Mengulik Lebih Jauh Customer Satisfication

BPO Contact Center

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 16 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock.

"Customer satisfaction merupakan salah satu upaya perusahaan untuk memuaskan konsumen."

Customer Satisfaction didefinisikan sebagai ukuran yang menentukan seberapa senang pelanggan dengan produk, layanan, dan kemampuan perusahaan. Informasi customer satisfaction, termasuk survei dan penilaian, dapat membantu perusahaan menentukan cara terbaik untuk meningkatkan atau mengubah produk dan layanannya.

Fokus utama organisasi harus memuaskan pelanggannya. Ini berlaku untuk perusahaan industri, bisnis eceran dan grosir, badan pemerintah, perusahaan jasa, organisasi nirlaba, dan setiap subkelompok dalam suatu organisasi.

Apa Itu Customer Satisfication?

Customer Satisfication (CSAT) adalah ukuran seberapa baik produk, layanan, dan pengalaman pelanggan perusahaan secara keseluruhan memenuhi harapan pelanggan. Ini mencerminkan kesehatan bisnis Anda dengan menunjukkan seberapa baik produk Anda beresonansi dengan pembeli.

Manfaat Customer Satisfication

Mengapa setiap pelaku bisnis harus mengutamakan customer satisfaction? Berikut ini adalah manfaat customer satisfaction.

  • Buat konsumen ingin berlangganan brand Anda dibandingkan dengan pesaing bisnis.
  • meningkatkan kesadaran brand dan citra atau reputasi brand yang baik.
  • Buat konsumen benar-benar membuktikan baik tentang brand Anda, baik produk atau layanan.
  • Mengurangi risiko pelanggan setelah pembelian pertama.
  • Pelanggan yang puas akan loyal terhadap brand tersebut. Brand juga akan membeli lebih banyak.
  • peningkatan pendapatan karena konsumen akan terus datang kembali.
  • Memfasilitasi promosi, di mana konsumen yang puas akan merekomendasikan brand Anda kepada orang lain yang brand kenal atau di media sosial.
  • Membuat Anda memiliki kontrol kualitas atas produk/layanan yang diberikan, juga memiliki indikator yang valid untuk mengembangkan bisnis dari perspektif konsumen.
  • Bedakan brand Anda dan brand pesaing. Konsumen akan membandingkan brand serupa dan kembali lagi ke brand yang brand sukai.
  • Mengurangi jumlah word of mouth negatif atau opini buruk yang disebarkan dari mulut ke mulut ke calon pelanggan lainnya.
  • pelanggan, sehingga Anda dapat menekan sedikit biaya promosi.
  • Banyak konsumen tidak ingin membeli barang, tetapi juga hanya membayangkan kepuasan emosional brand.

Langkah sempurna sebuah brand jika mampu membuat konsumen mendapatkan produk/jasa dengan kualitas terbaik sekaligus memikat hati.

Bagaimana Meningkatkan Customer Satisfication?

Anda sebagai pelaku bisnis harus mengutamakan customer satisfaction sebagai indikator untuk meningkatkan bisnis Anda. Tujuan dari bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mereka puas.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan customer satisfaction:

#1 Peningkatan kualitas

Pastikan produk yang Anda jual berkualitas tinggi sesuai dengan yang sudah terbukti. Produk harus original dan bukan produk lama. Saat menjual makanan, pastikan semua bahannya segar dan rasanya enak. barang apa pun yang Anda jual berkualitas baik. Begitu juga dengan bisnis yang menyediakan jasa, jasa, atau jasa. Harus berkualitas dan setiap saat.

#2 Jujur

Kejujuran adalah kunci sukses bisnis. Jangan coba-coba menipu konsumen karena mereka akan selalu punya cara untuk menghancurkan brand palsu. Tidak diperbolehkan menjual barang dengan label asli tetapi ternyata palsu. Dimungkinkan untuk tetap mendapat untung, tetapi bisnis seperti itu tidak akan bertahan lama. Jangan melakukan penipuan dalam bentuk apapun terhadap bisnis karena cepat atau lambat akan mengurangi kepercayaan dan loyalitas konsumen.

#3 Memberikan Harga Yang Kompetitif

Jangan menaikkan harga secara tidak wajar. Harga yang ditawarkan harus sesuai dengan nilai pasar dan kualitas produk.

#4 Buat Strategi Promosi

Banyak promosi akan meningkatkan customer satisfaction. Misalnya memberikan diskon, program beli 1 gratis 1, atau giveaway. Kualitas barang promosi juga harus diperhatikan. Pelanggan bisa kecewa jika barang yang didiskon ternyata kualitasnya buruk atau tidak sesuai.

#5 Berikan Hadiah Konsumen

Konsumen mana yang tidak suka diberi hadiah? silahkan buat program giveaway untuk repeat customer, customer dengan pembelian terbanyak, atau konsumen pertama yang membeli produk baru di toko anda.

#6 Memberikan Jaminan atau Kebijakan Uang Kembali

Anda dapat bertanggung jawab terhadap konsumen dengan memberikan garansi resmi khususnya untuk produk elektronik atau otomotif. Konsumen akan puas dan tidak percaya. Jika tidak puas, ada jaminan produk akan ditukar dengan yang baru atau uang kembali. Keduanya akan menjaga nilai customer satisfaction.

Tingkat kepuasan ini tidak hanya pada konsumen, tetapi vendor, mitra bisnis, atau siapa pun yang memandang brand Anda harus puas dan kebutuhannya terpenuhi sesuai harapan. Nah, itulah beberapa cara untuk meningkatkan customer satisfaction. Pelaku bisnis harus memiliki kualitas, stok, pelayanan, dan berbagai kemudahan akses agar konsumen mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan.

BPO Contact Center

Customer Satisfaction adalah salah satu hal yang harus menjadi prioritas produsen bagaimanapun. Hal tersebut dikarenaka customer satisfaction amat sangat membantu menaikan reputasi perusahan maupun brand dengan baik. BPO Contact Center dari Ivosights adalah salah satu jawaban perusahaan maupun brand Anda untuk meningkatkan customer satisfaction lebih baik lagi karena sangat mudah dan aman untuk digunakan. Yuk klik link disini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami