Di era yang serba digital ini semua kebutuhan informasi tidak lagi terbatas. Salah satunya kebutuhan informasi seputar pendidikan. Hal ini pastinya membantu seluruh pelajar hingga tenaga didik dalam mempersiapkan materi pembelajaran yang lebih tersusun. Namun, sangat disayangkan masih sering dialami oleh para orang tua dan siswanya kesulitan mencari informasi seputar pendidikan. Di sinilah contact center menjadi kunci untuk menangani seluruh keluhan yang ada. Karena, layanan contact center ini siap memberikan konsultasi pendidikan gratis secara 24/7 hanya dalam satu kali panggilan atau pesan saja. 

Apa itu Layanan Contact Center Pendidikan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Layanan contact center pendidikan adalah solusi yang memungkinkan institusi pendidikan, seperti sekolah, universitas, atau lembaga pelatihan, untuk memberikan informasi, bantuan, dan konsultasi kepada siswa, orang tua, atau calon siswa secara efisien melalui berbagai saluran komunikasi. Layanan ini tidak hanya memudahkan akses ke informasi akademik, tetapi juga membantu menjawab pertanyaan terkait administrasi, pendaftaran, beasiswa, jadwal kelas, hingga masalah teknis. 

Tentunya cara kerjanya pun sangat mudah. Dikarenakan, layanan contact center ini biasanya menggunakan multisaluran komunikasi atau omnichannel. Platform komunikasi tersebut dapat berupa, WhatsApp, email, telepon, hingga masih banyak lagi. Maka dari itu, dengan layanan contact center pendidikan, institusi mampu meningkatkan efisiensi, kualitas pelayanan, dan kenyamanan untuk pihak yang membutuhkan. Jadi, institusi pendidikan Anda siap untuk menuju ke era digital yang lebih baik? Jika, iya mari simak manfaat yang didapatkan institusi pendidikan dalam menyediakan layanan contact center di bawah ini.

Manfaat Institusi Pendidikan Menyediakan Layanan Contact Center

Setelah memahami pentingnya contact center untuk industri pendidikan, tentunya ada beberapa manfaat penting yang dapat diperoleh dengan menyediakan layanan contact center. Apa saja manfaat layanan contact center tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Layanan contact center menyediakan akses langsung bagi siswa, orang tua, dan tenaga didik untuk memperoleh informasi penting seputar pendaftaran, jadwal, kurikulum, dan program studi. Pastinya, contact center sangat membantu mempercepat proses pencarian informasi tanpa harus datang ke institusi secara langsung.

Jika, institusi pendidikan Anda menyediakan layanan contact center, Anda dapat memberikan layanan yang lebih responsif dan personal. Dengan ini bertujuan untuk peningkatan kepuasan siswa dan orang tua, perihal pertanyaan atau keluhan yang diberikan dapat ditangani dengan cepat dan profesional oleh institusi.

Dengan menyediakan layanan contact center, institusi pendidikan dapat menjangkau calon siswa dan komunitas dari berbagai daerah. Karena, dengan contact center tidak ada pembatasan wilayah sehingga institusi pendidikan mampu mempromosikan program-programnya ke calon siswa atau tenaga didik secara cepat. 

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

Teknologi Terbaru dari Penyedia Layanan Contact Center

Tetapi, apakah Anda sudah tahu bahwa ketika institusi pendidikan Anda menyediakan layanan contact center ini, Anda dapat memanfaat teknologi terbarukan ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan? Penasaran dengan teknologi apa saja yang dapat digunakan untuk penyedia Iayanan contact center? Cari tahu di bawah ini:

Teknologi pertama yang dapat Anda manfaatkan saat menyediakan layanan contact center ialah fitur chatbots dan AI-nya. Dengan teknologi kecerdasan buatan ini Anda bisa dengan mudah mengatasi atau memberikan informasi secara cepat dengan bantuan pesan otomatis.

Kemudian, ada teknologi ticketing atau antrian yang mana ketika pertanyaan atau masalah yang masuk dari siswa atau orang tua akan langsung berubah menjadi tiket, yang kemudian didistribusikan ke tim yang sesuai. Misalnya, pertanyaan tentang pendaftaran akan diarahkan ke tim administrasi, sementara masalah teknis akan dikirim ke tim IT. Sistem ini memastikan setiap pertanyaan dapat dikelola dan dipantau hingga selesai oleh penyedia layanan contact center.

Lalu, penyedia layanan contact center akan mendapatkan bantuan dalam menangani seluruh keluhan dengan teknologi komunikasi secara real-time. Komunikasi secara real-time ini adalah layanan secara langsung yang diberikan oleh setiap industri agar dapat berinteraksi dengan pelanggan tanpa adanya penundaan.

Institusi pendidikan dapat memanfaatkan layanan contact center untuk mengukur kepuasan siswa dan orang tua maupun tenaga didik. Semua feedback yang diterima dapat membantu meningkatkan kualitas layanan atau proses internal.

Solusi Masa Depan Pendidikan: Contact Center Sociomile dari Ivosights, Jawabannya!

Siap menuju masa depan pendidikan yang lebih memadai? Yuk, mulai gunakan layanan contact center untuk memudahkan penyebaran informasi seputar pendidikan antar institusi dengan siswa, orang tua, hingga tenaga didik. Ditambah lagi, Ivosights menyediakan produk Sociomile yang siap membantu Anda dalam melakukan interaksi pelanggan dari berbagai kanal secara efektif dan efisien tanpa perlu membuka platform berbeda satu persatu. Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan Voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda (Custom Workflow). Sociomile menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai Workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang di develop secara cepat dengan dukungan tim lokal. Tertarik? Hubungi Ivosight dan gunakan produk Sociomile sekarang juga!