4 Cara Ciptakan Loyalitas Pelanggan dengan Customer Service

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 22 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

"Melakukan komunikasi dua arah dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi salah satu cara membangun loyalitas pelanggan"

Komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan merupakan hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Interaksi ini akan terbentuk dengan bantuan agen customer service. Untuk menjaga dan mempertahankan hubungan pelanggan agar menjadi loyal bukanlah hal mudah. Apalagi ketika pelanggan yang kecewa pada perusahaan Anda, sudah pasti kekecewaannya tersebut akan menjadi masalah panjang. Untuk mengubah kekecewaan ini menjadi kepercayaan dan loyalitas, diperlukan langkah tepat dan efisien. Berikut ini beberapa cara menciptakan loyalitas pelanggan dengan customer service.

#1 Lakukan Komunikasi Bisnis dengan Pelanggan

Sebisa mungkin lakukan komunikasi bisnis dengan pelanggan. Agen customer service harus menjadi pendengar yang setia bagi pelanggan. Meskipun pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tetap perlakukan mereka secara spesial. Dengarkan segala keluhan dan masalah mereka tanpa Anda memotongnya. Setelah Anda selesai mendengarkan keluhan pelanggan tersebut, mintalah waktu untuk mendapatkan solusinya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai dan dianggap spesial.

#2 Kumpulkan Masalah Pelanggan

Setelah semua keluhan sudah disampaikan oleh pelanggan, Anda sebagai agen harus mengumpulkan keluhan tersebut dan mencari solusi terbaik. Perlu diingat, usahakan jangan terlalu lama ketika mencari solusi karena pelanggan akan tidak nyaman. Agen customer service harus memiliki jiwa dan pengetahuan yang luas, sehingga bisa menyelesaikan masalah pelanggan atau klien dengan cepat.

#3 Menjaga Baik Nama Perusahaan

Agen harus bisa menjaga baik nama perusahaan Anda. Tidak hanya itu, seorang agen juga harus memahami ilmu media sosial karena saat ini banyak yang menggunakan media sosial sebagai gaya hidup. Dengan adanya media sosial ini, pelanggan akan merasa bebas bahwa mereka bisa bercerita apa saja terkait dengan pengalaman yang mereka dapatkan dari produk perusahaan Anda. Agent Customer Service yang baik bisa saja mendekati pelanggan tersebut. Dengan memberikan pendekatan yang ramah, kemungkinan pelanggan akan tidak akan memposting hal tersebut ke media sosialnya. Perlu diingat, cukup satu kali saja ada berita yang jelek dalam media sosial Anda, akan berdampak negatif berkepanjangan bagi perusahaan Anda.

#4 Memiliki Aplikasi Bisnis

Ada baiknya perusahaan menyediakan aplikasi bisnis yang dapat membantu pekerjaan agen customer service. Pasalnya, manusia bisa lupa ketika mengingat semua masalah yang ada. Untuk itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang berhubungan dengan keluh kesah pelanggan agar bisa tersimpan pada aplikasi tersebut. Aplikasi yang dapat mendukung bagi agen customer service yaitu CRM atau customer relationship management. Sociomile salah satu platform yang menyediakan layanan CRM.

Itu dia beberapa cara untuk mengubah pelanggan yang kecewa menjadi loyal dengan bisnis Anda. Walaupun hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan, Anda bisa melakukannya dengan mendekati kembali pelanggan tersebut mulai dari hatinya, maka setelah itu, kemungkinan rasa kecewa atau marah pelanggan akan hilang dengan sendirinya. Sociomile dapat membantu Anda memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami