Pentingnya Sentiment Analysis dalam Annual Report

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 15 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock.

"Sentiment analysis, teknik yang penting untuk digunakan dalam annual report karena dapat membantu perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan pihak-pihak terkait"

Sentiment analysis adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur sentimen atau perasaan yang terkandung dalam teks tertulis, seperti ulasan produk, komentar di media sosial, dan annual report. Sentiment analysis menggunakan algoritma komputasi dan teknik-teknik natural language processing untuk mengidentifikasi pola-pola dalam teks yang dapat menunjukkan sentimen positif, negatif, atau netral.

Hasil dari sentiment analysis dapat digunakan untuk mengambil tindakan yang sesuai, seperti meningkatkan kualitas produk atau layanan, menangani isu-isu yang mungkin mempengaruhi reputasi perusahaan, atau memperbaiki kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana sistem kerja sentiment analysis dalam mengambil data?

Sentiment analysis adalah suatu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengekstrak emosi, pendapat, dan perasaan dari teks yang dianalisis. Dalam menjalankan analisis sentimen, sistem biasanya akan memproses teks input dan mencoba untuk mengidentifikasi kata-kata dan frase yang menunjukkan emosi positif atau negatif. Kemudian, sistem akan menghitung jumlah kata-kata positif dan negatif dan menggunakan informasi ini untuk menentukan secara keseluruhan apakah teks input bersifat positif, negatif, atau netral.

Berikut penjabaran dari langkah-langkah proses sentiment analysis dalam mengambil data.

  • Klasifikasi

Proses klasifikasi ini dibutuhkan oleh mesin untuk mengklasifikasikan data yang dinilai sebagai opini dari sebuah teks. Ada tiga klasifikasi dalam metode sentiment analysis yang dapat dilakukan, yakni klasifikasi Fitur-fitur di dalamnya dapat mengenali sentimen (sudut pandang seseorang) dalam sebuah teks. Lalu, dengan klasifikasi Menggunakan berbagai kata yang dinilai dengan skor polaritas untuk mengetahui tanggapan pelanggan mengenai suatu topik.

  • Evaluasi

Setelah data terklasifikasi, langkah selanjutnya adalah menggunakan metrik evaluasi seperti. Metrik yang digunakan didasarkan pada keseimbangan klasifikasi set data. Secara umum, skemanya adalah sebagai tinjauan set data, pre-processing, tokenize, Penghapusan stopwords, transformasi, klasifikasi, dan evaluasi.

  • Visualisasi Hasil

Langkah terakhir adalah visualisasi data. Visualisasi data dilakukan menggunakan bagan sesuai kebutuhan perusahaan atau siapa saja yang memanfaatkan data-data ini. Sebagian besar orang biasanya menggunakan teknik yang sudah dikenal, seperti grafik, histogram, atau matriks.

Manfaat Sentiment Analysis untuk Annual Report

Sentiment analysis adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur sentimen atau perasaan yang terkandung dalam teks tertulis, seperti ulasan produk, komentar di media sosial, dan laporan tahunan (annual report). Manfaat dari sentiment analysis untuk annual report antara lain:

  • Mengukur Tingkat Kepuasan

Dengan menggunakan sentiment analysis, ternyata sangat membantu proses pembuatan annual report. Karena dapat membantu perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan investor, karyawan, pelanggan, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan perusahaan.

  • Mengidentifikasi Isu-isu

Ketika menggunakan sentiment analysis maka perusahaan akan mengetahui isu-isu atau permasalahan yang terjadi sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi isu-isu atau masalah yang mungkin mempengaruhi reputasi perusahaan.

  • Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, baik secara finansial maupun non-finansial, dengan mengambil tindakan yang sesuai berdasarkan hasil analisis sentimen.

  • Meningkatkan Transparansi

Membantu perusahaan untuk meningkatkan transparansi dalam menyajikan informasi kepada pihak-pihak yang terkait, dengan menyajikan sentimen yang terkandung dalam laporan tahunan.

  • Meningkatkan Hubungan

Membantu perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pihak-pihak yang terkait, dengan memperhatikan sentimen yang terkandung dalam laporan tahunan dan mengambil tindakan yang sesuai.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sentiment analysis merupakan teknik yang penting untuk digunakan dalam annual report karena dapat membantu perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan pihak-pihak yang terkait, mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi reputasi perusahaan, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan demikian, sentiment analysis dapat membantu perusahaan untuk menjaga dan meningkatkan reputasinya, sekaligus meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Melalui sistem kerja yang teratur seperti di atas maka proses sentiment analysis dapat berjalan dengan lancar. Proses ini sangat penting untuk berbisnis sehingga banyak perusahaan yang menggunakannya untuk menyusun strategi pemasaran.

Butuh Bantuan dalam Menyusun Annual Report?

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda untuk menyusun annual report. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end.

Salah satu platform digital, Ripple10 menyediakan fitur Sentiment & Digital Health Index yang menawarkan proses sentiment analysis untuk memantau setiap sentimen pelanggan yang ada di media sosial serta mencegah munculnya komentar buruk yang dapat merugikan citra brand Anda. Jika Anda merasa tertarik dengan Ripple10, silakan Anda dapat menggunakan digital listening tools seperti Ripple10 untuk mengetahui seberapa besar sentimen masyarakat tentang inovasi dari layanan ataupun produk yang diciptakan. Selamat berinovasi!.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami