Keuntungan Menggunakan Chatbot dalam Pelayanan Kesehatan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Sociobot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Sociobot. Shutterstock.

"Penggunaan chatbot untuk pelayanan kesehatan sangat berguna untuk efisiensi pertolongan pertama kepada masyarakat dalam keadaan darurat"

Pelayanan kesehatan memang memerlukan kesigapan dan kesiapan yang optimal dalam pengerjaannya. Hal ini diperlukan karena pelayanan kesehatan adalah salah satu pilar utama dalam kesejahteraan masyarakat di sebuah negara. Jika pelayanan kesehatan tidak optimal dan masih memerlukan banyak waktu dalam pengerjaannya, dapat dipastikan bahwa pelayanan di kesehatan di negara tersebut belum terjalankan dengan baik.

Di era teknologi saat ini, ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa didapatkan oleh pelayanan kesehatan. Ini bisa menjadi hal baik dan terobosan baru karena ada banyak jenis teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk melayani masyarakat terkait bidang kesehatan. Selain itu, efisiensi dan penghematan waktu juga dapat menjadi keuntungan lain dalam memanfaatkan teknologi.

Salah satu cara yang bisa digunakan oleh pelayanan kesehatan di era digital saat ini adalah dengan menggunakan chatbot dalam melayani masyarakat. Artikel ini akan menjelaskan keuntungan dalam menggunakan chatbot dalam pelayanan kesehatan. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu chatbot dan mengapa itu berguna untuk pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu Chatbot?

Chatbot merupakan program komputer berbasis AI (artificial intelligence) atau bisa disebut juga sebagai robot virtual yang bisa berkomunikasi dengan manusia secara otomatis. Dalam praktiknya, chatbot dapat membalas berbagai macam pesan yang dikirimkan, seperti tulisan, suara, hingga gambar. Banyak perusahaan yang menggunakan layanan ini untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat.

Adanya chatbot dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam mendapatkan jawaban atau informasi yang diberikan. Hal ini karena chatbot menggunakan teknologi yang sudah diatur untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh para pelanggan. Dengan layanan otomatis, pelanggan akan segera mendapatkan jawaban yang mereka dapatkan dalam waktu seingkat.

Mengapa Chatbot Berguna untuk Pelayanan Kesehatan

Banyaknya pertanyaan sederhana yang ditanyakan orang-orang terkait kesehatan tentu membutuhkan layanan yang dapat menjawab secara instan. Google atau search engine lainnya mungkin dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tetapi masyarakat tentu akan lebih percaya jika mereka mendapatkan jawaban dari sumber terpercaya.

Adanya chatbot untuk pelayanan kesehatan tentu akan sangat membantu kebingungan akan pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan, serta meningkatkan kualitas pelayanan keseahatan bagi masyarakat. Chatbot biasanya dapat diakses melalui website atau aplikasi, tergantung kebutuhan dan ketersediaan suatu rumah sakit atau pelayanan pemerintahan.

Keuntungan dalam Menggunakan Chatbot untuk Pelayanan Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai keuntungan dalam penggunaaan chatbot dalam pelayanan kesehatan:

#1 Sebagai pusat jawaban valid seputar kesehatan

Adanya fasilitas seperti Google atau mesin pencari lainnya tentu memudahkan orang dalam menemukan jawaban yang mereka cari. Akan tetapi, ada banyak artikel yang memberikan jawaban tidak memuaskan serta kurang dalam memberikan informasi yang sah karena menggunakan sumber yang kurang jelas. Dengan adanya chatbot, masyarakat tidak perlu takut lagi termakan info hoax yang berlebihan di mesin pencari, karena chatbot akan memberikan informasi yang valid serta detail yang kamu inginkan.

#2 Sumber utama pertolongan pertama

Saat merasa sakit, kita tentu saja membutuhkan pertolongan pertama untuk menanganinya. Hal ini bisa menjadi masalah untuk beberapa orang, terutama saat mengalami sakit yang belum pernah dialami sebelumnya. Chatbot bisa menjadi alternatif utama dalam pertolongan pertama, terutama jika tidak memungkinkan untuk pergi ke rumah sakit pada saat itu. Kita dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan seputar ciri-ciri penyakit yang dialami sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pengobatan pertama selama 24 jam.

Baca Juga: Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Bot Chat WhatsApp

# 3 Lebih terjangkau

Melakukan pengobatan ke rumah sakit bagi beberapa orang memerlukan biaya yang tidak murah. Bukan hanya untuk biaya konsultasi dokter saja, biaya transportasi juga dihitung dalam hal ini. Hal-hal tersebut dapat memakan biaya cukup banyak, terutama jika jarak rumah sakit jauh dari rumah. Adanya penggunaan chatbot tentu saja lebih efisien dalam segi harga, karena tidak memerlukan biaya transportasi dalam penggunaannya. Selain itu, chatbot juga memiliki beberapa pilihan untuk penggunanya, seperti konsultasi secara gratis hingga dapat memilih dokter dari berbagai bidang yang sesuai dengan kebutuhan.

#4 Menghemat waktu

Dokter memiliki waktu yang padat setiap harinya, ada banyak pasien yang mengantre dalam sebuah rumah sakit sehingga sangat tidak efisien bagi orang-orang yang ingin menghemat waktu. Chatbot bisa kamu andalkan jika ingin berkonsultasi dengan dokter di manapun kamu berada, ini sangat menghemat waktu terutama untuk kamu yang tidak bisa cuti kerja.

#5 Mendapat obat-obatan

Jika kamu berpikir untuk mendapatkan obat-obatan harus pergi ke rumah sakit atau apotek, kamu salah! Chatbot juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat obat-obatan yang kamu perlukan. Kamu bisa memberikan detail keterangan penyakit yang kamu alami, chatbot bisa merekomendasikan obat-obatan apa saja yang kira-kira kamu butuhkan. Selain itu, chatbot juga bisa kamu andalkan dalam membeli obat di apotek terdekat, lho. Sangat efektif, ya!

Andalkan Urusan Chatbot-mu dengan SocioBot!

Itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan menggunakan chatbot dalam pelayanan kesehatan. Dengan membaca artikel di atas, kamu kini telah memahami seberapa besar keuntungan dalam menggunakan chatbot untuk bidang kesehatan bagi masyarakat.

Perlu kamu ketahui, Ivosights menyediakan jasa chatbot dengan kualitas unggulan serta sistem terbaik, yaitu SocioBot! Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengecek di website www.ivosights.com. Jangan ragu dan segera dapatkan pengalaman terbaikmu bersama kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami