Pertanyaan yang Cocok untuk Telesurvey Menggunakan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Telesurvey harus dilakukan dengan baik karena menyangkut interaksi dengan pelanggan. Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang cocok untuk telesurvey dengan WhatsApp Business"

Telesurvey sudah lama dijadikan perusahaan untuk alat mengukur kepuasan pelanggan. Hal ini karena pelanggan akan memberikan jawaban seputar perusahaan dan memungkinkan mereka untuk memberikan opini dan masukan kepada perusahaan. Telesurvey juga memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan kepuasan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan. Saat ini, perusahaan bukan hanya menggunakan panggilan telepon dalam melakukan telesurvey, tetapi juga mengandalkan aplikasi lain seperti WhatsApp Business.

Apa itu WhatsApp Business dan Manfaatnya?

Aplikasi WhatsApp Business dirancang untuk pemilik usaha kecil yang mengelola permintaan pelanggan dalam jumlah kecil. Ini memiliki antarmuka yang sama dengan aplikasi WhatsApp konsumen, dengan beberapa fitur tambahan. Misalnya, perusahaan mendapatkan Profil Bisnis terverifikasi sehingga pelanggan dapat mempercayai dengan siapa mereka mengobrol. Perusahaan juga dapat menyiapkan katalog, etalase seluler untuk bisnis kecil untuk memamerkan dan membagikan barang mereka di platform. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari WhatsApp Business untuk perusahaan:

  • Pribadi dan Personal

Perpesanan langsung sangat bagus untuk penawaran yang disesuaikan dan layanan pelanggan individual. Anda dapat mengirim kredensial akun pribadi, memesan pembaruan, dan memberikan bantuan dalam obrolan pribadi yang aman. Anda dapat mengajukan pertanyaan untuk membuat rekomendasi produk yang tepat, tidak seperti widget upsell di tempat. API WhatsApp Business juga terhubung ke CRM perusahaan, yang memungkinkan Anda menggunakan wawasan pelanggan untuk menyesuaikan komunikasi perusahaan dan pelanggan.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

  • Aman dan Terpercaya

Pengguna menikmati fakta bahwa semua obrolan WhatsApp dienkripsi. Dari sudut pandang bisnis, cukup aman untuk bertukar informasi sensitif seperti pengaturan ulang kata sandi. Juga, semua akun bisnis WhatsApp melalui otentikasi wajib untuk memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan. Ini berlaku untuk kedua perusahaan yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business dan API.

  • Dapat Menjangkau orang Kapanpun dan Dimana Saja

WhatsApp untuk bisnis adalah saluran komunikasi waktu nyata. Sementara orang sering menunda membaca email, mereka biasanya langsung memeriksa pesan masuk, bahkan saat dalam perjalanan. 80% pesan WhatsApp dibaca dalam lima menit pertama. Ini memberi perusahaan jendela waktu yang jauh lebih besar untuk mengirim pesan pemasaran.

  • Dapat Mengirim Pesan Pemasaran yang Lebih Relevan

WhatsApp untuk bisnis menawarkan kemungkinan keterlibatan yang hampir tak terbatas. Pengumuman keluar (pemberitahuan), autentikasi dua langkah, pengingat, pembaruan status hanyalah sebagian dari pesan yang dapat Anda kirimkan. Alih-alih mengirim terlalu banyak email, Anda dapat menambahkan WhatsApp ke campuran Anda sehingga pelanggan tidak merasa kebanjiran. Dan terkadang pembaruan pesan instan lebih tepat waktu dan nyaman.

Pertanyaan untuk Telesurvey

Setelah mengetahui beberapa manfaat WhatsApp Business, mari kita lanjut membahas 5 pertanyaan apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Tanyakan Sejauh Apa Pelanggan Mengetahui Tentang Perusahaan

Pertanyaan pertama yang harus ditanyakan oleh perusahaan dalam melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business adalah menanyakan sejauh apa pelanggan mengetahui tentang perusahaan. Ini untuk melihat apakah perusahaan memiliki kepopuleran atau hanya sekedar pelanggan setia saja yang mengetahui tentang keberadaan perusahaan.

Selain itu, pertanyaan ini juga untuk mengukur pengetahuan pelanggan mengenai perusahaan. Sehingga jika pelanggan memiliki pengetahuan yang minim tentang perusahaan, Anda dapat menilai apakah survei harus dilanjutkan atau tidak.

Baca Juga: Jenis-jenis Akun Whatsapp Business API

  • Apa Produk dan Layanan Jasa yang Biasa Pelanggan Gunakan

Pertanyaan selanjutnya yang bisa Anda tanyakan adalah apa saja produk atau layanan jasa perusahaan yang biasa mereka beli atau gunakan. Hal ini juga untuk mengukur apakah pelanggan memiliki kecenderungan sebagai pelanggan setia yang sering membeli produk perusahaan atau tidak. Pertanyaan yang satu ini juga sangat menguntungkan perusahaan karena dari jawaban pelanggan, perusahaan dapat meninjau prospek pemasaran selanjutnya kepada beberapa pelanggan yang sering membeli atau memakai produk dan layanan jasa yang perusahaan tawarkan.

  • Pertanyaan Tentang Pengukuran atau Rating

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam WhatsApp Business adalah pertanyaan seputar pengukuran atau rating. Pertanyaan yang satu ini bersifat pribadi dan bisa dikategorikan sebagai pertanyaan yang akan menentukan preferensi pelanggan kepada suatu produk atau layanan jasa milik perusahaan.

Anda dapat menanyakan pertanyaan dengan fitur WhatsApp Business seperti “dari 1-10, seberapa suka Anda dengan layanan yang kami berikan?” atau bisa juga pertanyaan seperti “rate wafer cokelat kami dari 1-10.” Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sejujurnya lebih membuat mudah pelanggan dalam menjawab telesurvey sehingga lebih cepat untuk mereka menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh perusahaan.

  • Apa Pelanggan Memiliki Kritik dan Saran

Pertanyaan terakhir adalah pertanyaan paling penting dan krusial bagi perusahaan sehingga tidak boleh terlupakan, yaitu pertanyaan apakah pelanggan memiliki kritik dan saran yang ingin disampaikan kepada perusahaan. Dengan adanya kritik dan saran, perusahaan dapat lebih mudah untuk memperbaiki apa-apa saja yang kurang dari bisnis yang mereka jalani.

Melakukan telesurvey memang terlihat mudah dan tidak sulit, tetapi memiliki protokol dan kesopanan yang harus ditaati oleh perusahaan karena menyangkut interaksi dengan pelanggan. Itulah beberapa contoh pertanyaan untuk melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami