7 Jenis Chatbot Ini Siap Digunakan untuk Dukung Segala Bentuk Bisnis!

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Chatbot terbagi menjadi beberapa jenis, termasuk dari layanan apa saja yang diberikan. Ada beberapa jenis chatbot yang dapat mendukung kinerja perusahaan."

Seiring perkembangan zaman, segala jenis chatbot bermunculan sebagai bentuk inovasi di bidang teknologi. Adanya chatbot mempermudah dan membuat pekerjaan semakin efisien dilakukan. Sebelum memperkenalkan Anda ke beberapa jenis chatbot, alangkah baiknya Anda mengetahui dulu apa saja keunggulan dari teknologi ini.

Keuntungan Menggunakan Chatbot untuk Perusahaan

Alih-alih menggantikan manusia dengan robot, chatbot juga bisa memberikan keunggulan tertentu untuk penggunanya. Dengan menggunakan chatbot, sejumlah pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah.

  • Memberikan Layanan Berkualitas untuk Pelanggan

Bagi pelayanan pelanggan, kehadiran chatbot sangat membantu untuk memberikan respon cepat kepada pertanyaan atau keluhan. Chatbot juga dapat memberikan jawaban terhadap frequently asked questions (FAQ), menyajikan informasi terkait produk ataupun layanan perusahaan, dan memberikan solusi terhadap kendala yang dialami pelanggan. Dengan pelayanan maksimal yang diberikan chatbot, indeks kepuasan pelanggan akan meningkat.

  • Meningkatkan Efisiensi Operasional

Tugas repetitif yang dilakukan rutin dapat diotomatiskan berkat chatbot. Tanpa adanya campur tangan agen live chat, chatbot dapat mengelola banyaknya pertanyaan pelanggan yang diajukan. Hal ini mengakibatkan penghematan waktu operasional dan menyegerakan penyelesaian masalah.

  • Mengurangi Anggaran Biaya Perusahaan

Chatbot dengan kinerja yang baik dapat mengurangi kebutuhan perusahaan untuk mempekerjakan agen call center. Selain bermanfaat dalam jangka panjang, perusahaan bisa mengurangi biaya tenaga kerja tambahan dan biaya pengembangan agen.

Baca juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

  • Aktif Selama 24 Jam dalam Seminggu

Pelanggan bisa saja menghubungi layanan perusahaan di luar jam operasional. Hal ini disebabkan masa aktif chatbot yang mencapai 24 jam per harinya. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu menunggu jam operasional perusahaan untuk meminta solusi apabila ada kendala yang harus diselesaikan segera.

  • Dapat Dikustomisasi sesuai Kebutuhan

Chatbot dapat menangani seberapa banyaknya permintaan panggilan, tanpa menurunkan kualitas layanan yang diberikan. Layanan ini juga dapat beroperasi dalam tingkatan skala yang menyesuaikan perusahaan Anda.

  • Mengumpulkan Data dan Melakukan Analisis

Melalui interaksi bot dengan pelanggan, chatbot dapat melakukan pengumpulan data dan menganalisis keinginan dan selera setiap pelanggannya. Data-data yang dikumpulkan ini bisa digunakan perusahaan untuk menyusun ulang strategi dan melakukan pengembangan produk serta layanan call center.

  • Personalisasi dan Konteks

Pengguna bisa mendapatkan pengalaman pelayanan secara alami berkat teknologi NLP serta analisis konteks yang dimiliki chatbot. Kedua teknologi ini mengakibatkan chatbot bisa menyesuaikan respon terhadap riwayat dan preferensi setiap penggunanya.

Jenis Chatbot Pendukung Bisnis

Perusahaan memanfaatkan beberapa jenis chatbot untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan serta membuat operasional jadi lebih efisien. Inilah contoh beberapa jenis chatbot pendukung bisnis:

1. Chatbot Teks

Jenis chatbot ini paling banyak digunakan berbagai bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Chatbot teks bisa menjawab pertanyaan yang sering diajukan, memberikan tanggapan atas keluhan pelanggan, memberikan informasi produk perusahaan, hingga menyediakan solusi tepat sesuai dengan keinginan penggunanya. Jenis chatbot ini juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi chat lainnya, bahkan di website perusahaan.

2. Chatbot Suara

Dikenal dengan sebutan voice assistant, chatbot suara dapat diaktifkan menggunakan suara penggunanya. Hal ini disebabkan karena jenis chatbot ini berbasis teknologi pengenalan suara. Selain merespon suara pengguna, chatbot suara dapat mengarahkan panggilan pelanggan ke departemen lainnya.

3. Chatbot Multimodal

Jenis chatbot ini mengintegrasikan format teks, suara, serta visual dalam penggunaannya. Penggabungan ketiga elemen ini menjadikan pengalaman pengguna jadi lebih interaktif. Chatbot multimodal bisa diintegrasikan dalam aplikasi mobile ataupun platform chat yang mendukung.

Baca juga: SocioBot, Chatbot dengan Teknologi Termutakhir 

4. Chatbot Berbasis NLP

Dilengkapi dengan Natural Language Processing (NLP), chatbot bisa memahami dan mengimplementasikan bahasa manusia dalam komunikasinya dengan pelanggan bisnis. Teknologi ini mengakibatkan chatbot dapat memahami pertanyaan kompleks serta memecahkan kendala dengan jawaban kontekstual. Selain NLP, chatbot ini juga disisipi pemodelan dan analisis sentimen pengguna.

5. Chatbot Pemecah Masalah

Troubleshooting bot dibentuk khusus sebagai pemandu penggunanya dalam memecahkan masalah teknis. Chatbot ini menuntun pelanggan dengan panduan langkah per langkah hingga mengajukan solusi yang dapat membantu penggunanya memecahkan masalah.

6. Chatbot E-commerce

Sesuai dengan namanya, chatbot ini digunakan di platform-platform e-commerce. Chatbot e-commerce bisa memberikan rekomendasi produk bisnis, menuntun pelanggan untuk menyelesaikan proses pembelian produk, sampai menginformasikan ketersediaan produk.

7. Chatbot Pelayanan Pelanggan

Jenis chatbot yang terakhir ini berguna untuk memberikan pelayanan terhadap semua pertanyaan dan keluhan yang diajukan. Chatbot pelayanan pelanggan juga dapat memberikan informasi akun pelanggan, memulihkan password akun, dan menjadi penghubung pelanggan dengan agen live chat apabila perlu.

Temukan SocioBot, Chatbot dengan Teknologi Mutakhir di Ivosights

Sebagai salah satu jenis chatbot dengan teknologi mutakhir, SocioBot dipercaya dapat menunjang interaksi pelanggan dengan bisnis. Ivosights menyediakan SocioBot sebagai pelengkap dari platform Sociomile, layanan contact center terlengkap. Anda dapat meningkatkan interaksi antar brand dengan pelanggan dengan menggunakan platform ini. Selain menyediakan ekosistem customer engagement terpadu, Sociomile memiliki fitur-fitur lainnya yang juga berguna bagi bisnis Anda. Yuk, dapat layanan Sociomile milik Ivosights untuk menikmati berbagai kelebihan yang ditawarkan SocioBot!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami