Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

Whatsapp Bussiness API | Selasa, 16 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

Tahukah Anda bahwa saat ini ada robot pintar yang bisa melakukan percakapan? Robot-robot ini dikenal sebagai chatbots. Seperti namanya, chatbots dirancang untuk dapat dengan cepat merespons percakapan seperti balasan manusia. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang apa itu chatbot, fungsi, dan kelebihan di artikel yang satu ini!

Apa Itu Chatbot?

Chatbot dengan nama lain chatterbot adalah layanan chat robot/karakter virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang meniru percakapan manusia melalui pesan, chat teks atau keduanya. Chatbot ini merupakan percakapan virtual dimana satu-satunya adalah robot chat yang bertujuan untuk hiburan. Fitur chatbot ini telah digunakan di berbagai industri untuk menyampaikan informasi.

Selain itu, Chatbot juga dapat melakukan tugas-tugas, seperti memberi tahu cuaca terkini (Weather Bot), kemudian membantu memilih dan memesan bahan makanan (Grocery Bot), membantu melakukan reservasi, membantu memberikan solusi atas suatu masalah (Life Advice Bot) dan bot sebagai teman untuk mengobrol. -bicara seperti SimSimi.

Chatbot menggunakan berbagai teknologi mutakhir di dalamnya, seperti Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Language Processing (NLP). Machine Learning dapat diterapkan sebagai mesin yang mempelajari, menganalisis, dan mengenali berbagai bahasa di chatbot, sedangkan Natural Language Processing (NLP) memiliki kemampuan untuk memahami dan memahami bahasa manusia kemudian memberikan respons yang sesuai dengan bahasa yang digunakan. oleh pengguna chatbot.

Sejarah Chatbot

Sejarah chatbots awal dari pengembangan aplikasi chat ELIZA pada tahun 1966 dan PARRY pada tahun 1972. Saat itu, perkembangan ELIZA dan PARRY digunakan untuk menghubungkan percakapan tertulis. Salah satu penelitian penting dalam bidang Artificial Intelligences adalah Natural Language Processing. Biasanya bidang AI melemahkan software khusus atau bahasa pemrograman yang dibuat khusus dengan fungsi yang lebih sempit.

Cara kerjanya didasarkan pada teknik dasar tanpa keterampilan penalaran – teknik yang sama yang digunakan ELIZA pada tahun 1966. Seiring waktu, chatbot baru telah menggabungkan berbagai fitur fungsional untuk membuatnya lebih mudah digunakan.

Fungsi Chatbot

Fungsi utama dari chatbot adalah sebagai customer service yang melayani pelanggan. Namun selain itu, Bot juga memiliki fungsi lain, seperti:

  • Mengirim dan pemberitahuan kepada pelanggan

  • Tanggapi keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat

  • Memperkenalkan katalog produk kepada pelanggan

  • Kirim status dan penyelesaian tiket

  • Menerima feedback pelanggan

Kelebihan Chatbot

Jika bisnis Anda ingin menggunakan chatbot, ada beberapa keuntungan yang bisa diberikan chatbot untuk Anda:

#1 Respon cepat

Selama ini pelayanan yang cepat alias fast response sangat dibutuhkan oleh banyak pelaku bisnis. Saat ingin menanyakan sesuatu melalui website, otomatis akan dijawab dengan pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini juga akan sangat dihargai oleh konsumen.

#2 24/7 Hari

Biasanya untuk proses tanya jawab dilakukan oleh customer service seperti. Tidak sedikit kendala yang bisa didapatkan seiring dengan operasionalnya, terutama jam kerja. Tapi tidak dengan chatbots karena teknologi ini tidak akan pernah tidur seperti manusia, jadi kapanpun dan bagaimanapun ada pertanyaan bisa langsung dijawab.

#3 Buat Bisnis Mudah

Chatbot cocok untuk pebisnis. Anda tidak perlu lagi menghubungi pelanggan yang bermasalah, bahkan mendapatkan pebisnis, ingin tahu performa terbaiknya. Dengan teknologi robot, urusan customer service menjadi lebih mudah.

Kesimpulan

Chatbots adalah salah satu hal yang Anda tidak boleh lewatkan. Hal tersebut dikarenakan sangat penting untuk diketahui lebih lanjut, dikarenekan dengan adanya chatbots memaksimalkan komunikasi kepada pelanggan akan lebih berjalan. WABA from Ivosights bisa menjadi solusi Anda untuk lebih mengintegrasikan dan mengoptimalkan chatbots yang lebih maksimal sehingga dapat diimplementasikan dengan baik untuk customer services!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.