SocioBot, Chatbot dengan Teknologi Termutakhir

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Sociobot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Sociobot. Shutterstock

"Simak beberapa kegunaan dan cara kerja SocioBot sebagai salah satu chatbot terbaik."

SocioBot dibentuk dengan menggabungkan interaksi sosial manusia dengan kecerdasan artifisial. Inovasi berbentuk chatbot ini memungkinkan mesin dapat berinteraksi dengan manusia menggunakan bahasa manusia, sehingga bersifat realistis. Namun, ternyata SocioBot membuktikan lebih dari satu teknologi mutakhir sebagai dasar pembuatannya. Beberapa di antaranya adalah pemodelan perilaku sosial, kecerdasan artifisial, integrasi dengan sistem dan API, dan pemrosesan bahasa alami.

Apa Itu SocioBot?

SocioBot adalah sebuah fitur chatterbot berbasis kecerdasan artifisial sebagai solusi untuk meningkatkan tingkat customer satisfaction. SocioBot dapat berkomunikasi dengan manusia menyerupai interaksi antarmanusia berkat adanya teknologi pemrosesan bahasa alami. Selain itu, SocioBot juga dapat menghubungkan beberapa channel digital untuk dapat diakses menggunakan satu platform saja. Platform chatbot satu ini dapat memaksimalkan pemberian solusi kepada pelanggan bisnis Anda dikarenakan masa aktifnya berdurasi 24 jam/7 hari.

Pengaplikasian SocioBot

SocioBot dapat diaplikasikan menjadi beberapa bentuk, seperti contohnya berikut ini:

  • Appointment Doctor

Janji temu dengan dokter kini dapat dilakukan secara online. Sebagian besar rumah sakit telah menyediakan fitur berupa chatbot supaya para pasien dapat mendaftarkan diri untuk berobat di rumah sakit. Anda dapat memilih nama dokter, jenis spesialis dokter, hingga waktu dan jam berobat sesuai dengan yang Anda inginkan.

Baca juga: Sociobot, Permudah Pelayanan Pelanggan

  • Order Sales Transaction

Untuk mendukung transaksi penjualan dalam bisnis, SocioBot dapat memberikan sapaan pada pelanggan yang pertama kali mengaksesnya. Bot ini juga dapat mengumpulkan informasi pelanggan maupun menyediakan informasi terkait produk yang disediakan perusahaan. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat melakukan pembayaran langsung, lacak produk pesanan, hingga dukungan pelanggan melalui SocioBot. 

  • Reservation

Selanjutnya adalah kegunaan SocioBot untuk membantu proses reservasi dan pemesanan. Pemesanan yang dilakukan sangat beragam, mulai dari reservasi restoran, hotel, hingga tiket penerbangan. Melalui SocioBot, Anda dapat meminta rekomendasi terkait reservasi yang Anda inginkan. Dengan panduan SocioBot, Anda juga dapat mendapatkan informasi dan mengikuti proses pemesanan dengan mudah. 

  • Survey

SocioBot dapat memuat survey berisikan kepuasan pelanggan terhadap layanan perusahaan. Anda dapat dengan mudah mengisi survey dengan menekan opsi-opsi yang ditampilkan dalam layar perangkat Anda.

  • Frequently Asked Questions

SocioBot dapat aktif selama 24 jam setiap harinya. Kelebihan ini dapat dimanfaatkan dengan mengkustomisasi bot supaya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Pelanggan dapat terhubung langsung dengan agen live chat apabila jawaban yang diberikan chatbot kurang memuaskan.

Lima Teknologi Dibalik SocioBot

Canggihnya SocioBot didukung akibat adanya lima teknologi utama dalam pembuatannya, Berikut inilah teknologi-teknologi yang dimaksud:

  • Teknologi NPL sebagai Pemrosesan Bahasa Alami

Teknologi NPL atau Natural Language Processing membantu SocioBot untuk mengerti dan memberikan respon berbentuk bahasa manusia dengan realistis. Dengan bantuan NPL, SocioBot dapat mengenali struktur bahasa manusia, memenggal bahasa menjadi satuan yang lebih kecil, menandai apabila terdapat entitas dan nilai rasa dalam teks pengguna, serta mencocokkan kata kunci dalam percakapan.

  • ¬†Integrasi dengan Sistem dan API

Integrasi antara SocioBot dengan Sistem dan API berguna untuk memperluas kemahiran dan memungkinkan chatbot ini melakukan interaksi dengan layanan di luar itu. Anda dapat mengintegrasikan chatbot dengan menggunakan Penghubung API, Webhooks, Integrasi berbasis data, RESTful API, serta sistem dengan protokol komunikasi lainnya, seperti WebSocket.

  • Kecerdasan Artifisial

Kecerdasan Artifisial sudah banyak menjadi pembicaraan sejak dahulu. Kehadiran kecerdasan buatan atau AI digunakan berbentuk entitas virtual maupun robot yang dapat memahami, berinteraksi, dan memberikan respons terhadap manusia dengan menggunakan bahasa secara alami. Untuk menyimpan informasi relevan yang dapat diakses kapan saja, SocioBot menggunakan representasi pengetahuan. Representasi pengetahuan ini juga digunakan untuk mencari hubungan antar konsep yang berbeda dalam suatu percakapan.

  • Pemodelan Perilaku Sosial

SocioBot mengembangkan kemampuannya melalui machine learning atau pembelajaran mesin. Dengan memanfaatkan algoritma yang didapat, SocioBot bisa mendapatkan pemahaman berbentuk pola perilaku, konteks, serta preferensi pengguna dalam interaksi sosial. Tidak hanya itu, SocioBot dapat memproduksi tanggapan alami bergantung dari konteks percakapannya.

SocioBot sebagai Solusi Meningkatkan Kepuasan pelanggan

Dengan beberapa fitur dan kelebihan di atas, SocioBot terbukti dapat menunjang interaksi pelanggan dengan bisnis Anda. Sebagai perusahaan di bidang customer engagement, Ivosights menyediakan platform Sociomile sebagai layanan contact center terlengkap. Dengan total sebanyak 13 kanal digital, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya bergantian melalui satu dashboard utama saja.

Anda dapat meningkatkan interaksi antar brand dengan pelanggan dengan menggunakan platform ini. Selain menyediakan ekosistem customer engagement terpadu, Sociomile memiliki fitur Sociomile Voice, Omni-Channel, dan fitur Help Desk yang lengkap. Yuk, tingkatkan layanan customer engagement perusahaan Anda dengan layanan Sociomile milik Ivosights, segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami