Tipe dan Ruang Lingkup Customer Data Management

Sociomation


Penulis : Administrator - Rabu, 17 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer data management. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer data management. Shutterstock

"Customer data management  adalah proses pengumpulan, pengelolaan, dan penggunaan data pelanggan oleh sebuah perusahaan."

Customer data management (CDM) merupakan praktik yang penting dalam mengelola data pelanggan untuk mendukung keberhasilan bisnis. CDM melibatkan pengumpulan, pengelolaan, dan pemanfaatan data pelanggan dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang pelanggan dan memperbaiki pengalaman mereka. Dalam konteks ini, ada beberapa tipe dan ruang lingkup yang perlu dipahami dalam customer data management. Berikut informasinya yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Customer Data Management

Customer data management  adalah proses pengumpulan, pengelolaan, dan penggunaan data pelanggan oleh sebuah perusahaan. CDM melibatkan pengumpulan informasi yang relevan tentang pelanggan, termasuk data pribadi, preferensi, riwayat transaksi, dan interaksi dengan perusahaan. Tujuan utama CDM adalah membangun dan mengelola basis data pelanggan yang komprehensif dan terstruktur untuk mendukung strategi pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan yang lebih efektif.

Customer data management memiliki peran penting bagi perusahaan karena memiliki akses ke data pelanggan dari berbagai sumber. Misalnya dari media sosial, platform online, aplikasi mobile, website perusahaan, dan sumber lainnnya. Perusahaan nantinya akan mampu memperoleh pemahaman secara menyeluruh mengenai pelanggan. Perusahaan juga mampu merespon kebutuhan mereka dengan lebih. Peningkatan kepuasan pelanggan pun dapat terjamin yang mana membawa pelanggan untuk lebih loyal dalam membeli produk dan jasa yang perusahaan tawarkan.

Baca Juga: Apa Itu Customer Data Platform?

Tipe-Tipe Customer Data Management

Apabila data pelanggan telah kengkap dan detail, maka efektivitasnya untuk perusahaan akan semakin positif bagi bisnis perusahaan. Agar efektivitasnya mampu membawa perubahan besar, perlu diketahui terlebih dahulu tipe-tipe dari customer data management ini. Berikut tipe-tipe dari CDM: 

  • Identitas pelanggan

Hal yang paling mendasar dalam mendapatkan informasil dari pelanggan yaitu dengan mengetahui identitas mereka. Contoh dari identitas yang biasanya perusahaan prioritaskan antara lain nama, email, nomor telepon, profil akun member atau website perusahaan, dan media sosial. Data tersebut nantinya dapat dicari lebih mendetail lagi dari pelanggan dengan menanyakan beberapa hal seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan tingkat penghasilan. Perusahaan pun dapat membuat segmentasi yang tepat sekaligus menentukan target pasar dengan komprehensif.

  • Keterlibatan

Tipe yang kedua dari customer data engagement adalah perusahaan harus memiliki data engagement pelanggan. Misalnya dari tingkat seringnya konsumen mengunjungi website bisnis perusahaan Anda dan impression dari setiap postingan media sosial. Gunanya data ini yaitu untuk meningkatkan rasio konversi serta memberikan gambaran mengenai keterikatan antara produk dan konsumen

  • Data perilaku

Tipe data ketiga yang perusahaan perlukan adalah behavior. Data ini merupakan gambaran kebiasaan pelanggan terhadap produk yang mereka beli. Misalnya dari riwayat pembelian, keikutsertaan program langganan, serta catatan pembatalan pesanan.

  • Sikap pelanggan

Data yang terakhir adalah mengenai sikap pelanggan. Data ini merupakan wujud dari pendapat dan kesan konsumen terhadap produk dan jasa yang perusahaan tawarkan kepada publik. Data ini bersifat subjektif sehingga memiliki tingkat yang cukup sulit dalam pengukurannya. Hal ini dikarenakan tidak semua pelanggan bersedia untuk ditanya mengenai data sikap pelanggan.

Ruang Lingkup Customer Data Management

Mengenai ruang lingkup dari customer data management, beberapa hal yang meliputinya antara lain langkah dan proses yang terkait dengan bagaimana suatu pelanggan bisa menjadi salah satu strategi bisnsi terbaik perusahaan. Berikut ruang lingkupnya: 

  • Pengumpulan data

Cakupan dari pengumpulan data pelanggan ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran yang perusahaan miliki, seperti web, telepon, media sosial, formulir online, telepon, dan transaksi penjualan. Data yang dikumpulkan oleh perusahaan  biasanya terdiri dari informasi pribadi, demografi, riwayat pembelian, preferensi produk, interaksi dengan perusahaan, dan lain-lain.

  • Penyimpanan data

Ruang lingkup yang kedua adalah penyimpanan data. Dalam penyimpanan data, customer data management akan memastikan data telah tersimpan dengan baik dan terstruktur. Sehingga data ini akan mudah aksesnya dengan format yang perusahaan telah tetapkan.

  • Analisis data

Customer data management akan menganalisis data untuk mendapatkan berbagai wawasan seperti perilaku konsumen, preferensi produk, serta kebutuhan pelanggan. Tujuannya untuk membantu perusahaan memahami tren, pola pembelian, dan segmentasi pelanggan.

Baca Juga: Memantau Data Pelanggan Anda Dengan Fitur Data Enrichment

  • Segmentasi Pelanggan

Customer data management memungkinkan perusahaan untuk melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan kriteria demografi, preferensi, perilaku pembelian, dan lain-lain yang ada kaitannya dengan proses pelanggan melakukan pembelian suatu produk. Segmentasi ini akan membantu perusahaan dalam melakukan komunikasi dan penawaran produk yang relevan untuk setiap segmen.

  • Penggunaan data

CDM melibatkan pemanfaatan data pelanggan untuk tujuan bisnis yang beragam. Hal ini termasuk penggunaan data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, menciptakan strategi pemasaran, membangun program loyalitas, menyediakan layanan yang lebih baik, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.

  • Keamanan data

Dengan adanya customer data management, keamanan data pelanggan menjadi hal yang sensitif. Perusahaan harus memastikan keamanan data pelanggan dengan melakukan implementasi langkah keamanan yang tepat untuk mencegah akses tidak sah atau kebocoran data.

Optimalkan Customer Data Management dengan Sociomation dari Ivosights

Dengan Ivosights, Anda dapat melakukan customer data management secara optimal. Anda dapat mengelola database pelanggan serta mampu mengelompokkan segmentasi pelanggan melalui Sociomation. Sociomation adalah platform digital yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengoptimalkan data pelanggan. Platform ini memiliki customer data management dengan adanya fitur data enrichment yang berfungsi sebagai platform yang dapat terhubung dengan big data sehingga mampu memperkaya data pelanggan dan mengelolanya dengan baik. Hubungi Ivosights untuk mengenal Sociomation lebih dalam lagi!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami