Pahami Fitur-Fitur Kunci pada CRM Terbaik di Pasaran

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 04 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"Ketahui fitur-fitur kunci pada CRM terbaik untuk meningkatkan kualitas hubungan pelanggan bisnis Anda"

CRM application atau customer relationship management application adalah aplikasi yang bertujuan untuk membantu perusahaan mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan. CRM adalah alat yang penting bagi bisnis untuk dapat membangun hubungan dan sistem pelayanan pelanggan yang kuat dan teratur. Dengan banyaknya software CRM yang tersedia di pasaran, memilih CRM terbaik bagi bisnis Anda dapat menjadi hal yang cukup menantang. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang membuat sebuah software CRM menjadi perangkat lunak yang berkualitas. Simak artikel ini mengetahui fitur-fitur kunci yang ada pada CRM terbaik bagi bisnis Anda!

Manfaat Implementasi CRM untuk Bisnis

  • Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik

Fitur-fitur yang ada pada CRM memungkinkan perusahaan untuk melacak, mengumpulkan, dan menganalisis data pelanggan dengan mudah. Melalui data ini, perusahaan dapat mengetahui berbagai hal tentang pelanggan mereka, seperti data demografis, preferensi, sentimen, dan lain-lain. Data ini dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi bisnis dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

  • Pengelolaan Interaksi dan Hubungan Pelanggan

Sesuai namanya, tujuan utama dari customer relationship management atau CRM adalah untuk membantu perusahaan mengelola segala interaksi dan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Fitur-fitur CRM dapat membantu perusahaan untuk mengatur dan melacak berbagai jenis interaksi seperti panggilan telepon, email, pesan atau komentar di media sosial, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjaga hubungan pelanggan yang lebih teratur dan konsisten.

  • Efisiensi Layanan Customer Support

CRM dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi layanan customer support. Dengan fitur-fitur yang terintegrasi dan terkoordinasi dalam satu tempat, serta kemampuan kustomisasi dan otomatisasi, perusahaan dapat melakukan berbagai aktivitas customer support dengan lebih cepat. Hal ini akan membantu meningkatkan response time dalam menghadapi keluhan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Informasi seputar pelanggan yang didapatkan perusahaan melalui CRM dapat membantu perusahaan mengetahui preferensi dan keluhan pelanggan mengenai produk atau jasa mereka. Hal ini dapat digunakan perusahaan untuk mengevaluasi kualitas produk atau jasa mereka dan membuat perbaikan berdasarkan kebutuhan pelanggan.

  • Otomatisasi Pekerjaan

CRM dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu perusahaan untuk mengotomatisasi berbagai pekerjaan, seperti membuat jadwal meeting, mengirim email, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja perusahaan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Customer Retention

CRM juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan tingkat customer retention. Dengan memahami kebutuhan pelanggan dan menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan dapat meningkatkan potensi pelanggan untuk terus menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan customer retention dan juga kesetiaan pelanggan.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Keuntungan utama menggunakan CRM adalah kemampuan perusahaan untuk mendapatkan data mengenai keinginan dan kebutuhan pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan produk atau jasa yang sesuai dengan pelanggan, memastikan bahwa kepuasan pelanggan terpenuhi dengan baik.

  • Meningkatkan Profit Jangka Panjang

Sehubungan dengan semua poin di atas, CRM dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan profit jangka panjang. Dengan meningkatnya kualitas produk atau jasa yang tepat sasaran, kepuasan dan retensi pelanggan, serta efisiensi alur kerja, implementasi CRM dapat membantu perusahaan meningkatkan profit secara terus menerus.

Fitur-Fitur Kunci dari CRM Terbaik

  • Manajemen Kontak

Manajemen kontak atau contact management system adalah salah satu fitur utama pada CRM. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menginput dan mengelola informasi kontak perusahaan, termasuk riwayat interaksi dan preferensi dalam sebuah database sentral. Fitur ini sangat berguna untuk memudahkan operasi kerja sehingga tim dapat menjadi lebih teratur dan produktif.

  • Otomatisasi Workflow

Fitur otomatisasi workflow yang ada pada CRM memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi proses bisnis yang rutin. Hal ini sangat berguna bagi peningkatan efisiensi alur kerja, memungkinkan perusahaan untuk melakukan berbagai aktivitas kerja dengan mudah dan cepat.

  • Manajemen Penjualan dan Proyek

CRM dilengkapi oleh fitur manajemen penjualan dan proyek. Hal ini berarti perusahaan dapat melacak, mengatur, dan bahkan menganalisis proses penjualan dan proyek yang sedang berjalan atau akan dilaksanakan. Fitur ini dapat membantu perusahaan untuk memantau dan mengelola penjualan dan proyek dengan lebih mudah.

  • Analytics and Report

CRM menyediakan fitur analytics and report. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan analisis dan laporan yang detail tentang kinerja penjualan, riwayat interaksi pelanggan, dan lain sebagainya. Data ini sangat penting untuk membantu perusahaan melakukan evaluasi kinerja, mengukur tingkat kesuksesan kampanye, serta menemukan area yang harus diperbaiki atau diubah.

  • Sistem Manajemen Ticketing

CRM dirancang untuk membantu perusahaan mengelola interaksi mereka dengan perusahaan dengan menyimpan berbagai percakapan, pertanyaan, komentar, dan keluhan pelanggan melalui sistem ticketing. Fitur manajemen tiket yang disediakan CRM dapat membantu perusahaan untuk mengakses dan mengatur tiket ini dengan mudah. Dengan begitu, perusahaan dapat menanggapi permintaan dan menangani masalah pelanggan dengan lebih teratur dan efisien.

  • Integrasi dengan Platform Lain

CRM biasanya menyediakan fitur integrasi dengan platform lain. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan perangkat lunak CRM dengan platform operasi kerja yang sudah dimiliki. Fitur ini menjadikan CRM perangkat lunak yang aksesibel dan adaptif, serta dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional secara menyeluruh.

Implementasi CRM Terbaik pada Bisnis

  • Tentukan Tujuan dan Kebutuhan Bisnis Anda

Sebelum memilih CRM, identifikasi tujuan dan kebutuhan bisnis Anda. Lakukan identifikasi tujuan dan kebutuhan bisnis secara mendetail, termasuk mempertimbangkan anggaran, jumlah dan kemampuan tim, serta sistem operasi kerja yang ada.

  • Pilih Perangkat Lunak CRM yang Sesuai

Ada berbagai jenis CRM yang beredar di pasaran dengan keunggulan yang berbeda-beda. Pilihlah CRM yang paling sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnis Anda, memastikan implementasi CRM terbaik yang efektif.

  • Lakukan Sosialisasi dan Training Tim Mengenai Penggunaan CRM

Setelah memilih CRM, pastikan Anda melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap tim yang akan menggunakan CRM. Hal ini sangat penting untuk memastikan seluruh tim familier dengan sistem CRM yang akan digunakan agar dapat menggunakan CRM dengan baik. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi bentuk preventif dalam menghadapi tantangan menggunakan CRM.

  • Implementasi dan Integrasi CRM Secara Bertahap

Lakukan implementasi dan integrasi CRM secara bertahap. Hal ini akan memberikan waktu bagi seluruh tim untuk beradaptasi dengan sistem CRM yang baru secara mulus.

  • Monitor dan Evaluasi Penggunaan CRM

Pantau penggunaan CRM secara teratur dan lakukan evaluasi. Ketahui sejauh mana CRM telah membantu peningkatan hubungan pelanggan dan kualitas kerja. Degan mengetahui hal ini, Anda dapat melakukan perbaikan dan peningkatan yang dibutuhkan bagi bisnis.

Baca Juga: Wujudkan Kemudahan Komunikasi dengan Pelanggan Melalui Social CRM

Gunakan CRM Terbaik, Sociomile!

CRM menjadi salah satu alat terpenting dalam mengoptimalkan hubungan pelanggan dan menjamin kesuksesan bisnis jangka panjang. Memilih CRM yang terbaik bagi bisnis Anda dapat menjadi sesuatu yang menantang. Namun, jangan khawatir, Sociomile adalah solusinya! Sociomile adalah sistem contact center terlengkap yang mengintegrasikan berbagai jenis kanal digital dalam satu dashboard, memungkinkan Anda untuk melakukan pengelolaan hubungan pelanggan yang mudah dan customizable. Dengan berbagai fitur seperti helpdesk management, real time wallboard, hingga ticketing system, Sociomile menjadi salah satu pilihan CRM terbaik di Indonesia. Hubungi Ivosights sekarang dan dapatkan CRM terbaik bagi bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami