Call Transfer: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 10 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock

"Call transfer pada contact center adalah proses pemindahan panggilan telepon dari satu agent ke agent lain atau ke departemen lain di dalam contact center"

Contact center dibutuhkan banyak industri karena memiliki beberapa keuntungan yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Selain bisa menyediakan layanan pelanggan multibahasa, contact center juga bisa diandalkan untuk meringankan beban pekerjaan.

Akan tetapi, jasa contact center dengan fitur-fiturnya yang canggih saat ini sering kali membingungkan banyak orang. Artikel ini akan membantu kamu mempelajari suatu sistem penolong contact center yang memberikan banyak kemudahan untuk agen atau operator dan juga pelanggan, yakni call transfer Hal ini adalah salah satu komponen penting yang akan sangat membantu kamu menggunakan contact center dengan lebih efektif lagi!

Untuk kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikelnya dan simak terus sampai selesai, ya karena kamu akan mengetahui informasi mengenai call transfer mulai dari pengertian, manfaat dan cara kerjanya. Berikut ini adalah informasinya!

Apa itu Call Transfer?

Call transfer pada contact center adalah proses pemindahan panggilan telepon dari satu agent ke agent lain atau ke departemen lain di dalam contact center. Tujuan call transfer biasanya adalah untuk mengalihkan panggilan kepada agent yang memiliki keahlian yang lebih tepat untuk menangani masalah yang dihadapi oleh pelanggan atau untuk mengalihkan panggilan ke departemen yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Alasan Perusahaan Gunakan Jasa Perusahaan BPO

Bagaimana Cara Kerja Call Transfer?

Call transfer dapat dilakukan dengan cara menekan tombol khusus pada telepon atau dengan menggunakan sistem panggilan otomatis yang terhubung ke sistem telepon contact center. Saat call transfer dilakukan, pelanggan akan terhubung ke agent atau departemen yang dituju, dan pembicaraan dapat dilanjutkan di sana.

Namun, secara umum, cara kerja call transfer pada contact center adalah sebagai berikut:

  1. Agent yang menerima panggilan dari pelanggan menekan tombol khusus pada telepon atau menggunakan sistem panggilan otomatis untuk mengalihkan panggilan ke agent atau departemen yang lebih tepat.

  2. Sistem telepon akan mengalihkan panggilan ke agent atau departemen yang dituju. Saat panggilan dialihkan, pelanggan akan terhubung ke agent atau departemen yang dituju, dan pembicaraan dapat dilanjutkan di sana.

  3. Agent atau departemen yang menerima panggilan dari call transfer akan menerima notifikasi bahwa panggilan tersebut sedang dialihkan kepadanya. Agent atau departemen tersebut kemudian dapat menerima panggilan dan melanjutkan pembicaraan dengan pelanggan.

  4. Setelah masalah pelanggan selesai ditangani, agent atau departemen yang menerima panggilan dari call transfer dapat menutup panggilan dengan menekan tombol khusus pada telepon atau menggunakan sistem panggilan otomatis.

Baca Juga: Apa Itu Business Process Outsourcing (BPO)?

Fungsi Call Transfer

Fungsi call transfer pada contact center adalah:

  1. Menyalurkan panggilan kepada agent atau departemen yang lebih tepat untuk menangani masalah pelanggan. Contohnya, jika pelanggan membutuhkan bantuan teknis, maka panggilan tersebut dapat dialihkan ke departemen teknis yang lebih tepat untuk menangani masalah tersebut.
  2. Mempercepat proses penyelesaian masalah pelanggan. Dengan mengalihkan panggilan kepada agent atau departemen yang lebih tepat, pelanggan akan lebih cepat mendapatkan bantuan yang dibutuhkan, sehingga proses penyelesaian masalah akan lebih cepat.
  3. Meningkatkan efisiensi contact center. Dengan mengalihkan panggilan kepada agent atau departemen yang lebih tepat, contact center dapat mengelola panggilan dengan lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu tunggu pelanggan.
  4. Meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mempercepat proses penyelesaian masalah dan memberikan pelayanan yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan, call transfer dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh contact center.

Dapatkan BPO Contact Center Terbaik di Ivosights dengan Sociomile

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari fitur call trasnfer pada contact center. Untuk mendapatkan BPO Contact Center terbaik yang mengedepankan fitur-fitur bermanfaat, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights BPO Contact Center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 12 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales.

Dengan fitur call transfer yang berguna, kamu akan mendapatkan layanan contact center paling efektif! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!

 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami