Memahami Konsep Digital Monitoring untuk Pemula

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 31 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"konsep digital monitoring mungkin terdengar asing dan sulit dipahami. Oleh karena itu, Ivosights akan membahas konsep dasar digital monitoring untuk pemula"

Dalam era digital yang semakin maju, keberadaan internet telah memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat. Namun, keberadaan internet juga memunculkan berbagai masalah, termasuk penyebaran informasi yang tidak benar dan penyebaran ujaran kebencian. Oleh karena itu, perlu adanya monitoring percakapan di internet atau yang lebih dikenal dengan digital monitoring. Bagi pemula, konsep digital monitoring mungkin terdengar asing dan sulit dipahami. Oleh karena itu, Ivosights akan membahas konsep dasar digital monitoring untuk pemula.

Pengertian Digital Monitoring

Digital monitoring adalah proses memantau aktivitas online untuk mengumpulkan informasi tentang merek, produk, atau topik tertentu. Aktivitas online yang dimaksud bisa berupa percakapan di media sosial, blog, forum, atau artikel yang terbit di berbagai situs web. Tujuan dari digital monitoring adalah untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku konsumen, reputasi merek, persaingan, dan tren pasar, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan bisnis atau mengatasi masalah yang muncul. Digital monitoring juga dapat digunakan untuk mendeteksi dini adanya ancaman seperti krisis reputasi, peretasan data, atau aktivitas kejahatan lainnya yang terjadi di dunia maya. Dalam hal ini, digital monitoring memiliki peran yang penting untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna internet.

Baca Juga: Apa Saja Digital Monitoring Tools yang Berguna?

Metode Digital Monitoring

Berikut adalah beberapa metode digital monitoring yang umum digunakan:

#1 Social Media Listening

Metode ini dilakukan dengan memonitor percakapan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lainnya. Dengan metode ini, perusahaan dapat mengetahui apa yang diucapkan pelanggan tentang produk atau brand mereka, serta mendapatkan wawasan tentang tren yang sedang berkembang.

#2 Web Monitoring

Metode ini dilakukan dengan memantau situs web yang terkait dengan brand atau produk tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan memonitor aktivitas pengunjung, mengidentifikasi tautan yang mengarah ke situs tersebut, atau memperhatikan perilaku pengunjung yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi terkait.

#3 Media Monitoring

Metode ini dilakukan dengan memantau media massa, baik cetak maupun online, untuk mengetahui apakah ada liputan berita yang terkait dengan brand atau produk tertentu. Dengan metode ini, perusahaan dapat mengetahui bagaimana brand atau produk mereka dilihat oleh masyarakat, serta mendapatkan wawasan tentang tren dan isu yang terkait.

Alat Digital Monitoring

Berikut adalah beberapa alat digital monitoring yang umum digunakan:

  • Google Alerts Alat ini memungkinkan pengguna untuk memonitor kata kunci tertentu dan mendapatkan notifikasi ketika kata kunci tersebut muncul di internet.
  • Hootsuite Alat ini dapat memantau aktivitas di media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram, serta mengelola akun media sosial dengan lebih efisien.
  • Brand24 Alat ini memantau media sosial, blog, forum, dan situs web lainnya untuk mengetahui apa yang diucapkan orang tentang brand atau produk tertentu.
  • Ripple10 Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui seperti apa sentimen warganet terhadap produk atau layanan dan mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan orang mengenai brand

Baca Juga: Apa Saja Digital Monitoring Tools yang Berguna?

Contoh Implementasi Digital Monitoring

Berikut adalah beberapa contoh implementasi digital monitoring:

#1 Penyedia Layanan Telekomunikasi

Sebuah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi memantau percakapan di media sosial dan situs web terkait tentang layanan mereka, mencari tahu apa yang diucapkan pelanggan tentang kualitas layanan, kecepatan internet, harga, dan lainnya. Dari informasi yang diperoleh, perusahaan dapat melakukan perbaikan atau meningkatkan layanan mereka agar lebih memuaskan pelanggan.

#2 Perusahaan E-commerce

Sebuah perusahaan e-commerce menggunakan digital monitoring untuk memantau persaingan di pasar, mengetahui produk-produk yang sedang tren, dan memperhatikan apa yang diucapkan pelanggan tentang produk mereka dan pesaing. Dengan informasi yang diperoleh, perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan posisi mereka di pasar.

#3 Partai Politik

Sebuah partai politik memantau percakapan di media sosial dan situs web terkait dengan kampanye politik mereka dan pesaing. Dari informasi yang diperoleh, partai politik dapat mengetahui seberapa efektif kampanye mereka, mengetahui isu-isu yang dianggap penting oleh masyarakat, dan menyesuaikan strategi kampanye mereka sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengimplementasikan Digital Monitoring

Berikut adalah beberapa cara untuk mengimplementasikan digital monitoring:

#1 Tentukan tujuan digital monitoring

Sebelum memulai digital monitoring, perlu ditentukan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, ingin mengetahui apa yang diucapkan pelanggan tentang brand atau produk, mengetahui isu-isu yang terkait dengan bisnis, atau memantau persaingan di pasar. Dengan menentukan tujuan, perusahaan dapat memilih metode dan alat yang paling sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.

#2 Pilih metode dan alat digital monitoring yang tepat

Setelah menentukan tujuan, perusahaan perlu memilih metode dan alat digital monitoring yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika tujuan adalah memantau percakapan di media sosial, maka alat seperti Hootsuite atau Brand24 dapat digunakan. Jika tujuan adalah memantau situs web terkait dengan bisnis, maka alat seperti Google Alerts atau SEMrush dapat digunakan.

Baca Juga: Istilah dalam Digital Monitoring, Wajib Tahu!

#3 Monitor dan analisis data secara teratur

Setelah mengimplementasikan digital monitoring, perusahaan perlu memantau dan menganalisis data secara teratur. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat secara cepat jika ada isu atau masalah yang perlu diatasi.

#4 Buat laporan dan evaluasi

Setelah melakukan digital monitoring untuk jangka waktu tertentu, perusahaan perlu membuat laporan dan melakukan evaluasi untuk mengevaluasi keefektifan strategi digital monitoring yang digunakan. Dari laporan dan evaluasi tersebut, perusahaan dapat menentukan tindakan yang perlu diambil untuk meningkatkan efektivitas digital monitoring dan mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dapatkan Software Digital Monitoring Terbaik Hanya di Ivosights!

Anda bisa mendapatkan software analisis data yang komprehensif dan lengkap untuk data report bisnis dan sosial media di Ivosights! Ivosights menyediakan berbagai layanan terkait comprehensive analytics. Ivosights dapat membuat Anda lebih mudah memahami data dan juga dapat memberikan rekomendasi strategi yang tepat untuk kelangsungan bisnis Anda dengan bantuan tim Ivosights yang sudah berpengalaman melakukan analisa mendalam dari berbagai macam data.

Comprehensive analytics dari Ivosights hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan Anda mengelola Big Data dan mendapatkan insights terbaik. Sebagai penyedia layanan Customer engagement terlengkap di bidang ini, Ivosights juga menyediakan layanan Ripple10 yang dapat membantu Anda memenangkan kompetisi di pasar bisnis. 

Ripple10 dapat menjadi mata-mata perusahaan Anda untuk mengetahui seperti apa sentimen warganet terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada mereka. Bahkan, lebih dari itu, Anda juga bisa mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami