Mengenal Lebih Dekat dengan Social Listening Tools di LinkedIn

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 04 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

"Jangkau pasar yang profesional dengan social listening di LinkedIn, temukan manfaatnya di sini"

Jika Anda sudah dikenal di berbagai platform media sosial dan ingin terus menciptakan konten dan pengalaman hebat untuk audiens, maka “social listening” melalui social listening tools adalah hal yang wajib. Dengan analisis mendalam ini, Anda bisa mengetahui apa yang orang pikirkan tentang merek dan produk perusahaan secara lebih detail.

Apa Itu Social Listening di LinkedIn dan Mengapa Penting?

Social listening di LinkedIn adalah proses memantau percakapan dan reaksi tentang merekmu di dunia maya. Ini membantu kamu memahami evaluasi pengguna terhadap pekerjaanmu dan menemukan area yang perlu diperbaiki. Keuntungan utamanya adalah kamu dapat dengan cepat menemukan umpan balik negatif dan memberikan dukungan pelanggan.

Baca Juga: Bingung Cara Ngadepin Buzzer? Ripple10 Solusinya! 

Cara Melakukan Social Listening di LinkedIn

Setelah mengetahui apa itu social listening dan mengapa hal ini penting, mari kita lihat bagaimana cara melakukan social listening di LinkedIn untuk meningkatkan strategi bisnis Anda.

  • Mengidentifikasi tujuan mendengarkan

Untuk mendapatkan data penting tentang merek Anda, pertama-tama Anda harus menentukan tujuan Anda dalam melakukan social listening. Jika Anda hanya mencari tren terbaru dalam niche dan industri Anda, maka Anda akan mendapatkan banyak ide berguna yang dapat Anda uji untuk merek Anda. Untuk menemukan umpan balik mengenai produk dan layanan Anda, Anda dapat menganalisis percakapan, komentar, dan mention untuk menemukan pendapat pengguna. Setelah Anda menetapkan tujuan Anda untuk mendengarkan secara sosial di LinkedIn, Anda akan dapat menemukan banyak wawasan tersembunyi di postingan dan komentar lain. 

  • Bergabunglah dengan grup di LinkedIn

Untuk melakukan social listening di LinkedIn secara efisien, Anda harus bergabung dengan grup di mana Anda dapat menemukan pengguna dengan minat yang sama dengan Anda. Temukan grup yang relevan yang berfokus pada topik yang sama dengan merek Anda. Anda mungkin akan terkejut melihat orang-orang yang sudah mendiskusikan merek Anda. Dengan bergabung dengan grup-grup ini, Anda akan dengan mudah mengikuti percakapan tentang merek Anda. Dan ini bukanlah sesuatu yang dilakukan oleh semua pesaing Anda, jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk keuntungan Anda.

  • Sesuaikan umpan berita Anda

Ketika Anda ingin menerapkan lebih banyak perubahan yang dapat menarik lebih banyak orang, disarankan untuk menganalisis news feed Anda. Cara Anda menampilkan merek Anda di depan orang-orang sangatlah penting. Anggaplah halaman LinkedIn Anda sebagai paspor merek Anda. Pastikan Anda menyesuaikan umpan berita Anda dan mengatur filter otomatis untuk menghindari spam kepada audiens Anda dengan konten yang tidak perlu. Lebih baik untuk tetap fokus pada dokumen asli dan konten tentang produk dan layanan Anda. Pada akhirnya, hal-hal inilah yang akan menarik minat orang.

  • Lacak sebutan LinkedIn Anda

Salah satu cara yang sangat cerdas dan mudah untuk melakukan social listening di LinkedIn adalah dengan melacak mention Anda di platform ini. Untuk dihitung sebagai mention, seseorang harus secara langsung menandai Anda di sebuah postingan (menggunakan @ di badan postingan atau komentar). Untuk mengakses data ini, Anda hanya perlu menghubungkan akun LinkedIn Anda, masuk ke dasbor analitik dan gulir ke bawah. Jangan lupa untuk menyesuaikan rentang waktu untuk melacak sebutan dalam jangka waktu yang lebih panjang!

  • Lakukan pencarian menyeluruh

Tombol pencarian yang ada di halaman LinkedIn Anda tidak hanya untuk mencari koneksi baru. Anda juga harus menggunakannya untuk mencari topik yang Anda minati atau tren populer di industri Anda. Ketika melakukan social listening di LinkedIn, Anda perlu tahu bahwa tombol pencarian dapat digunakan untuk mencari orang, grup, perusahaan, pekerjaan, dan pesan yang ada di kotak masuk Anda. Setelah Anda memutuskan topik yang Anda minati, batasi pencarian hanya pada "orang" sehingga Anda bisa mengetahui siapa saja yang bisa menjadi koneksi Anda di masa depan. Ini berarti Anda memiliki banyak kesamaan dengan pengguna yang termasuk dalam daftar itu dan Anda harus mengobrol dengan mereka.

  • Mengukur kesehatan merek

Mendengarkan secara sosial di LinkedIn merupakan kesempatan yang bagus untuk mengukur kesehatan merek Anda. Jika Anda menemukan postingan di mana pelanggan mengeluh tentang produk Anda, pastikan Anda memberi tahu tim Anda. Meskipun masalah tersebut mungkin bukan kesalahan Anda, pastikan Anda meminta maaf kepada pelanggan atas pengalaman yang mengecewakan dan berjanji untuk memperbaikinya. Kunci untuk menjaga hubungan yang sehat dengan pelanggan adalah kejujuran. Jawablah pertanyaan mereka secepat mungkin untuk menghindari masalah kecil mereka berkembang menjadi masalah besar. Mungkin beberapa percakapan yang dilakukan orang tentang merek Anda berkaitan dengan dukungan pelanggan Anda. Pikirkan untuk menerapkan beberapa perubahan ke dalam sistem tersebut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

  • Teliti pesaing Anda

Jika wawasan yang Anda kumpulkan dari pelanggan Anda sendiri tidak cukup, pertimbangkan untuk memperluas pencarian Anda ke pesaing Anda. Perhatikan dan pahami bagaimana mereka bereaksi dan merespons situasi dan pesan tertentu. Perhatikan apakah mereka mengatakan sesuatu tentang merek Anda - dan jika perlu, bergabunglah dalam percakapan. Audiens Anda pasti akan menghargai transparansi.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Social Listening Pada Brand

Bagaimana Social Listening dapat Meningkatkan Strategi LinkedIn Anda?

Mendengarkan secara sosial di LinkedIn membantu pemasar menemukan wawasan dalam percakapan dan postingan pengguna tentang merek mereka.

Melakukan social listening di LinkedIn dapat membantu Anda meningkatkan reputasi merek dan membuat konten yang lebih berorientasi untuk menarik audiens yang lebih luas.

  • Pemantauan merek

Dengan melakukan social listening di LinkedIn, Anda dapat memantau performa dan evolusi brand Anda sejauh ini. Melakukannya setiap kuartal akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efisien. Jika Anda memutuskan untuk mencari dengan kata kunci tertentu yang terkait dengan niche dan merek Anda, Anda akan dapat melacak kemajuan perusahaan Anda dan melihat apa yang kurang.

  • Kembangkan strategi kepemimpinan pemikiran

Orang-orang yang bekerja untuk merek Anda, dan terutama para eksekutif, adalah citra merek Anda. Membangun strategi kepemimpinan pemikiran dapat membantu Anda meningkatkan reputasi merek. Strategi kepemimpinan pemikiran Anda menunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki spesialisasi di bidang tertentu.

Karena halaman LinkedIn Anda (jika dibuat dengan benar), orang akan menganggap Anda sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya dalam hal niche Anda.

Inilah cara kepemimpinan pemikiran, melalui perwakilan Anda, membantu Anda mengembangkan kesadaran merek.

  • Kecerdasan sosial yang kompetitif

Karena Anda bukan satu-satunya di industri Anda, persaingan akan muncul dan Anda harus siap menghadapinya dan mengatasinya.Melalui nilai, ide, dan layanan yang Anda tawarkan, Anda harus mencoba melampaui kemajuan pesaing Anda. Bahkan ketika pertempuran berubah menjadi perang, Anda tetap harus memiliki sumber daya yang diperlukan untuk menghadapinya. Dengan memperhatikan perkembangan pesaing, Anda akan mendapatkan akses ke banyak wawasan mengenai strategi pemasaran mereka. Awasi produk dan layanan baru pesaing Anda dan lihat umpan balik apa yang mereka terima dari klien mereka. Hal ini akan membantu Anda menerapkan strategi LinkedIn yang lebih baik untuk merek Anda dan menemukan prospek baru.

  • Manfaat mendengarkan social listening di LinkedIn

Mendengarkan secara sosial di LinkedIn dapat meningkatkan efisiensi strategi merek Anda. Dan ini bukan satu-satunya manfaat. Anda dapat segera mengetahui jika ada pelanggan yang mengeluh tentang produk atau layanan Anda dan menyelesaikan masalahnya sebelum semua orang di LinkedIn melihatnya. Melalui mendengarkan secara sosial, Anda akan menjadi orang pertama yang membaca umpan balik dari klien Anda dan Anda akan mengetahui tren terbaru di industri Anda. Jika Anda merasa masih membutuhkan lebih banyak alasan untuk melakukan social listening di LinkedIn. Cari tahu apa yang diinginkan audiens Anda. Umpan balik audiens Anda memberitahu Anda apa yang mereka inginkan dan data apa yang perlu mereka lihat agar mereka tetap terlibat. Catat dan pikirkan kembali strategi pemasaran Anda di LinkedIn berdasarkan kesukaan dan ketidaksukaan pelanggan Anda. Dengan memenuhi kebutuhan klien, Anda juga dapat meningkatkan reputasi merek karena mereka akan terus membicarakan Anda, memuji produk dan dukungan pelanggan Anda. Dan jika Anda memiliki klien yang senang, Anda pasti memiliki bisnis yang sukses.

  • Temukan prospek

Social media listening tools menunjukkan kepada Anda dalam jenis diskusi apa saja merek Anda disebutkan. Dengan menemukan minat pengguna, Anda dapat mengembangkan persona pembeli. Hal ini akan membantu Anda membangun profil klien ideal Anda. Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencari tahu apa yang membuat mereka tertarik dan memberikannya. Mencari tahu tentang evolusi pesaing Anda juga memberi Anda wawasan tentang apa yang dipikirkan orang tentang layanan mereka. Dengan cara ini, Anda dapat mengubah pengguna tersebut menjadi prospek. Mungkin Anda memiliki produk atau penawaran yang lebih baik untuk mereka dan Anda dapat menarik mereka untuk menjadi pelanggan Anda.

Social listening di LinkedIn memungkinkan Anda untuk mengikuti tren terbaru dan menindaklanjuti umpan balik dari pelanggan untuk menawarkan pengalaman dukungan pelanggan yang terbaik.

Panduan lengkap tentang mendengarkan sosial di LinkedIn ini dapat membantu Anda menyelami seluk-beluknya dan menggunakan data untuk mengembangkan merek Anda di LinkedIn.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Social Listening Tools yang Perlu Anda Coba!

Gunakan Social Listening Tools dari Ivosights Sekarang!

Dengan teknologi kami, Anda dapat memantau percakapan online tentang merek Anda, memahami sentimen pelanggan, dan mendeteksi tren pasar yang sedang berkembang di berbagai platform, termasuk LinkedIn. Dapatkan wawasan mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, dan responsif terhadap perubahan dalam perilaku konsumen. Jadikan Ripple10 dari Ivosights sebagai mitra strategis Anda dalam mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Segera bergabung dengan kami dan raih kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam industri Anda!. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami