Dengan semakin banyaknya kompetitor bisnis bermunculan, setiap perusahaan kini perlu untuk memastikan bahwa customer experience miliknya sudah memuaskan untuk pelanggan. Salah satu bagian pentingnya adalah dengan menyediakan inbound contact center. Di dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu inbound contact center, keuntungan menggunakannya, serta jenis-jenisnya. 

Apa Itu Inbound Contact Center ?

Inbound contact center merupakan agen yang menjawab panggilan masuk dari pelanggan dan calon pelanggan untuk meningkatkan value dan customer experience dengan berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Panggilan pelanggan ini biasanya berupa komplain, pertanyaan tentang produk atau jasa, atau permintaan lainnya dengan respons cepat dan penanganan yang baik, serta dapat juga melakukan penjualan atau cross selling kepada pelanggan.

Oleh karena itu, agen inbound contact center harus dapat memberikan solusi dari permintaan dan permasalahan yang dialami oleh konsumen dengan cepat dan tepat. Penyelesaian inbound call yang cepat dan produktivitas agen merupakan indikator utama dalam keberhasilan inbound contact center sebuah perusahaan.

 

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Inbound Contact Center ?

Menggunakan inbound contact center memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda, di antaranya: 

Apa Saja Jenis Inbound Contact Center ?

Berbagai layanan yang bisa dilakukan oleh agen inbound contact center, seperti memberikan solusi dan bantuan teknis, seperti perubahan kata sandi, memperbarui informasi akun pelanggan, menyelesaikan pembayaran dan pemesanan order online hingga meningkatkan penjualan apabila terdapat pelanggan yang ingin upgrade atau memperluas solusi sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Berikut ini beberapa jenis inbound contact center:

Layanan ini digunakan saat klien menghubungi dengan berbagai jenis masalah yang harus diselesaikan. Customer service mengetahui detail pemasalahannya dan mencoba menyelesaikan, menjawab pertanyaan atau hanya berbicara dengan pelanggan. Dengan kata lain, customer service merupakan solusi layanan pelanggan secara fleksibel dan dapat memahami pelanggan yang bervariasi serta personalisasi, sehingga hubungan perusahaan dengan pelanggan dapat terjalin dalam jangka waktu yang lama.

Layanan ini tidak hanya fokus menangani insiden dan permintaan, namun juga menyediakan interface untuk proses lainnya seperti problem management, change management, dan service level management. Selain itu, service desk juga berinteraksi dengan aktivitas operasional lainnya dalam suatu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Sarana memberikan informasi kepada pelanggan secara komprehensif, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang berpengalaman serta memiliki pengetahuan yang lebih agar dapat menyampaikan informasi, menangani keluhan pelanggan, melakukan promosi hingga penjualan produk.

Berdasarkan beberapa penelitian, pelanggan akan menghabiskan waktunya 30-40 persen untuk berinteraksi dengan inbound call dalam sistem respon suara interaktif (IVR). Oleh karena itu, dibutuhkan pembuatan IVR secepat dan seefisien mungkin untuk memantau dan meneruskan tugas ke agen inbound contact center.

Agen merupakan representasi perusahaan yang berinteraksi langsung dengan mereka. Perusahaan perlu memiliki agen inbound contact center yang terlatih dan berpengalaman, lingkungan kerja dengan fasilitas yang baik serta dilengkapi sistem yang dapat memotivasi para agen agar dapat memberikan customer experience seperti yang diharapkan pelanggan.

 

Mari Miliki Contact Center Dengan Sociomile Sekarang!

Dengan menerapkan praktik terbaik dalam mengelola Contact Center, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memberikan layanan pelanggan yang responsif, efisien, dan berkualitas tinggi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif.

Dengan demikian, Contact Center adalah komponen penting dalam strategi layanan pelanggan Setelah membaca artikel ini hingga akhir, Anda ingin membangun Contact Center untuk bisnis Anda sekarang? Serahkan pada kami. Ivosight merupakan perusahaan penyedia berbagai produk untuk meningkatkan Contact Center Anda. Dengan komitmen yang kuat dalam memberikan solusi untuk pelanggan kami dalam bidang customer experience, kami telah dipercaya berbagai bisnis untuk meningkatkan kualitas Contact Center mereka dan sekarang giliran Anda. Temukan lebih banyak informasi tentang Sociomile dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan Ivosights sekarang!