Contact center merupakan aspek penting dalam operasional bisnis. Melalui contact center, perusahaan dapat mengatur alur komunikasi antar brand dan pelanggan. Bentuk komunikasi yang terjalin berupa penyampaian feedback, pertanyaan, atau permintaan asistensi terhadap suatu masalah yang dihadapi. Untuk mengelola contact center, beberapa perusahaan membutuhkan bantuan pihak ketiga, yaitu BPO contact center.

Business Process Outsourcing atau BPO merupakan kegiatan pengalihdayaan beberapa proses dan fungsi bisnis yang dijalani perusahaan pihak ketiga. Layanan yang diberikan pun bermacam-macam, salah satunya contact center. Layanan ini mencakup bantuan berupa mengelola telepon, E-Mail, teks, dan media sosial. Dengan bantuan BPO contact center, sebuah perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan dan mengoptimalkan produktivitas kerja walaupun kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).  

Pengertian BPO Contact Center Berbasis Cloud

Berbeda dengan call center yang hanya menangani penggilan telepon, contact center menangani komunikasi melalui beberapa channel. Penggunaan layanan yang tepat dapat mendukung keberhasilan bisnis dalam menghadapi pelanggan. Panggilan penjualan atau support yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan rusaknya reputasi perusahaan dan menurunkan pendapatan.

Pada umunya, BPO contact center menggunakan jenis contact center manual. Akan tetapi, perusahaan dapat memilih BPO contact center berbasis cloud untuk mengoptimalkan fleksibilitas sistem. Cloud contact center merupakan fasilitas contact center yang dikelola melalui internet. Dibandingkan dengan mengelola peralatan dan perangkat lunak di lokasi asli, contact center dapat diakses secara jarak jauh di server cloud.

Kegunaan BPO Contact Center Berbasis Cloud

Penggunaan BPO contact center berbasis cloud dapat membuahkan berbagai macam keuntungan bagi perusahaan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Dengan BPO contact center, Anda bisa memperluas kebutuhan penggunaan sesuai permintaan, tanpa waktu ataupun biaya tambahan untuk memperbaharui perangkat keras. Anda dapat memasuki pasar tanpa membangun, menerapkan, dan memelihara layanan tersebut sendiri.

Cloud contact center memberikan fleksibilitas tertinggi yang dibutuhkan bisnis. Dengan BPO contact center, semua orang dapat terhubung dimanapun lokasinya. Pasalnya, cloud contact center dapat bekerja diberbagai perangkat dan sistem operasi. Pelaporannya pun real-time, sehingga dapat memberikan transparansi pada produktivitas dan pengalaman pelanggan. Cloud contact center pun akan diaudit secara rutin untuk menghindari pelanggaran data.

BPO contact center berfungsi memecahkan masalah bagi pelanggan. Cara kerja layanan ini pun sangat mudah dan cepat, sehingga dapat memaksimalkan layanan pelanggan.

Salah satu alasan teknologi cloud cenderung lebih aman dari risiko adalah penyedia cloud berinvestasi besar dalam inovasi keamanan. Penyedia cloud pun telah membangun seluruh bisnis mereka di platform cloud, sehingga penyedia cloud tidak hanya memberi pelanggan lingkungan hosting, namun juga perlindungan infrastruktur dan layanan cloud yang menjadi prioritas.

Cara Kerja BPO Contact Center Berbasis Cloud

BPO contact center menangani semua pengaturan teknis, peralatan, dan pemeliharaan server, sehingga kamu tidak perlu membeli, memasang ataupun merawat perangkat keras telekomunikasi. Cloud contact center akan menyinkronkan data dengan software CRM (customer relationship management) bisnis, sehingga informasi pun akan selalu update ke para agent.

Dengan cloud contact center, Anda hanya perlu menyediakan workstation, headset, dan koneksi internet. Agent bisa menerima panggilan, email, ataupun pesan obrolan, sehingga bisnis Anda akan berinteraksi dengan pelanggan di semua saluran.