CRM Omnichannel: Definisi, Manfaat, serta Strategi Implementasi Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 14 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"Perusahaan dapat menggunakan CRM Omnichannel sebagai upaya meningkatkan keuntungan bisnis. Simak ulasannya di sini!"

Pada era digital yang dinamis, pelaku bisnis perlu memberlakukan berbagai macam strategi untuk meningkatkan keuntungan dan menjaga stabilitas suatu bisnis. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui Customer Relationship Management atau CRM. Kini, terdapat inovasi strategi CRM yaitu dengan memberlakukan sistem integrasi yang dinamakan CRM Omnichannel.

Apa itu CRM Omnichannel?

CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi atau cara yang dilakukan perusahaan untuk membangun hubungan yang positif dengan pelanggan dan calon pelanggan mereka. Dengan menjaga interaksi yang baik, perusahaan dapat membangun loyalitas pelanggan yang nantinya akan berdampak pada peningkatan penjualan dan keuntungan. Salah satu cara menerapkan strategi CRM ini adalah dengan menggunakan perangkat lunak khusus.

Salah satu jenis CRM yang sering digunakan oleh perusahaan adalah CRM Omnichannel. Omnichannel mengacu pada sistem integrasi beberapa jenis perangkat menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Ivosights menyediakan CRM Omnichannel, berupa satu dasbor yang berisi integrasi 12 kanal digital dan voice, seperti Facebook, WhatsApp, E-Mail, Instagram, Line, dan lain-lainnya. CRM Omnichannel ini dinamakan Sociomile Omnichannel. Tak hanya itu, Sociomile juga didukung oleh fitur ChatBot dan call center selaku perangkat turunan.

Baca Juga: Mengenal Sociobot: Implementasi Teknologi Berbasis AI pada Software CRM   

Manfaat CRM Omnichannel 

Terdapat beberapa manfaat dari CRM Omnichannel yang dapat mendukung operasional suatu bisnis, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Customer Experience

Dengan menggunakan dasbor CRM Omnichannel, perusahaan dapat memastikan karyawan dapat merespon seluruh keluhan, pertanyaan, dan saran dari pelanggannya secara maksimal. Dikarenakan dasbor ini berisi 12 kanal digital dan voice, karyawan customer service dapat merespons pelanggan tanpa perlu menghabiskan waktu untuk berpindah kanal antar satu dan lainnya. Kecepatan respons tersebut pada akhirnya berdampak pada meningkatnya customer experience dan kepuasan pelanggan.

  • Mempermudah Alur Kerja Karyawan

CRM Omnichannel menyediakan fasilitas custom workflow yang memungkinkan karyawan untuk dapat mengatur alur kerjanya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Selain itu, dasbor tersebut juga dapat diakses dari mana saja. Sehingga, karyawan dapat bekerja secara fleksibel atau WFH (Work From Home).

  • Memudahkan Perusahaan Memantau Customer Center

Terdapat beberapa jenis fitur CRM Omnichannel seperti report dan realtime monitoring. Fitur report ini berisi laporan dasbor harian, mingguan, serta bulanan yang dapat diunduh dengan mudah. Sementara realtime monitoring ini mengacu pada pemantauan kinerja agen secara langsung. Kedua fitur ini dapat memudahkan perusahaan untuk dapat memantau customer center tersebut dengan mudah dan maksimal.

Penerapan CRM Omnichannel pada Bisnis

  • Menggunakan Automatic Blast Engine untuk Informasi

Dasbor CRM Omnichannel memiliki fitur automatic blast engine yang memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan pesan secara massal pada kontak pelanggannya.  Fitur ini dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk menyebarkan informasi seperti informasi tawaran, diskon, informasi campaign, atau informasi mengenai suatu acara. Dengan fitur tersebut, pelanggan dapat terus mendapatkan informasi paling up-to-date mengenai perusahaan dan ikut berpartisipasi pada aktivitas tersebut.

  • Penerapan Automatic Scheduled Content pada Pemasaran

Perusahaan bisa memanfaatkan konten pemasaran sebagai cara untuk menyebarkan informasi tentang produk mereka. Konten kreatif ini bisa berupa tulisan, video, atau bentuk kerjasama dengan public figure. Perusahaan dapat menggunakan fitur automatic schedule content di Sociomile untuk mendukung strategi ini, di mana konten akan dibagikan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan fitur tersebut, perusahaan dapat membuat perencanaan konten dengan lebih terstruktur.

  • Mengoptimalkan Customer Service

Optimalisasi customer service merupakan tujuan utama penggunaan CRM Omnichannel. Perusahaan yang memiliki customer service yang baik akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Apabila pelanggan merasa puas dengan layanan yang disediakan, akan tercipta loyalitas atau brand loyalty pada perusahaan tersebut. Sehingga, pelanggan tidak akan mudah berpaling terhadap perusahaan kompetitor lainnya.

  • Menggunakan ChatBot untuk Optimalisasi Komunikasi

Perusahaan dapat memiliki customer center yang didukung oleh artificial intelligence (AI) pada fitur ChatBot-nya. Bot ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi tanpa perlu berinteraksi langsung dengan agen atau karyawannya. Bot ini dapat diakses dalam jangka waktu 24 jam dan didukung oleh berbagai macam sistem, yaitu natural language proccessing atau memudahkan bot untuk mengetahui bahasa pelanggan secara natural. Perusahaan dapat menyusun informasi mengenai produk, layanan, harga, alur transaksi atau diskon yang sedang berlaku pada bot tersebut.

  • Integrasi dengan Ripple10

CRM Omnichannel yang ditawarkan Ivosights memiliki fasilitas untuk berintegrasi dengan Social Media Listening Tools, yaitu Ripple10. Ripple10 merupakan perangkat bagi perusahaan untuk mengetahui percakapan pelanggan di media sosial, blog, dan forum online. Perangkat tersebut akan diakumulasikan dan disusun berdasarkan beberapa kategori sentimen, yaitu positif, negatif, dan netral. Dengan mengetahui berbagai kategori tersebut, perusahaan dapat menjaga reputasi brand secara digital.

Tertarik Gunakan CRM Omnichannel? Ivosights solusinya!

Ivosights menyediakan platform CRM Omnichannel bernama Sociomile, yaitu suatu platform contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dasbor dan didukung oleh salah satu teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), yaitu Sociobot. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien, platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami