Begini Cara Mendapatkan Respon WhatsApp Business Saat Telesurvey!

Ivosights


Penulis : Administrator - Senin, 06 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"WhatsApp Business adalah salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan telesurvey. Simak cara untuk mendapatkan respon pelanggan disini"

Melakukan telesurvey dengan menggunakan WhatsApp Business adalah salah satu bentuk kemudahan yang dihadirkan oleh teknologi untuk pemilik bisnis dan perusahaan. Dalam hal ini, pelanggan akan mendapat survei berbentuk pesan di aplikasi WhatsApp mereka yang dikirimkan melalui nomor perusahaan. Telesurvey menggunakan WhatsApp Business ini sendiri juga tidak menghilangkan esensi kegiatan telesurvey yang dilakukan pada umumnya. Kegiatan telesurvey menggunakan WhatsApp Business adalah salah satu terobosan baru yang dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman di dunia modern saat ini serta untuk melakukan perubahan baru dalam bentuk yang menguntungkan, seperti untuk lebih menghemat biaya dan waktu.

Manfaat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

  • Lebih Menghemat Biaya

Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan menggunakan telepon konvensional saat melakukan telesurvey membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Telepon konvensional memiliki aliran dan saluran kabel yang berbeda dengan listrik dan internet. Hal ini tentu membuat perusahaan harus membatasi waktu panggilan telepon yang dilakukan antar perusahaan dan pelanggan guna menghemat biaya sehingga uang yang dikeluarkan tidak membengkak.

Namun, dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan akan lebih menghemat biaya jika dibandingkan dengan menggunakan telepon konvensional. WhatsApp Business juga memiliki range harga yang relatif murah sehingga perusahaan sebaiknya lebih memilih untuk melakukan kegiatan telesurvey ini dengan menggunakan WhatsApp Business. Selain itu, fitur-fitur yang ada pada WhatsApp Business juga akan Anda dapatkan secara keseluruhan hanya dengan satu kali pembayaran sehingga akan sangat menghemat keuangan perusahaan.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Telesurvey: Survei Berbasis Telepon

  • Memungkinkan Mendapat Respon yang Lebih Memuaskan

Saat melakukan panggilan telepon, agen perusahaan biasanya hanya mendapatkan jawaban yang kurang memuaskan karena panggilan telesurvey biasanya sedikit menyita waktu pelanggan. Terkadang, perusahaan malah tidak mendapatkan jawaban apapun karena seringnya panggilan telepon yang dilakukan oleh agen perusahaan ditolak atau dibiarkan oleh pelanggan sehingga target untuk mendapat jawaban tentang produk dan layanan jasa perusahaan tertunda.

Untuk itu, perusahaan dapat beralih menggunakan aplikasi WhatsApp Business saat melakukan telesurvey karena akan kemungkinan mendapat respon yang memuaskan sangat besar. Mengapa begitu? Hal ini karena aplikasi WhatsApp saat ini digunakan oleh banyak kalangan dan termasuk kedalam aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Untuk itu, biasanya orang akan lebih sering membuka aplikasi WhatsApp untuk melakukan percakapan dengan teman atau kerabat.

Perusahaan dapat memanfaatkan keuntungan ini dengan mengirimkan survei kepada nomor-nomor pelanggan. Setidaknya, pelanggan akan mendapatkan notif dan pesan yang dikirimkan oleh perusahaan akan masuk kedalam list percakapan pribadi pelanggan. Untuk itu, yuk gunakan aplikasi WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey!

  • Memiliki Fitur yang Memadai

Telesurvey pada umumnya mengharuskan agen perusahaan untuk melakukan panggilan telepon satu persatu kepada pelanggan. Hal ini membuat banyak kemungkinan agen perusahaan tidak fokus saat mencatat atau memberikan pertanyaan yang akan ditujukan kepada pelanggan karena banyaknya orang yang harus mereka hubungi dalam sehari.

Masalah tersebut tampaknya sudah terselesaikan jika perusahaan menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk alternatif yang lebih baik. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memadai untuk melakukan survei dengan cepat dan lebih mudah jika dibandingkan memanggil pelanggan satu persatu. WhatsApp Business memiliki fitur-fitur seperti memberikan pesan otomatis kepada pelanggan serta pesan atau jawaban yang mereka kirimkan akan tersimpan pada data WhatsApp perusahaan sehingga dapat dikaji dan dibaca ulang. Mudah, bukan?

  • Tidak Perlu Menggunakan Agen

Seperti yang kita ketahui, aplikasi WhatsApp memiliki fitur yang sangat berguna untuk mengirimkan satu pesan kepada banyak orang dalam satu waktu. Hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk tidak perlu lagi mempekerjakan agen telesurvey untuk menghubungi pelanggan satu persatu sehingga biaya dan waktu yang dihabiskan tidak akan terlalu berat.

Cara Mendapatkan Respon dengan WhatsApp Business

  • Memanfaatkan Semua Fitur yang Ada

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan respon saat melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business adalah memanfaatkan semua fitur yang ada di dalamnya! Tentu akan sangat rugi jika perusahaan membayar aplikasi ini tapi tidak memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Gunakanlah fitur yang ada untuk menarik perhatian responden seperti centang hijau atau akun Anda yang terlihat sudah terverifikasi. 

Cara yang satu ini sangat menarik minat dan perhatian pelanggan saat melihat notifikasi yang perusahaan kirim. Hal ini juga membuat pelanggan merasa spesial dan dibutuhkan terutama saat mengetahui perusahaan membutuhkan jawaban mereka untuk meningkatkan kinerja dan kualitas perusahaan. Jadi, manfaatkanlah semua fitur yang ada, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

  • Gunakan Greetings 

Salah satu alasan mengapa pelanggan banyak yang tidak merespon kegiatan survei yang dilakukan oleh perusahaan adalah karena tidak adanya greetings atau salam sambutan yang biasanya ada pada awal percakapan. Pelanggan akan kebingungan karena mereka tidak tahu apa dan siapa yang menghubungi mereka.

Untuk itu, gunakanlah greetings sebelum melakukan survei. Sebutkanlah dengan detail nama dan perusahaan Anda agar pelanggan tahu siapa yang menghubungi mereka. Tanpa greetings, pelanggan tentu enggan menjawab dan merespon pesan yang diberikan. Jangan lupa untuk melakukan greetings dengan sopan, ya!

  • Sampaikan Maksud dan Tujuan

Tentunya pelanggan akan memberikan jawaban dan respon yang memuaskan setelah Anda menyampaikan maksud dan tujuan. Jelaskan juga apa itu telesurvey kepada pelanggan agar mereka memiliki pengetahuan terhadap apa yang akan mereka lakukan untuk perusahaan.

  • Lakukan Survei pada Waktu-Waktu Produktif

Tentu salah besar jika perusahaan melakukan survei pada malam hari atau pada jam-jam istirahat. Kemungkinan untuk di responnya sangat kecil serta tentu tidak etis dan tidak sopan jika perusahaan melakukannya pada waktu-waktu tersebut. Untuk itu, lakukanlah survei pada waktu-waktu produktif, ya!

Telesurvey merupakan kegiatan yang seringkali diabaikan oleh responden. Untuk itu, dalam artikel ini kami telah merangkum bagaimana cara agar kegiatan telesurvey yang perusahaan Anda lakukan mendapatkan respon. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami