Memantau Data Pelanggan Anda Dengan Fitur Data Enrichment

Sociomation


Penulis : Administrator - Selasa, 02 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Data enrichment. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Data enrichment. Shutterstock.

"Data enrichment merupakan fitur yang bertujuan mengidentifikasi ketidakakuratan dan melakukan redudansi."

Pengelolaan data pelanggan menjadi hal yang penting untuk mendapatkan informasi. Pengolahan data yang rinci akan membawa keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Namun, dalam mengolah data tidak selalu berjalan mulus, sehingga Anda harus memperbaiki data dengan melakukan enrichment. Enrichment sendiri bertujuan untuk mengidentifikasi ketidakakuratan dan melakukan redudansi, sehingga Anda dapat memantau dan memperkaya data pelanggan dengan fitur tersebut.

Apa Itu Data Enrichment?

Data enrichment adalah tool dan proses yang digunakan untuk meningkatkan atau memperbaiki data mentah (raw data) yang sudah ada. Artinya, data-data dari berbagai sumber digabungkan dalam satu tempat. Kumpulan data ini akan menjadi acuan data yang bermanfaat bagi bisnis. Perusahaan kerap menggabungkan informasi internal dan eksternal untuk meningkatkan kualitas keputusan yang diambil berdasarkan data-data tersebut.

Manfaat Data Enrichment?

#1 Meningkatkan Akurasi Data

Jika Anda hanya memiliki satu dataset, bisa saja keputusan akhir yang diambil berdasarkan informasi akan kurang tepat. Dengan data enrichment membuat daya yang dimiliki lebih kaya, sehingga Anda memiliki banyak informasi dan perspektif lain sebelum mengambil keputusan akhir.

#2 Customer Tergeting yang Lebih Akurat

Data enrichment merupakan cara Anda memiliki data yang akurat dan terkini. Data ini penting untuk campaign marketing yang akurat. Strategi ini dapat meningkatkan konversi dan menghasilkan return on investment yang lebih tinggi.

#3 Meningkatkan Customer Experience

Customer experience atau pengalaman konsumen merupakan hal yang penting untuk memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Semakin baik customer experience yang dapat diberikan berdasarkan data yang lengkap, konsumen akan semakin senang dan merasa terikat dengan brand Anda.

Jenis-jenis Data Enrichment

Jenis data enrichment pun berbeda-beda. Seperti dilansir oleh ofiskita.com, ada berbagai macam pengayaan data yang dibutuhkan oleh pasar.

#1 Contact Data Enrichment

  • E-mail enrichment. Melalui email ini, Anda dapat memberikan daftar domain, nama perusahaan atau prospek, dan mendapatkan email yang divalidasi.
  • Phone enrichment and validation. Anda dapat memperoleh nomor atau mendapatkan set nomor yang sudah divalidasi dan diperkaya.
  • Pengayaan data pelanggan. Tambahkan nama lengkap dengan penulisan yang benar, verifikasi status pekerjaan saat ini, verifikasi jabatan, kualifikasi, dan banyak lagi. ¬†

#2  Social Data Enrichment

Memperkaya data pelanggan dengan profil atau wawasan sosial dengan detail, seperti:

  • Jumlah pengikut/follower.
  • Status akun sosial: aktif atau tidak aktif.
  • Hobi & minat.
  • Iklan perusahaan.

#3 Firmographic Data Enrichment

  • Pendapatan tahunan, jumlah karyawan, status pendanaan, perusahaan induk, industri.
  • Informasi alamat seperti kode pos dan alamat lengkap yang mendetail.

#4 Technographics & Digital Data Enrichment

Mengetahui teknologi apa saja yang digunakan oleh pelanggan dapat membantu Anda mengungkapkan banyak hal. Memiliki wawasan digital juga dapat berpengaruh baik kepada tenaga sales penjualan Anda.

Kini pengelolaan data pelanggan dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan fitur data enrichment. Salah satu platform digital yang dapat memantau data pelanggan Anda dengan fitur data enrichment adalah Sociomation.

Sociomation merupakan Automation Social CRM berbasis skenario yang dilengkapi dengan fitur data enrichment. Berfungsi sebagai platform yang dapat terhubung langsung dengan big data, sehingga secara otomatis akan memperkaya data pelanggan dengan profile behavior secara lengkap. Klik link ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami