Macam-macam Bisnis yang Membutuhkan alat Digital Listening

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 22 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock.

"Digital listening adalah alat yang cocok untuk melihat pandangan masyarakat tentang brand. Ada beberapa bisnis utama yang harus menggunakan digital listening."

Bisnis yang baik tidak hanya fokus pada pemasaran aktif, tetapi juga harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka. Tak hanya itu, bisnis yang baik juga harus memahami reputasi bisnis. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui penggunaan digital listening tools. Alat-alat ini memungkinkan bisnis Anda untuk memantau dan menganalisis percakapan, ulasan, dan umpan balik pelanggan secara online. Pemahaman kebutuhan pelanggan dan pemahaman reputasi penting untuk merencanakan strategi bisnis.

Digital Listening Tools

Digital listening tools merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengawasi dan menganalisis obrolan daring, termasuk media sosial, ulasan produk, forum diskusi, dan platform lainnya. Alat-alat ini menggunakan teknologi analitik dan pemrosesan bahasa alami untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang dihasilkan oleh pengguna internet. Dengan memanfaatkan digital listening tools, sebuah bisnis dapat memperoleh pemahaman yang berharga tentang preferensi pelanggan, tren industri, dan citra merek.

Macam-macam Bisnis yang Membutuhkan Digital Listening Tools

Semua bisnis memang membutuhkan strategi bisnis yang baik, strategi yang baik diperoleh dari data bisnis dan pelanggan yang lengkap pula. Data untuk strategi bisnis bisa kita dapatkan dari alat digital listening. Namun, ada beberapa bisnis tertentu yang memang wajib menggunakan alat digital listening untuk kepuasan dan strategi bisnis yang tepat. Walaupun begitu tak menutup kemungkinan bahwa bisnis di luar itu membutuhkan alat digital listening juga. Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang sangat membutuhkan digital listening tools.

  • Bisnis e-commerce

Bisnis e-commerce beroperasi secara online dan memiliki banyak interaksi dengan pelanggan melalui platform digital. Digital listening tools memungkinkan bisnis e-commerce untuk memantau komentar pelanggan, ulasan produk, dan percakapan sosial terkait dengan brand bisnis tersebut. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kecenderungan pelanggan, bisnis e-commerce dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, menyesuaikan strategi pemasaran, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Fungsi Analisis Sentimen Pelanggan untuk Bisnis Digital

  • Bisnis Pelayanan Pelanggan

Bisnis yang fokus pada layanan pelanggan, seperti perusahaan telekomunikasi atau penyedia layanan internet, dapat menggunakan digital listening tools untuk memantau dan merespons keluhan pelanggan dengan cepat. Dengan mengetahui keluhan pelanggan secara real-time, Anda dapat mengambil tindakan yang untuk memecahkan masalah dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Ini biasa biasa kita temukan di aplikasi Twitter, ketika ada yang terkendala maka admin akan me-reply tweet tersebut dan merespon customer.

  • Bisnis Perhotelan

Dalam industri perhotelan, ulasan online dan umpan balik pelanggan sangat penting. Digital listening tools memungkinkan bisnis perhotelan untuk memantau ulasan hotel, komentar tentang fasilitas, dan preferensi pelanggan. Dengan memahami harapan dan kebutuhan pelanggan, bisnis perhotelan dapat meningkatkan kualitas layanan mereka, menyesuaikan strategi pemasaran, dan membangun reputasi yang baik.

  • Bisnis Ritel

Bisnis ritel, baik offline maupun online, dapat menggunakan digital listening tools untuk memahami preferensi pelanggan, tren produk, dan persaingan di pasar. Dengan menganalisis data dari percakapan online, bisnis ritel dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam hal stok barang, penawaran promosi, dan strategi pemasaran.

Baca juga: Efektifkan Digital Listening dengan Cara Berikut Ini!

Contoh Aplikasi Digital Listening Tools

  • Social Mention

Social Mention adalah alat pemantau media sosial yang memungkinkan Anda untuk melacak seberapa sering merek Anda disebut di dalam platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Alat ini juga memberikan analisis sentimen, yang membantu bisnis dalam memahami pandangan positif atau negatif tentang bisnis Anda.

  • Google Alerts

Google Alerts memungkinkan bisnis untuk menerima pemberitahuan otomatis tentang kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Ketika kata kunci tersebut muncul dalam berita, ulasan, atau konten online lainnya, Anda akan diberitahu melalui email. Alat ini membantu bisnis Anda dalam memantau berita terkini seputar industri Anda dan memahami tren yang sedang berkembang. Namun informasi yang diberikan terbatas, sehingga kurang memberikan wawasan.

  • Brandwatch

Brandwatch adalah platform pemantauan media sosial yang canggih yang memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis percakapan online tentang brand Anda. Alat ini memberikan wawasan mendalam tentang sentimen pelanggan, pengaruh influencer, dan tren yang relevan dengan bisnis. Namun biaya Brandwatch masih tergolong mahal, sehingga tidak cocok untuk usaha kecil atau perseorangan.

  • Ripple10

Ripple10 adalah digital listening tools yang dapat memantau percakapan online dari berbagai platform. Tak hanya memantau, Ripple10 juga mampu mengidentifikasikan sentimen percakapan tentang brand Anda, negatif, positif, atau bahkan netral. Aktivitas digital kompetitor bisnis Anda juga dapat dilihat melalui Ripple10. Dengan Ripple10 semuanya dapat terlihat. Masih banyak fitur lainnya yang dimiliki Ripple10, hal inilah yang membuat Ripple10 lebih unggul daripada alat digital listening yang lainnya.

Dapatkan Ripple10 Hanya di Ivosights!

Digital listening tools adalah alat yang sangat berguna bagi bisnis dalam memantau dan menganalisis percakapan online. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang preferensi pelanggan, tren industri, dan reputasi merek. Seperti penjelasan di atas, Ripple10 memiliki keunggulan fitur yang sangat lengkap, bahkan perusahaan penyedianya, yaitu Ivosights, sudah menjadi kepercayaan lebih dari 500 mitra bisnis. dapatkan Ripple10 segera, hanya di Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami