Pentingnya Customer Satisfaction Score Bagi Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 16 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer satisfaction score. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Customer satisfaction score. Shutterstock

"Tak hanya fitur dan teknologi terbaru, untuk meningkatkan customer satisfaction score perusahaan harus mengimbanginya dengan pelayanan yang optimal"

Memiliki produk dengan fitur dan teknologi terbaru tidak menjamin akan membuat pelanggan senang dan puas. Untuk memberikan kepuasan pelanggan, Anda harus mengimbanginya dengan pelayanan optimal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan skor pada customer satisfaction. Berdasarkan penelitian, satu dari tiga pelanggan akan meninggalkan brand yang mereka suka karena mendapatkan satu pengalaman buruk. Bahkan 92 persen akan sepenuhnya meninggalkan brand yang disukai setelah mendapatkan dua atau tiga kali pengalaman pelayanan yang negatif. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai pentingnya customer satisfaction bagi bisnis dan bagaimana cara meningkatkan customer satisfaction score.

Alasan Pentingnya Customer Satisfaction Score

#1 Mengarahkan investasi ke arah yang tepat

Customer satisfaction score dapat mengarahkan investasi secara akurat ke area yang tepat. Dengan melakukan pelacakan pada pergerakan skor CSAT dapat membantu Anda menentukan investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh perusahaan.

#2 Menarik pelanggan Baru

Dengan adanya testimoni pelanggan dapat menjadi salah satu aset berguna untuk menarik calon pelanggan baru ke ranah bisnis Anda. Ulasan positif yang diberikan oleh pelanggan juga terbukti mampu untuk mengangkat penjualan dengan sebesar 12,5%.

#3 Membangun customer advocacy

Jika bisnis memiliki tingkat reputasi yang positif terkait dengan kepuasan pelanggan, itu merupakan tanda bahwa Anda memiliki pelanggan yang loyal. Dengan adanya pelanggan yang loyal, akan ada kemungkinan mereka melakukan rekomendasi kepada rekan-rekannya terkait dengan produk atau jasa pada bisnis Anda.

#4 Meningkatkan Retensi

Yang terakhir yaitu dengan meningkatkan retensi pelanggan. Dengan mengukur customer satisfaction, Anda dapat melihat kebutuhan pelanggan secara individu dan Anda juga bisa membuat penawaran yang secara personal untuk pelanggan yang memiliki potensi churn.

Baca Juga : Sulit Meningkatkan Customer Experience? Begini Caranya! 

 

Cara Meningkatkan Customer Satisfaction Score

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan customer satisfactio score:

#1 Tingkatkan support

Cara pertama adalah meningkatkan customer support. Anda perlu memberikan fasilitas lebih kepada tim yang selalu berhubungan dengan pelanggan, seperti meng-update teknologi terbaru yang dapat membantu mereka untuk mengakses semua pertanyaan, live chat, feedback dengan mudah, sehingga solusi cepat dan tepat dapat mereka berikan.

#2 Punya banyak support pada channel

Telepon atau email seharusnya bukan menjadi komunikasi satu-satunya bagi pelanggan untuk menghubungi perusahaan Anda. Anda perlu memperkenalkan agen kepada banyak channel atau saluran digital. Hal ini untuk mempermudah agen dalam melayani pelanggan.

#3 Berdayakan agent

Latih agen Anda terkait sikap yang diperlukan saat menghubungi pelanggan, seimbangkan juga dengan pengetahuan dan pemahaman tentang produk atau jasa Anda. Hal ini dibutuhkan karena mereka yang paling banyak memiliki interaksi dengan pelanggan dan perannya sangat penting untuk meningkatkan skor kepuasan pelanggan Anda.

#4 Jadikan pelanggan sebagai core bisnis

Tips selanjutnya yaitu jadikan pelanggan Anda sebagai core bisnis. Selalu tanyakan kepada pelanggan bagaimana feedback tentang produk atau jasa Anda. Dengan melakukan hal tersebut, Anda berarti memikirkan dampak dari setiap perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Sebagai informasi, sebanyak 84% pelanggan mengklaim bahwa mereka lebih nyaman dengan agen yang memperlakukan mereka sebagai individu dan bukan hanya sekedar pelanggan saja. Dengan begitu, pelanggan lebih mungkin untuk bisnis kembali dengan perusahaan Anda.

Penjelasan di atas menerangkan bahwa betapa pentingnya customer satisfaction score bagi bisnis. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dapat membantu bisnis berkembang dan beberapa cara meningkatkan customer satisfaction score untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengukur Customer Experience

 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami