Bagaimana Chatbot Flow Builder Bantu Tingkatkan Interaksi Pelanggan?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 28 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Interaksi pelanggan dapat ditingkatkan dengan menggunakan chatbot flow builder."

Salah satu alat yang muncul sebagai solusi untuk meningkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan adalah chatbot. Supaya dapat meningkatkan interaksi ini, chatbot dapat menggunakan platform chatbot flow builder sebagai alat pembantu. Sebelum memasuki tentang bagaimana chatbot flow builder dapat meningkatkan interaksi pelanggan, Anda perlu menyimak terlebih dahulu apa pengertian chatbot flow builder itu sendiri.

Pengertian Chatbot Flow Builder

Chatbot flow builder merupakan sebuah alat untuk merancang dan mengatur alur percakapan chatbot dengan mudah secara efisien. Dengan desain visual yang intuitif, Anda dapat membuat alur chatbot yang terstruktur dan responsif tanpa perlu memahami ilmu pemrograman secara mendalam. Chatbot flow builder ini menyediakan berbagai fitur, seperti penanganan pertanyaan yang umum dan pemrosesan bahasa alami (NLP).

Baca juga: Bangun Alur Chatbot dengan Chatbot Flow Builder

Pentingnya Penggunaan Chatbot Flow Builder

  • Penghematan Waktu dan Sumber Daya

Perusahaan Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya yang digunakan berkat pengaturan alur chatbot yang efisien. Dengan flow builder, chatbot dapat memberikan respons dan solusi secara instan untuk setiap pelanggan tanpa membutuhkan bantuan dari agen manusia.

  • Konsistensi dan Akurasi

Menyusun alur chatbot supaya terstruktur menggunakan sistem ini akan memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan respons relevan sesuai permintaan.

  • Skalabilitas

Perusahaan Anda dapat menggunakan sistem ini untuk memperluas dan mengubah alur chatbot sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan. Anda dapat menambahkan langkah-langkah baru, menyempurnakan respons, atau mengubah logika kondisional.

  • Peningkatan Layanan Pelanggan

Dengan adanya chatbot flow builder, interaksi pelanggan menjadi lebih baik dan responsif. Pelanggan akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka secara cepat, memperoleh bantuan dalam penyelesaian masalah, dan diberikan pelayanan maksimal.

Cara Kerja Chatbot Flow Builder

Berikut ini adalah cara kerja sistem chatbot flow builder:

  • Merancang Alur Chatbot

Mulailah merancang alur chatbot dengan memanfaatkan tampilan interaktif oleh chatbot flow builder. Tentukan langkah-langkah, kondisi, beserta respon yang diberikan oleh chatbot.

  • Menambahkan Pertanyaan dan Respons

Kemudian, Anda juga dapat menambahkan Frequently Ask Question (FAQ) Dalam setiap langkah chatbot. Berikan juga respons menyesuaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Proses mendesain chatbot ini akan lebih mudah jika Anda memanfaatkan Natural Language Processing atau template respons yang sudah ada.

  • Mengatur Logika Kondisional

Dengan chatbot flow builder, Anda dapat membuat alur percakapan yang bercabang berdasarkan permintaan atau preferensi yang diakses setiap pelanggan melalui .

  • Mengintegrasikan dengan Platform Chatbot

Setelah selesai merancang alur percakapan chatbot, chatbot dapat diintegrasikan dengan platform lainnya yang digunakan oleh perusahaan, seperti WhatsApp atau website resmi. Dengan mengintegrasikan chatbot, pelanggan akan diberikan kebebasan untuk mengaksesnya melalui platform yang mereka gunakan secara reguler.

Peningkatan Interaksi Pelanggan dengan Menggunakan Chatbot Flow Builder

Dengan menggunakan chatbot flow builder, interaksi pelanggan dapat ditingkatkan dengan mengikuti cara-cara berikut:

  • Respon Cepat dan Instan

Chatbot flow builder memudahkan Anda untuk menghasilkan rancangan alur chatbot yang responsif dan bekerja secara instan kepada pelanggan. Dengan ini, pelanggan tidak perlu menunggu lama lagi demi mendapatkan bantuan atau informasi yang dibutuhkan.

  • Panduan dan Bantuan yang Tepat

Anda dapat mempertimbangkan untuk menaruh beberapa pertanyaan dan masalah umum yang sering dialami oleh pelanggan. Dengan sistem ini, chatbot dapat memberikan panduan dan bantuan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Penyaringan dan Penugasan

Dengan menggunakan chatbot flow builder, Anda dapat mengarahkan penugasan secara lebih efisien. Chatbot dapat mengumpulkan informasi dari semua pelanggan dan mengarahkan pertanyaan atau kendala mereka ke departemen atau staf yang tepat. Dengan ini, penyelesaian masalah atau pemberian layanan sudah terjamin ada di tangan yang tepat.

  • Personalisasi Interaksi

Terakhir, chatbot flow builder memudahkan chatbot memberikan pelayanan yang lebih personal kepada pelanggan. Hal ini diakibatkan dengan pengintegrasian data pelanggan ke dalam alur chatbot. Chatbot juga dapat memberikan respons yang lebih relevan dengan preferensi atau riwayat pelanggan.

Baca juga: Tips Mengukur Keberhasilan Chatbot dengan Chatbot Flow Builder!

Bagaimana Cara Mendapatkan Chatbot Flow Builder?

Anda sudah membaca bagaimana kegunaan dari chatbot flow builder sebagai alat untuk meningkatkan interaksi pelanggan. Dengan menggunakan chatbot flow builder, perusahaan dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan cara yang efisien dan efektif.

Fitur ini bisa Anda temukan di salah satu produk layanan Ivosights, Sociomile. Layanan ini mengintegrasikan penggunaan Sociobot, robot pintar berbasis Artificial Intelligence yang dapat meningkatkan customer experience. Walaupun tergolong baru, fitur chatbot flow builder didalamnya memudahkan Anda mengatur sendiri alur chatbot sesuai keinginan perusahaan.

Anda juga dapat menghemat biaya operasional dan meningkatkan jumlah penjualan berkat chatbot yang dapat tersedia hingga 24 jam lamanya. Lihat, banyak sekali kegunaan yang didapatkan dari Sociobot ini kan? Yuk segera berlangganan Sociomile dan dapatkan fitur ini untuk mendukung perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami