Fungsi Digital Monitoring untuk Film Bioskop Terbaru

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 22 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock

"Digital monitoring adalah proses pemantauan dan analisis aktivitas online melalui media sosial, situs web, dan saluran online lainnya"

Digital monitoring memiliki peran penting dalam industri film bioskop terbaru. Dalam era digital yang terus berkembang, pemantauan online menjadi kunci untuk memahami dan mengoptimalkan kinerja film-film baru yang dirilis di bioskop. Melalui digital monitoring, kita dapat melacak respons dan tanggapan audiens, mengukur keberhasilan pemasaran, mengidentifikasi tren dan preferensi penonton, serta menjaga reputasi film secara online. Dengan memanfaatkan digital monitoring, industri film bioskop dapat memanfaatkan data yang relevan untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik film mereka, menjalin interaksi yang lebih baik dengan penonton, serta menghadirkan pengalaman yang memuaskan dalam era digital yang terus berkembang.

Apa Itu Digital Monitoring?

Digital monitoring adalah proses pemantauan dan analisis aktivitas online melalui media sosial, situs web, dan saluran online lainnya. Dengan adanya digital monitoring, perusahaan dapat memahami bagaimana mereka diterima oleh audiens di media sosial, memantau perkembangan kompetitor dan industri, dan memantau reputasi merek yang mereka produksi. Digital monitoring menggunakan teknologi dan alat pemantauan untuk mengumpulkan dan menganalisis data online, seperti trafik web,  ulasan produk, dan interaksi pelanggan. Hasil dari digital monitoring ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang informatif dan efektif. Tujuan dari digital monitoring ini berguna untuk mengumpulkan wawasan pelanggan dalam bentuk data yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan, mengoptimalkan strategi, dan meningkatkan kinerja digital.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Digital Monitoring Report untuk Perusahaan

Mengapa Digital Monitoring Penting untuk Melakukan Promosi Film?

Digital monitoring sangat penting dalam melakukan promosi film karena alasan berikut: 

  • Pengukuran kinerja kampanye

Digital monitoring memungkinkan promotor film melacak dan mengukur kinerja kampanye promosi film secara real time. Pihak production house juga mampu memantau jumlah tayangan trailer, interaksi pada materi promosi, tingkat keterlibatan pengguna, dan konversi penjualan tiket. Hal ini akan membantu mengevaluasi efektivitas kampanye, mengidentifikasi strategi yang tepat dan menyesuaikan strategi untuk mencapai tujuan promosi.

  • Memahami preferensi dan perilaku target audiens Melacak respon calon penonton terhadap promosi film

Digital monitoring juga dapat membantu promot dalam memahami preferensi dan perilaku dari target audiens mereka. Misal melacak tayangan trailer, penggunaan kata kunci terkait film, dan pendapat audiens terhadap tayangan promosi mereka. Hal ini dapat membantu promotor dalam menciptakan materi promosi sesuai dengan apa yang audiens harapkan.

  • Analisis promosi film kompetitor

Digital monitoring dapat membantu promotor film dalam memantau aktivitas pesaing dan menganalisis strategi promosi yang mereka gunakan. Promotor dapat melihat respon pengguna terhadap film dengan genre yang sama dan melacak performa kompetitor di media sosial. Tujuannya yaitu agar promotor dapat menciptakan konten promosi yang berbeda dan mampu menarik perhatian pengguna media sosial.

  • Mengetahui pendapat audiens

Melalui digital monitoring, promotor dapat melacak respon pengguna terhadap campaign yang mereka buat. Promotor dapat melihat komentar, tanggapan, dan feedback yang diberikan oleh audiens di media sosial, web, dan platform lainnya. Fungsi ini membantu promotor memahami sentimen pengguna terhadap film tersebut serta menciptakan strategi yang tepat.

  • Optimalisasi strategi promosi

Dengan menggunakan data yang diperoleh melalui digital marketing, promotor dapat menerapkan strategi yang tepat untuk mempromosikan film mereka. Dengan pemahaman strategi yang tepat, promotor dapat mengalokasikan sumber daya dengan efisien dan mencapai audiens yang lebih luas. Selain itu, peningkatan terhadap efektivitas promosi film juga dapat tercapai.

Fitur dan Fungsi Digital Monitoring untuk Promosi Film

Berikut adalah beberapa fitur dan fungsi dari digital monitoring yang dapat digunakan dalam mempromosikan film: 

  • Pemantauan media sosial

Digital monitoring dapat memantau aktivitas promosi film di media sosial, seperti Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter. Fitur ini memungkinkan promotor film untuk melacak dan menganalisis tanggapan pengguna, mencari ulasan, komentar, dan mencermati sentimen audiens terhadap film tersebut.

  • Pemantauan tayangan trailer

Fitur ini memungkinkan promotor film melacak jumlah tayangan trailer film di platform streaming, web, dan kanal YouTube resmi. Dengan digital monitoring, mereka dapat melihat seberapa sering trailer ditonton, jumlah klik, serta pendapat audiens mengenai trailer. Hal ini dapat membantu promotor mengukur minat keberhasilan promosi trailer serta memperoleh wawasan terhadap popularitas film di kalangan audiens.

  • Analisis kata kunci

Digital monitoring dapat melacak penggunaan keyword terkait dengan film di mesin pencari dan platform media sosial. Dengan fitur ini, promotor film dapat memahami tren pencarian, topik terkait yang diminati audiens, dan kata kunci yang sering digunakan dalam percakapan online

Baca Juga: Bisnis yang Membutuhkan Digital Monitoring? Cek Disini!

  • Pemantauan berita dan ulasan

Digital monitoring dapat melacak berita, ulasan, dan artikel yang membahas film di media online. Dengan fitur ini, promotor film dapat memperoleh pemahaman tentang bagaimana film tersebut dipersepsikan oleh kritikus dan publik. Hal ini membantu dalam mengetahui tanggapan awal terhadap film, mengukur minat publik, dan menyesuaikan strategi promosi jika diperlukan.

  • Pemantauan kompetisi

Digital monitoring memungkinkan promotor film untuk memantau aktivitas dan kinerja film kompetitor. Fitur ini dapat melacak promosi film sejenis dan melihat bagaimana materi promosi audiens, dan mengidentifikasi peluang untuk mengambil strategi yang efektif.

  • Analisis data dan laporan 

Fitur terakhir yaitu digital monitoring menyediakan alat analisis data dan fitur pelaporan yang memungkinkan promotor film mengumpulkan, menganalisis, mempresentasikan data dengan mudah. Fitur ini membantu melacak metrik kinerja kampanye, mengidentifikasi tren, dan membuat laporan yang komprehensif mengenai promosi film

Terapkan Ripple10 dari Ivosights untuk Efektivitas Promosi Film

Agar promosi film dapat tepat sasaran kepada audiens, promotor harus memastikan bahwa promosi yang mereka buat mampu memikat audiens dan membuat mereka ingin menonton film tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu platform yang dapat membantu pihak promotor film untuk mempromosikan film agar semakin dikenal di mata publik. Ripple10 dapat membantu promotor film dalam mempromosikan film mereka melalui pemantauan terhadap percakapan digital di media sosial.

Ripple10 dari Ivosights memungkinkan promotor memantau sentimen publik terhadap trailer film sehingga mereka tahu apakah trailer tersebut berhasil memikat publik atau tidak. Jika tidak, maka promotor dapat membuat materi promosi yang sesuai dengan harapan dan keinginan audiens melalui pemantauan percakapn mereka. Tersedia pula fitur daily mention & buzz geo untuk mengetahui kapan dan dimana materi promosi yang sering dijadikan topik pembicaraan. Hubungi Ivosights untuk mengenal Ripple10 lebih jauh sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami