Customer Bercerita Pengalaman Buruk? Kenali Dengan Sentiment Analysis!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 04 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock.

"Pengalaman konsumen sangat menentukan sentimennya, Anda harus tahu cara menganalisisnya dengan benar!"

Customer sentiment atau sentimen konsumen adalah perasaan-perasaan baik atau buruk yang telah dirasakan dan dilihat oleh konsumen. Tapi kenapa customer sentiment itu penting? 

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumen lebih sering membelanjakan uangnya sebanyak 140% apabila mereka mendapatkan pengalaman yang positif dengan brand Anda. Pelanggan yang buruk, yang berarti tidak senang dengan produk Anda, akan cenderung mengatakan kepada 16 orang secara rata-rata tentang pengalaman negatif mereka. Namun, pelanggan yang baik, senang terhadap produk Anda, akan cenderung menceritakan pengalaman mereka rata-rata hanya ke 9 orang saja, hampir dua kali lipat!

Melalui customer sentiment analysis, Anda dapat meningkatkan customer satisfaction index dan  loyalitas konsumen yang dapat meningkatkan nilai produk selamanya dan memaksimalkan keuntungan dari perusahaan. 

Apa Itu Customer Sentiment Analysis?

Customer sentiment analysis adalah proses yang secara otomatis mendeteksi emosi-emosi yang terjadi ketika konsumen berinteraksi terhadap produk, layanan, atau merek. Analisis ini menggunakan Natural Language Processing (NLP) atau sekumpulan algoritma yang bisa mendeteksi apakah kondisi emosi konsumen positif, negatif, atau netral. Algoritma customer sentiment analysis utamanya menggunakan 2 parameter untuk menganalisa komunikasi dan mengkategorikannya:

  1. Polaritas – Mengindikasikan apakah emosi positif atau negatif
  2. Magnitude – Mengindikasikan seberapa kuat emosi yang ditimbulkan oleh konsumen

Ripple10 dari Ivosights menyediakan tools yang komprehensif dan detail, Anda hanya mendapatkan hasil yang detail dan rekomendasi langkah yang akan dilakukan setelah mengetahui analisa hasil emosi oleh konsumen. 

Baca Juga: Sistem Kerja Sentiment Analysis dalam Mengambil Data

Customer Sentiment itu penting!

Analisis sentimen konsumen sekarang sudah digunakan banyak perusahaan di bidang manapun, bahkan institusi pemerintah. Karena selain menaikkan keuntungan secara finansial, analisis sentimen juga dapat menjadi pertimbangan utama dalam membuat kebijakan. 

Beberapa manfaat dari customer sentiment analysis:

  • Customer Service yang lebih baik

Satu dari tiga konsumen cenderung meninggalkan merek Anda setelah mendapatkan pengalaman yang buruk. Customer service yang sangat berkualitas menjadi krusial dalam meningkatkan keuntungan bisnis. Menggunakan customer service feedback untuk analisis sentimen konsumen menjadi faktor pembantu yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Analisis ini memberikan insights terhadap bagaimana dan mengapa konsumen mendapatkan emosi negatif dan cara menghalau faktor yang berkontribusi terhadap pengalaman negatif

  • Meningkatkan return on investment (RoI) dari marketing campaigns 

Menggunakan analisis konsumen dapat membantu Anda secara akurat dalam mempengaruhi emosi konsumen terhadap produk kompetitor, yang nantinya akan menyempurnakan product release Anda. 

  • Layanan dan produk yang meningkat

Analisis sentimen dapat membuat Anda mengantisipasi tren industri, mendapatkan inspirasi terhadap pasar baru, dan paham tentang apa yang tidak berjalan mudah dengan penerbitan produk. Anda bisa menggunakan informasi analisis ketika Anda sedang menjelajah pasar baru, launching product, atau ketika meningkatkan kualitas produk yang sudah ada. 

  • Manajemen reputasi merek yang baik

Kasus dari customer sentiment analysis dapat berasal dari monitoring semua media online yang dapat memanajemen reputasi merek secara lebih baik. Sebagai contoh, monitoring sentimen yang ada di Instagram atau TikTok, ulasan produk, forum, dll yang dapat membantu Anda menghentikan ulasan negatif meningkat.  

Baca Juga: Sentiment Analysis, Strategi Branding Bagi Perusahaan

Menerapkan Strategi Berdasarkan Temuan Analisis Sentimen

Terapkan strategi di bawah ini setelah menggunakan digital sentiment analysis untuk pengembangan bisnis Anda:

  • Pengembangan Produk atau Layanan Baru

Jika analisis menunjukkan permintaan tinggi untuk fitur tertentu, pertimbangkan untuk mengembangkan produk atau layanan baru.

  • Personalisasi Komunikasi

Gunakan temuan analisis untuk personalisasi pesan pemasaran dan komunikasi. Ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan.

  • Respon Cepat terhadap Keluhan

Jika ada keluhan atau isu yang muncul, berikan respon yang cepat dan tindakan perbaikan yang diperlukan.

  • Bertindak sebagai Suara Pelanggan

Gunakan sentimen positif sebagai testimoni dan promosi. Berbagi cerita sukses pelanggan dapat membangun kepercayaan di antara calon pelanggan.

Menggali potensi pelanggan dengan digital sentiment analysis adalah langkah penting untuk mencapai kesuksesan bisnis di era digital. Dengan memahami sentimen konsumen, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Pilihlah alat analisis sentimen yang tepat, lakukan pemantauan secara terus-menerus, dan terapkan strategi berdasarkan temuan untuk meraih potensi pelanggan yang lebih besar.

Sudah Siap Menguasai Pasar? Mulai dengan Ivosights Sekarang!

Dengan teknologi kami, Anda dapat memantau percakapan online tentang merek Anda, memahami sentimen pelanggan, dan mendeteksi tren pasar yang sedang berkembang. Dapatkan wawasan mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, dan responsif terhadap perubahan dalam perilaku konsumen. Jadikan Ripple10 dari Ivosights sebagai mitra strategis Anda dalam mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Segera bergabung dengan kami dan raih kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam industri Anda!. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami