Career Path: Definisi, Peran dan Cara Mengoptimalkan

Ripple10 | Jumat, 09 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Career path. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Career path. Shutterstock.

Apakah kamu pernah mendengar career path sebelumnya? Apa yang kamu ketahui tentang career path? Jika kamu seorang fresh graduate dan kamu masih bingung bagaimana mengoptimalkan career path kamu kedepannya itu hal yang sangat wajar. Namun, tak hanya fresh graduate yang kebingungan dan bimbang akan jenjang karier mereka kedepannya, lho! Sekalipun orang yang sudah berpengalaman beberapa tahun dalam kariernya, tentu bisa mengalami bimbang akan fokus kariernya. Buat kamu yang memang masih bimbang mengenai jenjang karier kamu kedepannya, yuk simak artikel berikut! Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara pengoptimalan carier path, kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dan peran dari career path itu sendiri.

Definisi Career Path

Career Path adalah suatu pengembangan karier bagi para karyawan yang ingin menetapkan kariernya pada bidang tertentu. Selain itu, career path sangat penting dilakukan sebagai salah satu faktor utama dalam mendorong semangat karyawan dalam berkarier.

Untuk menuju jenjang karier yang jelas, karyawan perlu menyusun bagaimana mereka akan berkarier ke depannya. Supaya karier jelas dan mengetahui lebih dalam kemampuan yang dipunya.

Dalam mengembangkan karier, perlu waktu yang cukup panjang untuk bisa berada di posisi impian. Dengan itu, pentingnya mengoptimalkan career path adalah untuk bisa mengetahui dan menghargai kinerja dalam kurun waktu tertentu.

Apa Peran Career Path bagi Pekerja?

Peran career path bagi pekerja tentu akan mempengaruhi karier mereka di masa depannya. Ketika kamu sudah menentukan jurusan kuliah pada saat menempuh sarjana strata 1, maka seharusnya kamu sudah mengetahui fokus karier kamu kedepannya. Namun tidak dapat dipungkiri, sebagian dari mereka terkadang merasa salah jurusan sehingga harus terjebak pada jurusan tersebut bertahun-tahun.

Tidak perlu risau, karena masa depanmu bukan hanya ditentukan oleh jurusan yang saat itu kamu jalani. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan menemukan yang benar-benar “kamu” dalam kariermu. Jadi tidak melulu soal jurusan, kamu bisa merambah lebih banyak jenis bidang di luar jurusanmu sekarang.

Selain itu, pentingnya mengetahui career path adalah untuk merencanakan alur karier yang cenderung lebih memiliki akses mudah dan peluang tinggi, tetapi career path tidak hanya mengenai jabatan yang tinggi, dalam jenjang karier diperlukan skill dan pengalaman yang cukup untuk dapat merambah ke tingkatan lebih tinggi. Kamu bisa mengoptimalkan terlebih dahulu skill yang kamu miliki dan memperbanyak pengalaman kamu pada bidang yang akan menjadi fokus kamu. Sehingga kamu bisa dengan mudah mengembangkan jenjang karier kedepannya.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Career Path?

Ada beberapa tahapan yang perlu kamu tahu untuk menempuh jenjang kariermu.

#1 Tentukan Tujuanmu dalam Berkarier

Ketika kamu sudah fokus dalam satu karier, kamu bisa jadikan karier tersebut sebagai tujuanmu. Sehingga kamu bisa dengan mudah kemana kamu akan berlayar. Sebagai contoh kamu adalah seorang content writer. Maka kamu bisa membuat urutan karier yang ingin kamu tuju dengan dimulai menjadi Content Writer > Content Editor > Senior Content Editor > Junior Content Manager > Content Manager > Head of Content. Ketika kamu sudah mulai mengetahui fokus karier kamu akan kemana, maka pada saat itu juga kamu bisa mulai untuk memperbanyak pengalaman pada bidang tersebut.

#2 Mengetahui Cara kamu Bekerja

Penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara kamu dalam bekerja. Mungkin ketika kamu memiliki target yang harus dicapai, kamu tipe orang yang harus didapatkan dengan segera. Berbeda dengan orang yang bekerja let it flow. Pasti Akan berbeda hasilnya dengan orang yang memiliki rasa ambisius tinggi. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan jenjang karier yang ingin kamu fokuskan bersamaan dengan tipe cara kamu bekerja.

#3 Evaluasi dan Review Pengalaman Sebelumnya

Untuk bisa menentukan karier kamu ke depannya. Ada baiknya kamu harus evaluasi karier kamu secara berkala. Review pengalaman kerja kamu sebelumnya. Apakah menarik dan harus difokuskan? Jika memang kamu nyaman dan merasa kamu lebih baik pada posisi tersebut, maka lanjutkan. Begitupun sebaliknya.

#4 Pertimbangkan Kebutuhan dengan Target Gaji

Di saat kamu sudah mengetahui career path yang akan kamu tuju, maka itu bukan perkara yang mudah. Kamu perlu mempertimbangkan gaji yang diberikan kalau kamu ada pada posisi tersebut. Apakah mampu menutupi biaya hidup, tanggungan dan gaya hidupmu?

Jika tidak memungkinkan, maka kamu bisa mencari jenjang karier yang lain. Namun jika career path yang kamu tuju itu bisa menjamin kebutuhanmu maka kamu bisa mengembangkan dan melanjutkan jenjang karier pada posisi tersebut. Rangkaian pengalaman kerja yang dibangun, akan mendekatkan kamu kepada tujuan akhirmu. Begitulah pentingnya mengetahui dan mengoptimalkan career path.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.