Jenis-Jenis Algoritma yang Digunakan dalam Machine Learning

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 27 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Machine learning. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Machine learning. Shutterstock.

"Ada berbagai jenis algoritma Machine Learning yang digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti algoritma regresi, klasifikasi, clustering, dan deep learning"

Algoritma dalam machine learning adalah sekumpulan aturan yang digunakan oleh sistem machine learning untuk mengambil keputusan atau membuat prediksi. Algoritma dalam machine learning dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu supervised learning dan unsupervised learning. Supervised learning adalah algoritma yang digunakan untuk membuat prediksi berdasarkan data latihan yang sudah ditandai dengan label atau target yang diinginkan. Sedangkan unsupervised learning adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan struktur atau pola dalam data yang tidak dikenal sebelumnya. Ada berbagai jenis algoritma machine learning yang digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti algoritma regresi, klasifikasi, clustering, dan deep learning.

Apa Itu Algoritma?

Algoritma adalah sekumpulan aturan yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Algoritma dapat didefinisikan sebagai serangkaian langkah-langkah yang harus diikuti secara sistematis dan logis untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu. Algoritma dapat digambarkan dalam bentuk flowchart, pseudocode, atau bahasa pemrograman. Algoritma dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti matematika, komputer, pengambilan keputusan, dan lainnya. Dalam bidang komputer, algoritma digunakan dalam pemrograman untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks.

Baca Juga: Pentingnya Sentiment Analysis dalam Annual Report

Jenis-Jenis Algoritma yang Digunakan dalam Machine Learning

Ada beberapa jenis algoritma yang digunakan dalam machine learning, diantaranya:

  1. Algoritma Regresi: Algoritma ini digunakan untuk memprediksi nilai numerik seperti harga saham, harga properti, atau jumlah penjualan. Algoritma ini digunakan untuk membuat model prediksi yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis.
  2. Algoritma Klasifikasi: Algoritma ini digunakan untuk memprediksi kelas suatu objek seperti mengklasifikasikan email sebagai spam atau tidak spam, atau mengklasifikasikan pasien sebagai menderita penyakit tertentu atau tidak. Algoritma ini digunakan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan klasifikasi.
  3. Algoritma Clustering: Algoritma ini digunakan untuk mengelompokkan objek yang serupa seperti mengelompokkan pelanggan berdasarkan preferensi pembelian, atau mengelompokkan sampel data berdasarkan karakteristik. Algoritma ini digunakan untuk mengidentifikasi pola dan menemukan struktur dalam data.
  4. Deep Learning: Algoritma ini digunakan untuk menyelesaikan masalah yang sangat kompleks seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, atau pengolahan bahasa alami. Algoritma ini digunakan untuk membuat sistem yang dapat belajar secara otomatis dan meningkatkan performanya dengan waktu.
  5. Algoritma Decision Tree: Algoritma ini digunakan untuk membuat suatu diagram pohon yang menyajikan keputusan berdasarkan kondisi-kondisi yang diberikan. Algoritma ini digunakan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan klasifikasi atau regresi
  6. Algoritma Gradient Boosting: Algoritma ini digunakan untuk membuat sekumpulan model yang dapat digabungkan untuk memprediksi hasil. Algoritma ini digunakan untuk membuat model yang lebih kompleks dan akurat dibandingkan dengan menggunakan model tunggal.
  7. Algoritma Random Forest: Algoritma ini digunakan untuk membuat sekumpulan decision tree yang dapat digabungkan untuk memprediksi hasil. Algoritma ini digunakan untuk membuat model yang lebih kompleks dan akurat dibandingkan dengan menggunakan model tunggal.
  8. Algoritma Neural Network : Algoritma ini digunakan untuk menyelesaikan  masalah yang kompleks seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, atau pengolahan bahasa alami. Algoritma ini digunakan untuk membuat sistem yang dapat belajar secara otomatis dan meningkatkan performanya dengan waktu. Neural network dapat digunakan untuk pemrosesan gambar, teks, suara dan video. Neural network juga dapat digunakan untuk tugas-tugas yang memerlukan pembelajaran dari data yang tidak terstruktur.

Baca Juga:Definisi, Tipe dan Manfaat Artificial Intelligence

Dapatkan Software Digital Monitoring Terbaik Hanya di Ivosights!

Anda bisa mendapatkan software analisis data yang komprehensif dan lengkap untuk data report bisnis dan sosial media di Ivosights! Ivosights menyediakan berbagai layanan terkait comprehensive analytics. Ivosights dapat membuat Anda lebih mudah memahami data dan juga dapat memberikan rekomendasi strategi yang tepat untuk kelangsungan bisnis Anda dengan bantuan tim Ivosights yang sudah berpengalaman melakukan analisa mendalam dari berbagai macam data.

Comprehensive analytics dari Ivosights hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan Anda mengelola big data dan mendapatkan insights terbaik. Sebagai penyedia layanan customer engagement terlengkap di bidang ini, Ivosights juga menyediakan layanan Ripple 10 yang dapat membantu Anda memenangkan kompetisi di pasar bisnis.

Ripple 10 dapat menjadi mata-mata perusahaan Anda untuk mengetahui seperti apa sentimen warganet terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada mereka. Bahkan, lebih dari itu, Anda juga bisa mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami