5 Tips Kreatif Customer Engagement Strategies Untuk Startups

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 18 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Bisnis startups sangat menjanjikan di era digital saat ini, temukan tips kreatif membangun customer engagement strategies disini!"

Customer engagement strategies sangat penting bagi perusahaan rintisan atau startup karena hal ini memulai interaksi antara pelanggan dan bisnis. Keterlibatan pelanggan yang kuat membantu membangun hubungan dengan basis klien perusahaan, meningkatkan jangkauan audiens, menghasilkan konversi yang lebih baik, menumbuhkan loyalitas, dan menghasilkan peningkatan kualitas produk atau layanan. Dengan customer engagement strategies yang efektif, perusahaan dapat mendorong pelanggan untuk berbelanja 23% lebih banyak. Selain itu, sekitar 80% pelanggan setuju bahwa customer engagement strategies yang diberikan oleh sebuah merek sama pentingnya dengan produk atau layanannya.

Apa itu Customer Engagement Strategies?

Sebelum masuk ke bagaimana langkah kreatif meningkatkan customer engagement strategi pada startup, Anda harus tahu bahwa customer engagement strategies adalah proses interaksi antara konsumen melalui berbagai kanal dalam rangka meningkatkan hubungan Anda dengan mereka. Proses ini berfokus kepada penciptaan nilai daripada pendapatan, karena hal ini dapat menciptakan koneksi emosional antara konsumen dan brand. Oleh karena itu diperlukan customer engagement strategies agar perusahaan dapat memanajemen hubungan dengan konsumen dengan baik dan terukur. 

Customer Engagement Strategies Untuk Startups 

       1. Latih Storytelling di Sosial Media

Kunci untuk melibatkan audiens dengan bisnis terletak pada membangun ketertarikan pengguna terhadap produk atau layanan, yang dapat dicapai melalui story telling di media sosial. Customer engagement strategies melalui bercerita membantu mengembangkan rasa ingin tahu yang mendorong orang untuk mulai mencari bisnis Anda di web. Rasa ingin tahu mengarah pada tindakan pelanggan dan memulai arus masuk prospek, pencarian bermerek, keterlibatan tagar merek, dan lalu lintas situs web langsung yang sangat penting untuk menjangkau pelanggan awal. Anda dapat berbagi cerita tentang bisnis Anda atau pelanggan. Sebagai permulaan dari customer engagement strategies, Anda dapat menceritakan kisah Anda sendiri, seperti bagaimana perusahaan dimulai, tantangan awal yang Anda hadapi, apa yang menginspirasi Anda untuk tidak pernah berhenti bermimpi, dll.

Baca Juga: Orang-Orang Sering Bercerita Pengalaman Buruknya? Kenali Dengan Sentiment Analysis Tools!

       2. Kirim Email Personalisasi

Customer engagement strategies melalui email yang dipersonalisasi menyampaikan pesan yang kuat - Anda peduli dengan pelanggan Anda. Ketika Anda mengirim email ke pelanggan Anda dengan nama mereka, itu membuat perbedaan besar. Hal-hal yang perlu diperiksa yaitu buat email yang dipersonalisasi untuk acara-acara khusus, seperti ulang tahun dan hari jadi dengan penawaran khusus atau diskon pada hari-hari tertentu. Dengan cara ini, penerima menyadari bahwa email tersebut dibuat khusus untuk mereka dan bukan email acak dari email massal yang dikirim ke semua orang. Oleh karena itu, mereka akan peduli untuk menanggapi dan terlibat dengan merek Anda.

       3. Gunakan Email Signature

Hal berikutnya yang perlu Anda fokuskan adalah respon cepat dari pelanggan Anda, yang dapat Anda capai melalui pemasaran tanda tangan email. Tanda tangan email seperti kartu nama dengan informasi profesional seperti nama, jabatan, detail kontak, dan informasi perusahaan yang disertakan dalam email. Perbedaannya adalah bahwa mereka memiliki CTA yang mengarahkan ke situs atau halaman arahan Anda. Oleh karena itu, dengan menggunakan customer engagement strategies lewat signature email di email Anda, Anda memberikan akses cepat ke detail kontak Anda kepada setiap penerima yang menemukan penawaran yang menarik.

       4. Adakan Event Kompetisi/Contest Secara Teratur

Customer engagement strategies melalui kontes memiliki tingkat konversi hampir 34%, yang lebih tinggi daripada jenis konten lainnya. Hal ini karena kontes sangat ampuh untuk menarik perhatian audiens dan melibatkan mereka dalam aktivitas. Pemilik bisnis dan profesional pemasaran meluncurkan customer engagement strategies melalui kontes dari waktu ke waktu, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan konversi. Untuk startup, ini adalah ide yang bagus untuk menarik minat audiens dan memperluas jumlah audiens yang terlibat. Perhatikan bahwa kontes tersebut harus menarik bagi calon pembeli dan bukan sembarang audiens. Oleh karena itu, buatlah customer engagement strategies dengan kontes dengan mengingat target audiens Anda.

       5. Respon Semua Interaksi/Pesan Baru Yang Masuk

Ketika Anda menargetkan keterlibatan pelanggan yang tinggi, tidak ada satu cara yang bisa dilakukan. Sebagai perusahaan rintisan, Anda harus mempertimbangkan untuk menanggapi orang-orang yang terlibat dengan bisnis Anda melalui berbagai cara. Sebagai pemula di industri ini, jangan pilih-pilih. Dalam customer engagement strategies, Anda harus balas setiap tanggapan yang Anda terima melalui email atau komentar melalui postingan atau kampanye media sosial. Ketika Anda membalas komentar sosial, Anda sebenarnya mendorong orang lain untuk ikut serta dalam percakapan dan melibatkan mereka dengan bisnis Anda. Ini juga termasuk ulasan di situs lain, baik yang baik maupun yang buruk. Bagi banyak orang, customer engagement strategies dari menanggapi ulasan adalah hal yang diperdebatkan. Namun, hal ini bisa sangat menguntungkan bisnis baru dalam beberapa cara, sama seperti bentuk interaksi lainnya. Pertama, Anda berhasil melibatkan mereka dengan bisnis Anda. Kedua, hal ini akan menyoroti bidang-bidang yang perlu ditingkatkan dan ketiga, hal ini akan membantu membangun citra merek yang kuat yang akan diingat orang. Selain itu, hal ini juga merupakan praktik manajemen hubungan pelanggan yang baik melalui customer engagement strategies, karena Anda dapat memahami ekspektasi mereka, kekurangan dalam produk atau layanan Anda, dan menentukan solusi untuk peningkatan kualitas. Pada akhirnya, customer engagement strategies Anda akan memperkuat ikatan Anda dengan pelanggan dan meningkatkan peluang untuk mendorong pembelian ulang.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Social Listening Tools di LinkedIn

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights! 

Saat ini Anda bisa mendapatkan jasa dan layanan data analisis yang komprehensif untuk data report bisnis maupun di media sosial. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat berdasarkan pengolahan data percakapan digital. Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industri Anda memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral! Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami