Memahami Konsumen dengan Analisis Audiens pada Social Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 28 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Tools. Shutterstrock

"Brand dapat memahami konsumen secara mendalam dengan analisis audiens pada social listening tools. Pemahaman ini dapat mempengaruhi reputasi digital dan profit."

Era ketika teknologi dan ekonomi terbilang fluktuatif dapat membuat brand kesulitan untuk bertahan dan mencari stabilitas bisnis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun kesan positif suatu brand di kancah digital melalui social listening tools

Apa itu Social Listening Tools? 

Social listening tools merupakan alat yang digunakan suatu brand untuk dapat memantau percakapan digital masyarakat di media sosial, blog, forum online, dan platform digital lainnya. Dengan menggunakan alat ini, brand dapat terus terinformasi dengan tren, isu terkini, hingga opini masyarakat.  Baik mengenai produk dan layanan brand secara spesifik atau mengenai industri terkait. 

Mengenal Analisis Audiens pada Social Listening Tools 

Pada social listening tools, terdapat fitur analisis audiens. Fitur ini bertanggung jawab dalam mengetahui asal mulai penyebaran sebuah isu di kancah digital. Seperti mengetahui siapa audiensnya, alur persebaran, hingga betapa besarnya skala persebaran isu tersebut.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Terarah: Peran Vital Social Listening Tools 

Manfaat Fitur Analisis Audiens pada Social Listening Tools

Analisis audiens pada social listening tools berperan penting dalam perkembangan suatu bisnis. Terdapat beberapa manfaat yang bisa diambil, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Pemahaman Konsumen

Memanfaatkan analisis audiens pada social listening tools bermanfaat untuk memperdalam pemahaman brand terhadap konsumennya. Brand dapat menganalisis preferensi, kebiasaan, dan kebutuhan konsumen secara mendalam. Selain itu, brand dapat menganalisis segmentasi pemasaran berdasarkan demografis untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran.

  • Meningkatkan Customer Engagement

Brand dapat meningkatkan customer engagement melalui social listening tools. Seperti dengan membangun interaksi yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Interaksi yang proaktif juga dapat membantu brand mengidentifikasi tren dan potensi konsumen secara real-time

  • Berpengaruh dalam Perkembangan Produk

Analisis audiens berpengaruh membantu brand mengembangkan produk dan layanannya. Brand dapat menghimpun seluruh feedback yang didapatkan dari konsumen. Sehingga, feedback tersebut dapat diadaptasikan pada perkembangan produknya. 

  • Manajemen Krisis yang Efektif

Social listening tools memungkinkan brand untuk dapat melakukan manajemen krisis dengan efektif. Seperti mendeteksi sentimen negatif sejak awal, sehingga dapat menyusun respon yang sesuai dan efektif ketika tejadinya krisis. Respon baik yang dimaksud berkaitan dengan memberikan pengarahan dan pemahaman pada konsumen terkait dengan kasus yang terjadi.

  • Strategi Pemasaran yang Lebih Optimal

Analisis audiens pada social listening tools juga berpengaruh tingkatkan strategi pemasaran. Suatu brand dapat meningkatkan campaign dan iklan dengan menjaga relevansi konten dengan memantau analisis audiens. Dengan konten yang relevan dan engaging, brand bisa mendapatkan umpan balik dan keuntungan yang baik.

  • Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Social listening tools dapat membantu brand untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumennya. Seperti dengan memahami dan memenuhi kebutuhan audiens, guna memupuk loyalitas pada konsumen. Interaksi yang terjalin secara positif dapat membantu pelanggan untuk tidak mudah berpaling pada brand kompetitor.

  • Meningkatkan ROI

ROI (Return on Investment) merupakan rasio keuntungan dan kerugian dari sebuah investasi apabila dibandingkan dengan jumlah uang yang diinvestasikan. Bagi sebuah brand, hal ini merupakan aspek yang sangat penting untung dijaga dan dipertahankan. Melalui social listening tools, brand dapat mengetahui audiens dengan baik, sehingga dapat mengalokasikan sumber daya pemasaran menjadi efisien dengan fokus pada strategi yang dapat menghasilkan laba tertinggi.

Baca Juga: Peran Social Listening Tools dalam Meningkatkan Kualitas Konten SEO

Ripple10 dari Ivosights: Social Listening Tools Komprehensif untuk Memahami Konsumen Anda!

Dapatkan manfaat dan keunggulan social listening tools dari Ivosights! Ripple10 merupakan social listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami