Kegunaan Voicebot untuk Layanan Call Center Rumah Sakit

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 26 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Inilah beberapa kegunaan layanan voicebot untuk call center di rumah sakit"

Adanya voicebot dapat diaplikasikan ke berbagai bidang pekerjaan dan salah satunya adalah layanan call center di rumah sakit. Dengan layanan tersebut, operasional call center rumah sakit jadi semakin efisien dan terstruktur setiap kali ada pasien yang hendak berobat. Sebelum mengetahui lebih jauh apa saja kegunaan voicebot untuk layanan call center rumah sakit, ada baiknya Anda simak dahulu pengertian voicebot di bawah ini.

Kenali Apa Itu Voicebot

Voicebot, voice assistant atau virtual assistant, adalah sebuah program komputer yang mampu merespons permintaan dan pertanyaan dari pengguna melalui perintah suara. Di dalam voicebot terdapat teknologi pengenalan suara dan sintesis suara untuk memahami sekaligus menggunakan bahasa manusia sealami mungkin. Voicebot biasanya digunakan dalam perangkat pintar seperti smart speaker, handphone,  atau dalam hal ini, dalam layanan call center rumah sakit.

Baca juga: Voicebot: Cara Penggunaan yang Tepat untuk Kepuasan Pelanggan

Manfaat Penggunaan Voicebot dalam Layanan Call Center Rumah Sakit

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan voicebot dalam layanan call center rumah sakit:

  • Pelayanan 24/7

Voicebot membuat layanan call center rumah sakit dapat beroperasi selama 24 jam sehari tanpa henti bahkan di hari libur sekalipun. Hal ini memberikan kenyamanan dan kepercayaan bagi pasien serta keluarga yang memerlukan bantuan dan informasi kapan saja sesuai yang diperlukan, termasuk di luar jam operasional rumah sakit.

  • Penanganan Panggilan Otomatis

Voicebot juga digunakan untuk menangani panggilan otomatis seperti mengingatkan pasien tentang janji temu, mengkonfirmasi ulang jadwal pemeriksaan, atau memberikan informasi umum tentang layanan rumah sakit. Dengan demikian, beban kerja live agent call center akan berkurang.

  • Respon Cepat dan Akurat

Permintaan dan pertanyaan dari pasien atau keluarga dapat direspons dengan cepat dan akurat berkat adanya voicebot. Hal ini mengurangi waktu tunggu antrian telepon dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Informasi Kesehatan dan Layanan Rumah Sakit

Pengguna layanan ini dapat membekali voicebot dengan informasi kesehatan umum, jadwal kunjungan dokter, layanan yang tersedia di rumah sakit, dan informasi lain yang relevan bagi pasien. Dengan begitu, para pasien mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah tanpa harus berbicara langsung dengan petugas layanan rumah sakit.

  • Pemesanan dan Penjadwalan Janji Temu

Pasien dapat melakukan pemesanan dan penjadwalan janji temu dengan dokter atau layanan khusus lainnya melalui layanan voicebot. Mereka juga dapat menanyakan ketersediaan jadwal dan memilih waktu yang sesuai untuk janji temu.

  • Pemeriksaan Hasil Laboratorium dan Diagnosa

Voicebot akan membantu pasien untuk memeriksa hasil laboratorium atau diagnosa tertentu tanpa harus langsung berbicara dengan pihak medis rumah sakit.

  • Pengaturan Sistem Antrian

Dengan adanya voicebot, proses pelayanan dan antrian menjadi lebih teratur dan efisien. Hal ini disebabkan karena voicebot dapat mengatur sistem antrian dan memberikan informasi mengenai nomor antrian pasien yang sedang menunggu.

Fitur-Fitur Voicebot yang Bisa Digunakan dalam Layanan Call Center Rumah Sakit

Voicebot yang digunakan dalam layanan call center rumah sakit memiliki beragam fitur yang memungkinkan interaksi yang lebih baik dan efisien dengan pengguna, di antaranya:

  • Pengenalan Suara

Voicebot dilengkapi dengan kemampuan voice recognition yang memungkinkan sistem mengidentifikasi identitas pasien dan memberikan layanan yang lebih personal.

  • Sintesis Suara yang Natural

Selain voice recognition, ada juga teknologi sintesis suara yang canggih sehingga voicebot dapat memberikan respon yang terdengar lebih alami dan mudah dipahami oleh pengguna.

  • Panduan Penggunaan

Voicebot dapat menyediakan panduan penggunaan dan instruksi kepada pasien atau keluarga untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada.

  • Integrasi dengan Sistem Informasi Rumah Sakit

Pengintegrasian voicebot dengan sistem informasi rumah sakit, misalnya database pasien, dapat memberikan akses langsung ke data medis dan informasi penting lainnya.

  • Interaksi Multibahasa

Voicebot dapat berinteraksi dengan pasien dalam berbagai bahasa sehingga memudahkan komunikasi bagi pasien yang berbicara dalam bahasa yang berbeda.

  • Analisis Sentimen

Respon yang lebih empati dan sopan dapat diberikan oleh voicebot sebab layanan ini dapat menganalisis sentimen pengguna berdasarkan intonasi suara mereka.

  • Personalisasi Respon

Terakhir, voicebot bisa diprogram untuk memberikan respon yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan atau preferensi pengguna.

Baca juga: Yuk, Simak Bidang Apa Saja yang Membutuhkan Voicebot!

Dapatkan Layanan Voicebot Andalan di Ivosights

Dari artikel di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa penggunaan voicebot dalam layanan call center rumah sakit membawa banyak manfaat. Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, voicebot dapat meningkatkan efisiensi layanan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pasien. 

Sebagai perusahaan yang berpusat di bidang customer management solution provider, Ivosights menyediakan beberapa solusi untuk layanan pelanggan, salah satunya berupa platform CRM Sociomile. Sociomile memiliki beberapa fitur dan modul menarik yang dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan, termasuk pihak rumah sakit. 

Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur chatbot dan voicebot call center yang mendukung operasional agen contact center berupa inbound-outbound call. Selain itu, Anda juga dapat mengkustomisasi workflow sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Para agen dapat mengakses Sociomile ini dimana saja berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan kinerja dan operasional layanan call center rumah sakit Anda menggunakan sistem Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami