Teknologi Call Center BPO: SIP Trunk, Layanan Telepon melalui Internet

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstrock

"Telusuri keunggulan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan fasilitas SIP Trunk yang disediakan oleh call center BPO melalui artikel berikut."

Perkembangan teknologi mendorong perusahaan untuk terus memperbaiki strategi dan efisiensi operasional mereka, sedangkan ekonomi yang fluktuatif mewajibkan perusahaan untuk menjaga stabilitas bisnis mereka dalam lingkungan yang semakin kompetitif. Kunci untuk mempertahankan stabilitas bisnis adalah dengan memelihara hubungan yang solid dengan pelanggan serta memastikan standar kualitas produk dan layanan tetap terjaga. Salah satu cara yang efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan meningkatkan efisiensi call center melalui layanan call center BPO, dengan fitur yang disediakan termasuk SIP Trunk.

Apa itu Call Center BPO?

Call center merupakan unit bisnis yang berfungsi sebagai pengelola berjalannya komunikasi melalui panggilan telepon, baik dengan klien maupun pihak eksternal. Call center berperan penting dalam memberikan informasi produk, menangani masalah, dan memfasilitasi transaksi melalui panggilan telepon. Untuk dapat mengelola call center yang maksimal, perusahaan memilih untuk menggunakan jasa Business Process Outsourcing (BPO). Dengan call center BPO, perusahaan dapat mengalihkan sebagian tanggung jawab operasional mereka ke pihak call center BPO.

Mengenal Layanan SIP Trunk

Umumnya, call center BPO menyediakan layanan SIP Trunk, yaitu layanan telekomunikasi yang menggunakan protokal Session Initiation Protocol (SIP) untuk menghubungkan jaringan telepon ke internet. Teknologi SIP Trunk ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon ke luar atau outbound call, serta menerima panggilan telepon atau inbound call. Selain itu, layanan SIP Trunk juga dapat menerima fax dan panggilan konferensi. Dengan menggunakan layanan SIP Trunk, perusahaan dapat meninggalkan sistem telepon tradisional yang sifatnya tidak terlalu simpel.

Baca Juga: Tertarik Menggunakan SIP Trunk? Simak Cara Konfigurasinya Disini! 

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan SIP Trunk?

Untuk mendapatkan layanan SIP Trunk, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Penelitian dan Evaluasi

Mulailah dengan melakukan penelitian tentang penyedia layanan SIP Trunk yang tersedia di pasar. Evaluasi berbagai opsi berdasarkan kebutuhan bisnis Anda, termasuk fitur, harga, keandalan, dukungan pelanggan, dan ulasan pengguna.

  • Kontak Penyedia Layanan

Setelah Anda memilih beberapa penyedia layanan yang menarik, hubungi mereka untuk meminta informasi lebih lanjut. Diskusikan kebutuhan bisnis Anda, tanyakan tentang paket layanan yang mereka tawarkan, termasuk harga, fitur, dan persyaratan kontrak.

  • Penyesuaian dengan Kebutuhan

Diskusikan dengan penyedia layanan tentang kebutuhan spesifik bisnis Anda. Beberapa penyedia layanan mungkin menawarkan paket standar, sementara yang lain dapat menyesuaikan solusi sesuai dengan kebutuhan khusus Anda.

  • Pemilihan Paket

Pilih paket layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan untuk memperhatikan aspek-aspek seperti jumlah saluran yang dibutuhkan, fitur tambahan seperti panggilan konferensi atau rekaman panggilan, dan tingkat dukungan teknis yang disediakan.

  • Implementasi dan Konfigurasi

Setelah memilih penyedia layanan dan paket yang tepat, mulailah proses implementasi dan konfigurasi SIP Trunk. Biasanya, penyedia layanan akan membantu Anda dalam langkah-langkah ini, termasuk konfigurasi perangkat keras atau perangkat lunak yang diperlukan.

  • Uji Coba dan Pelatihan

Setelah konfigurasi selesai, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa layanan berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Pastikan untuk memberikan pelatihan kepada staf Anda tentang cara menggunakan layanan SIP Trunk dengan efektif.

  • Evaluasi dan Pemeliharaan

Lakukan evaluasi rutin terhadap layanan SIP Trunk Anda untuk memastikan bahwa ia tetap memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Perbarui dan tingkatkan layanan sesuai dengan perubahan dalam kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, pastikan untuk melakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan kinerja yang optimal.

Manfaat Menggunakan Layanan SIP Trunk

Menggunakan layanan SIP Trunk dapat menuai berbagai macam manfaat bagi pebisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi Biaya Komunikasi

Penggunaan telepon tradisional cenderung menghabiskan biaya yang cukup besar apabila dibandingkan dengan biaya menggunakan koneksi internet. Oleh karena itu, dengan menggunakan teknologi SIP Trunk, Anda dapat mengurangi biaya operasional dan dapat mengalokasikan biaya tersebut untuk aspek lainnya.

  • Fleksibilitas Tinggi

SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk mengakses layanan telepon dari lokasi manapun. Fasilitas tersebut memudahkan perusahaan untuk bekerja secara jarak jauh atau bekerja dengan tim yang tersebar di berbagai lokasi.

  • Sistem Integrasi Mudah

Beberapa call center BPO menyediakan fasilitas integrasi dengan aplikasi lain, seperti sistem CRM (Customer Relationship Management). Dengan menggunakan layanan SIP Trunk, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan mempermudah pengelolaan panggilan telepon dengan sistem integrasi tersebut.

  • Mendukung Skalabilitas

Perusahaan dengan skala menengah atau besar pada umumnya membutuhkan bantuan untuk mengelola operasional perusahaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan call center BPO. Sehingga, perusahaan dapat dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas panggilan sesuai kebutuhan.

  • Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan penggunaan SIP Trunk, perusahaan dapat meningkatkan kualitas panggilan dan mengurangi delay dari suara panggilan serta mengurangi masalah teknis lainnya. Sehingga, sistem komunikasi akan terjalin dengan mudah dan tanpa hambatan. Dengan sistem yang komprehensif tersebut, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam bertransaksi dan berkomunikasi.

  • Keamanan Jaringan Telepon yang Terjamin

Penggunaan SIP Trunk dapat membantu perusahaan menjamin keamanan call center. Hal ini dapat dilakukan karena teknologi ini menggunakan enkripsi untuk menjaga keamanan panggilan telepon. Sehingga, membantu minimalisasi risiko kebocoran informasi penting.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Bisnis dengan SIP Trunk

Berminat Gunakan Teknologi Call Center BPO? Ivosights Solusinya!

Ivosights merupakan penyedia SIP Trunk yang menawarkan layanan telepon dan komunikasi digital terpercaya dengan beragam keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut adalah SIP Trunk pada call center BPO Ivosights menggunakan teknologi IP Base Telephony Solution dan dapat terintegrasi dengan CRM Sociomile Voice. Call center BPO Ivosights juga merupakan partner resmi Telkom, Smartfren, dan Indosat dengan biaya instalasi gratis. Berminat menggunakan bantuan layanan call center BPO? Segera hubungi Ivosights! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami