Pelajari Sentiment Analysis dalam 10 Menit!

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock.

"Analisis sentimen membantu perusahaan memahami pasar secara lebih komprehensif dan sistematis"

Sentiment Analysis adalah teknik Natural Language Processing (NLP) yang digunakan untuk menentukan status suatu data, entah itu mengandung muatan positif, netral, atau justru negatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar Sentiment Analysis dan bagaimana Anda dapat mempelajarinya dalam waktu singkat. Artikel ini menemani Anda memahami sentiment analysis dengan efektif dan jelas. 

Apa Itu Sentiment Analysis

Sentiment Analysis, juga dikenal sebagai opinion mining, adalah proses menganalisis teks digital untuk menentukan apakah nada emosional pesan itu positif, negatif, atau netral. Teknik ini digunakan untuk memahami perasaan, opini, dan sikap pengguna terhadap suatu merek, produk, atau layanan. 

Bagaimana Cara Kerja Sentiment Analysis

Sentiment Analysis dilakukan dengan mengumpulkan, mengelompokkan, dan menganalisis data berupa teks dari berbagai sumber, termasuk media sosial, survei, dan ulasan pelanggan. Analisis sentimen dapat digunakan untuk menentukan apakah sentimen yang diekspresikan dalam teks bernada positif, negatif, atau netral. Melalui social listening tools, Anda dapat mendapatkan informasi tersebut secara komprehensif dan terstruktur!

Mengapa Sentiment Analysis Penting? 

Peran analisis sentimen sangatlah penting bagi perusahaan untuk membantu meningkatkan produk dan layanan mereka. Berikut ini merupakan 14 alasan mengapa perusahaan atau organisasi perlu menggunakan sentiment analysis: 

  • Manajemen Reputasi Merek

Dalam hal manajemen reputasi merek, analisis sentimen dapat digunakan untuk memantau penyebutan merek dalam situs web maupun platform media sosial terkait suatu produk, layanan, merek, atau kampanye pemasaran.

  • Umpan Balik Pelanggan

Perusahaan menggunakan analisis sentimen untuk menganalisis pendapat pelanggan secara tidak langsung, pelanggan tidak perlu menuliskan komentar atau review terhadap produk yang dibeli. Analisis sentimen membantu anda dalam mengenali pola komentar oleh konsumen.

  • Riset Pasar

Pelanggan kerap meninggalkan aftertaste yang sulit diprediksi oleh penjual karena mereka tidak meninggalkan komentar apapun setelah membeli atau merasakan produk. Namun, analisis sentimen dapat digunakan untuk melakukan riset pasar dengan memahami sentimen pelanggan secara online terhadap produk atau layanan melalui siklus algoritma yang ada. 

Baca Juga: Sentiment Analysis, Strategi Branding Bagi Perusahaan

  • Pencegahan Krisis

Banyak perusahaan gulung tikar karena tidak mengetahui sentimen konsumen. Apalagi para pebisnis pemula yang tidak mempunyai pengalaman dalam menghadapi sikap konsumen yang bervariasi. Sebenarnya, tingkat popularitas dan progress yang dimiliki suatu bisnis dapat diprediksi secara terukur dalam sistem yang komprehensif. Sehingga perusahaan dapat mencegah krisis yang akan terjadi jika menggunakan cara-cara preventif yang direkomendasikan. Analisis sentimen dapat membantu perusahaan dalam mencegah krisis dengan mendeteksi sentimen negatif dan meresponsnya secara cepat.

  • Meningkatkan Kualitas Produk

Dengan mengetahui sentimen konsumen, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk dengan memahami apa yang diinginkan pelanggan. Produk dapat disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan dari pelanggan sehingga meningkatkan kualitas produk dari berbagai sisi. 

  • Analisis Real Time

Penting bagi perusahaan untuk stay update terhadap posisi dan tren yang sedang terjadi, sehingga perusahaan mampu menempatkan diri sebagaimana visi dan target konsumen. Analisis sentimen memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi perubahan dalam pandangan pelanggan secara real-time.

  • Sesuai Skala

Sentimen konsumen sangatlah luas jangkauannya. Jika Anda memiliki bisnis multinasional dan internasional, maka analisis sentimen sangat direkomendasikan. Melalui analisis yang komprehensif memungkinkan perusahaan untuk menganalisis sentimen dari sejumlah besar data dan sumber. 

  • Pengelompokan yang Konsisten

Anda tidak perlu repot dalam mengelompokkan dan memfilter mana sentimen positif dan negatif. Digitalisasi analisis sentimen memungkinkan perusahaan untuk mengelompokkan sentimen pelanggan secara konsisten dan rapi. 

  • Brand Monitoring

Brand adalah hal yang sangat vital dalam pengelolaan bisnis secara internal dan memonitor kualitas brand dan kelemahannya di pasar sangatlah merepotkan. Analisis sentimen dapat diandalkan untuk memantau bagaimana merek dilihat oleh pelanggan.

  • Social Media Monitoring

Perubahan perilaku konsumen sudah menjadi bahan perbincangan sesama pengusaha. Banyak diantaranya migrasi ke sosial media, alasannya adalah karena disana informasi yang disediakan sangat bervariasi dan mudah diakses, sehingga perusahaan perlu strategi yang lebih baik lagi dalam analisis sentimen. Beruntungnya,  Ripple10 dari Ivosights dapat menjadi asisten terbaik Anda dalam hal ini!

  • Customer Service

Perusahaan selalu memprioritaskan kepada kepuasan pelanggan baik pelayanan maupun kualitas program atau produk. Analisis sentimen dapat membantu Anda meningkatkan layanan pelanggan dengan memahami sentimen pelanggan.

  • Market Research

Dalam menentukan big plan, diperlukan banyak insights dan review dengan jumlah yang sangat banyak. Hal ini dilakukan agar perencanaan dapat kredibel dan mempunyai prospek cemerlang. Analisis sentimen dapat digunakan untuk melakukan riset pasar dengan memahami sentimen pelanggan terhadap produk atau layanan.

  • Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Perusahaan memerlukan annual report dan monthly report yang terstruktur dan detail. Analisis sentimen cocok digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan dalam setiap rapat bulanan atau tahunan yang didasarkan pada data dan bukan hanya intuisi.

  • Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Analisis sentimen dapat membantu perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan pihak-pihak yang terkait, mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi reputasi perusahaan, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Dengan memahami Sentiment Analysis, Anda dapat memahami sentimen konsumen terhadap brand Anda apakah bernada positif, negatif atau netral. Dengan demikian, Sentiment Analysis dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam memaksimalkan interaksi dengan pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Sentiment Analysis dalam Annual Report

Sudah Siap Menguasai Pasar? Mulai dengan Ivosights Sekarang!

Dengan teknologi kami, Anda dapat memantau percakapan online tentang merek Anda, memahami sentimen pelanggan, dan mendeteksi tren pasar yang sedang berkembang. Dapatkan wawasan mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, dan responsif terhadap perubahan dalam perilaku konsumen. Jadikan Ripple10 dari Ivosights sebagai mitra strategis Anda dalam mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Segera bergabung dengan kami dan raih kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam industri Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami