CRM System dengan Dukungan AI: Layani Permintaan Pelanggan Lebih Cepat

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM System. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM System. Shutterstrock

"Teknologi AI (Artificial Intelligence) kini dapat dinikmati melalui integrasinya dengan CRM System. Simak ulasannya di sini."

CRM system merupakan salah satu alat yang dapat digunakan perusahaan untuk memfasilitasi permintaan pelanggan, seperti menjawab pertanyaan, menanggapi keluhan, atau memberikan pelayanan digital. Kini, CRM system dapat diintegrasikan dengan teknologi artificial intelligence (AI) untuk memberikan keuntungan maksimal pada penggunanya.

Apa itu CRM System?

CRM system atau customer relationship management system merupakan sistem yang digunakan pebisnis untuk dapat mengoptimalisasi komunikasi dengan pelanggan brand-nya. Diharapkan, interaksi dan komunikasi yang terjalin dengan sistem ini membuahkan hasil positif dan meningkatkan potensi kenaikan profit perusahaan.

CRM system pada umumnya dilengkapi berbagai macam fitur seperti integrasi kanal digital, otomatisasi operasional bisnis, hingga hasil data report dan analisis bisnis. CRM system yang unggul akan mengedepankan aksesibilitas dan alat yang simpel untuk digunakan. Salah satu cara mencapai keunggulan CRM system adalah dengan mengadopsi teknologi AI (Artificial Intelligence).

AI pada CRM system berfungsi supaya pelanggan dapat berkomunikasi, berinteraksi, dan mendapatkan informasi tanpa perlu berbincang langsung dengan agen manusia. Melainkan dengan robot atau mesin. Sehingga, kinerja yang dihasilkan akan jauh lebih cepat dengan waktu aktif yang sangat lama.

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Dipelajari tentang CRM System untuk Bisnis  

Manfaat CRM System Berbasis AI pada Operasional Bisnis

Terdapat berbagai manfaat yang bisa didapatkan pada penggunaan CRM system dengan dukungan AI, yaitu sebagai berikut:

  • Implementasi AI pada Berbagai Kanal Digital

CRM system dengan dukungan AI dapat digunakan pada berbagai kanal digital, seperti WhatsApp, Instagram, dan live chat pada situs web perusahaan. Selain itu, beberapa perusahaan penyedia CRM system juga dapat mengintegrasikan sistem ini pada kanal digital lain sesuai permintaan. Langkah ini dapat memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi dalam kanal digital apa pun.

  • Menghemat Waktu

Teknologi AI pada CRM system memungkinkan pelanggan untuk menghemat waktu ketika berinteraksi dengan perusahaan. Dikarenakan, teknologi AI memang didesain khusus untuk memberikan pelayanan yang cepat dan responsif. Hal ini akan sangat dibutuhkan bagi pelanggan yang membutuhkan informasi secara mendesak.

  • Mengurangi Biaya Operasional

Teknologi AI pada CRM system memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya operasional. Dikarenakan dengan adanya teknologi yang cepat dan efisien tersebut, perusahaan tidak perlu mempekerjakan karyawan secara berlebih. Sehingga, biaya dapat disalurkan pada aspek operasional lainnya.

  • Meningkatkan Profit Perusahaan

CRM system yang didukung AI dapat menyediakan layanan yang responsif bagi perusahaan. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan perusahaan cenderung akan sulit untuk berpindah pada perusahaan kompetitor, melainkan dapat membuka kemungkinan membuat perusahaan dikenal lebih luas. Atas dasar hal itu, profit perusahaan dapat meningkat.

  • Integrasi dengan Sistem Contact Center

Pada beberapa perusahaan penyedia CRM system, dukungan oleh AI ini tidak dapat dijadikan satu-satunya pilihan berinteraksi dengan pelanggan. Tak dapat dipungkiri, terdapat kekurangan dari teknologi ini yang hanya dapat disempurnakan oleh tenaga manusia. Oleh karena itu, pada umumnya sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem contact center lainnya. Sehingga, apabila terdapat permintaan yang tidak dapat terjawab dengan baik oleh AI, pelanggan tetap bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari agen contact center manusia.

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan melalui Implementasi CRM System yang Efektif

Sociomile dari Ivosights: CRM System dengan Dukungan AI Terbaik untuk Bisnis Anda!

Sociomile merupakan suatu platform contact center asal perusahaan yang bergerak di bidang business solution provider di Indonesia, yaitu Ivosights. CRM system ini berhasil memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard dan juga didukung oleh salah satu teknologi berbasis AI, yaitu Sociobot. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien dan membangun sistem operasional bisnis yang efektif, CRM tools tersebut juga merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami