat keduanya berbeda"

Dalam dunia layanan pelanggan yang terus berkembang, teknologi telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas interaksi antara bisnis dengan pelanggannya. Salah satu industri yang sangat terpengaruh oleh perkembangan teknologi adalah BPO Contact Center.

Dua teknologi milik BPO Contact Center yang sering digunakan untuk mendukung panggilan telepon ini adalah voicebot dan robocall. Meskipun keduanya terkait dengan interaksi suara dalam layanan pelanggan, mereka memiliki perbedaan mendasar yang penting untuk dipahami.

Pengertian BPO Contact Center

BPO Contact Center adalah sebuah pusat layanan yang disediakan oleh perusahaan eksternal untuk mengelola interaksi pelanggan atas nama perusahaan yang menjadi klien mereka. Klien berupa perusahaan lain ini mempercayakan fungsi-fungsi layanan pelanggan mereka kepada penyedia jasa BPO Contact Center. Tujuan utama dari layanan BPO Contact Center adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan biaya, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Beberapa Teknologi yang Disediakan oleh BPO Contact Center

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang ditawarkan oleh layanan BPO Contact Center:

  • Voicebot

Dengan memanfaatkan artificial intelligence, voicebot dapat merespons permintaan dan pertanyaan penggunanya dengan cara yang mirip dengan interaksi manusia. Layanan ini memberikan pengalaman yang lebih personal dan cepat dalam memberikan informasi atau solusi kepada pelanggan.

  • Robocall

BPO Contact Center menggunakan robocall untuk memberikan pengingat janji, pemberitahuan penting, atau kampanye promosi kepada pelanggan dalam jumlah besar. Meskipun tidak personal layaknya voicebot, robocall sangat berguna dalam situasi di mana bisnis memerlukan komunikasi massal dalam waktu singkat.

  • Omni-channel Communication

Terakhir, BPO Contact Center juga menyediakan solusi komunikasi dengan mengintegrasikan berbagai saluran, seperti telepon, obrolan langsung, surel, dan media sosial menjadi satu. Solusi omni-channel ini membantu menciptakan pengalaman yang konsisten dan terintegrasi di berbagai platform.

Baca juga: Apakah Voicebot dapat Menggantikan Agen Customer Service?

Pengertian dari Voicebot

Voicebot adalah sebuah sistem berbasis teknologi artificial intelligence yang dirancang untuk merespons interaksi suara dengan manusia. Dengan ini, voicebot dapat memahami dan memproses permintaan pelanggan yang diucapkan secara lisan. 

Teknologi dari BPO Contact Center ini berperan sebagai asisten virtual yang mampu memberikan informasi, menyelesaikan masalah, dan melakukan tindakan tertentu berdasarkan perintah suara yang diberikan oleh pelanggan bisnis. Dengan kemampuan mempelajari interaksi sebelumnya, voicebot menjadi semakin pintar dan responsif seiring dengan penggunaannya yang semakin sering.

Kenali Apa Itu Robocall

Di sisi lain, robocall menggunakan sistem otomatis untuk mengirimkan pesan suara pra-rekaman kepada sejumlah besar penerima. Teknologi milik BPO Contact Center ini awalnya digunakan untuk tujuan pemasaran dan pemberitahuan masal. Namun, sekarang robocall juga diterapkan dalam layanan pelanggan untuk mengirimkan pesan yang telah direkam sebelumnya kepada pelanggan, memberikan informasi umum, atau mengingatkan mereka tentang adanya janji atau tenggat waktu tertentu.

Perbedaan Mendasar antara Voicebot dan Robocall dalam BPO Contact Center

Inilah sejumlah lima perbedaan mendasar antara voicebot dan robocall yang disediakan oleh BPO Contact Center:

  • Interaksi Berbasis AI vs. Pesan Pra-Rekaman

Perbedaan utama antara voicebot dan robocall terletak pada cara mereka berinteraksi. Voicebot menggunakan teknologi artificial intelligence untuk memahami dan merespons permintaan pelanggan. Sementara itu, robocall hanya bertugas untuk mengirimkan pesan suara yang telah direkam sebelumnya.

  • Konteks Interaksi

Kemudian, perbedaan kedua produk BPO Contact Center ini terletak pada konteks interaksinya. Voicebot mampu memahami konteks dari percakapan sebelumnya sehingga cocok digunakan interaksi yang lebih kompleks dan personal. Di sisi lain, robocall cenderung memberikan pesan yang lebih umum dan kurang responsif terhadap kebutuhan individu.

  • Kemampuan Pembelajaran

Voicebot dapat belajar dari setiap interaksi dan menjadi lebih baik dalam memahami preferensi pelanggan seiring waktu. Sementara itu, robocall tidak dibekali dengan kemampuan serupa dan hanya mengandalkan pesan yang telah direkam sebelumnya.

  • Fleksibilitas dan Skalabilitas

Voicebot dapat diatur ulang untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan bisnis dan jenis pertanyaan yang sering diajukan. Di sisi lain, robocall memerlukan pembuatan ulang pesan suara setiap kali ada perubahan.

  • Responsif terhadap Perubahan

Terakhir, dalam konteks adanya perubahan informasi atau situasi mendesak, voicebot dapat segera diperbarui untuk memberikan jawaban yang akurat. Sementara itu, robocall memerlukan waktu yang lebih lama untuk merekam ulang pesan dan dapat menyebabkan keterlambatan dalam memberikan informasi terbaru.

Baca juga: Mengukur Kinerja BPO Contact Center: Metrik yang Perlu Diketahui

Percayakan Ivosights Sebagai Layanan BPO Contact Center yang Tersertifikasi Resmi!

Dengan mengetahui perbedaan antara voicebot dengan robocall, Anda dapat mencocokkan kira-kira teknologi mana yang lebih cocok digunakan untuk mendukung operasional bisnis Anda, terutama di bidang layanan pelanggan. Untuk mendapatkan kedua teknologi ini, Anda bisa menghubungi layanan BPO Contact Center yang terpercaya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang customer engagement, Ivosights menyediakan berbagai solusi yang dapat mendukung peningkatan kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh bisnis Anda. Salah satu layanan yang kami tawarkan berupa solusi all-in-one BPO Contact Center. 

Melalui ini, kami menyediakan sejumlah sembilan teknologi untuk mendukung operasional call center bisnis Anda, termasuk robocall dan voicebot. Tak hanya itu, kami juga memiliki reputasi sebagai perusahaan yang terjamin kualitas dan keamanannya berkat adanya sertifikasi langsung dari pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Untuk mendapatkan kedua teknologi tersebut atau rekomendasi teknologi yang cocok digunakan dengan bisnis Anda, silakan hubungi tim kami sesegera mungkin untuk melakukan konsultasi lebih lanjut!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami