Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, pelayanan pelanggan yang efisien dan responsif menjadi kunci keberhasilan sebuah perusahaan. Dalam upaya untuk memenuhi dan bahkan melampaui harapan pelanggan, teknologi berperan sebagai katalisator yang tak tergantikan. Salah satu inovasi terkini yang telah mengubah lanskap komunikasi bisnis adalah Teknologi IP PBX Telephony System, khususnya dalam konteks call center. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi enam manfaat utama dari penerapan Teknologi IP PBX Telephony System dalam operasional call center bisnis. Dari peningkatan fleksibilitas hingga penghematan biaya operasional, Anda akan melihat bagaimana teknologi ini tidak hanya mengoptimalkan kinerja call center, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat posisi bersaing perusahaan Anda di pasar yang dinamis. Mari kita telusuri bersama bagaimana IP PBX Telephony System menjadi jawaban bagi call center modern yang berorientasi pada keunggulan pelayanan.

Apa yang Dimaksud dengan Call Center?

Call center merupakan aspek operasional bisnis yang bertanggung jawab dalam menangani panggilan telepon masuk dan keluar dari pelanggan. Dengan keberadaan call center, perusahaan dapat bertanya mengenai produk, melakukan transaksi, dan mendapatkan asistensi mengenai hal yang berkaitan dengan brand. Kini, dengan dominasi teknologi di segala aspek kehidupan bermasyarakat, perusahaan berlomba-lomba menggunakan sistem call center paling komprehensif untuk menguntungkan brand dan memuaskan pelanggannya. Salah satu teknologi yang kerapkali digunakan perusahaan adalah teknologi IP PBX Telephony System, call center berbasis cloud yang memungkinkan agen untuk mengakses dasbor call center dari mana saja atau WFH (Work From Home).

Implementasi Call Center pada Bisnis

Terdapat 2 bagian dalam call center serta beberapa cara mengimplementasikannya pada bisnis, yaitu sebagai berikut:

Inbound merupakan layanan panggilan masuk pada call center. Karyawan perusahaan dapat menjawab pertanyaan pelanggan terkait produk, menghimpun kritik dan saran, hingga memberikan asistensi teknis. Beberapa jenis bisnis dapat menggunakan inbound call untuk sistem reservasi, booking, atau sistem transaksi lainnya.

Outbound mengacu pada panggilan keluar yang dilakukan agen call center. Dengan aspek ini, perusahaan dapat memanfaatkannya untuk keperluan telemarketing atau promosi produk dan layanan. Selain itu, perusahaan dapat juga melakukan riset, meminta feedback, mengumpulkan data pelanggan, hingga melakukan reminder pada pelanggan terkait reservasi layanan perusahaan.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Call Center di Era Digital 

Manfaat Penggunaan IP PBX Telephony System pada Call Center Bisnis

Berikut merupakan manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika menggunakan call center dengan teknologi IP PBX Telephony System:

Pada umumnya, call center yang menggunakan IP PBX Telephony System akan menggunakan layanan SIP Trunk, atau sistem panggilan masuk dan keluar dengan menggunakan koneksi internet. Dengan perpaduan teknologi tersebut, biaya operasional yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar.

Call center dengan IP PBX Telephony System akan menghasilkan sistem call center yang fleksibel bagi karyawan, dikarenakan memungkinkan karyawan untuk mangakses call center darimana saja. Dengan fleksibilitas ini, bisnis dengan skala menengah dan besar dengan lapisan aspek operasional akan terbantu. 

Sistem call center dengan IP PBX pada umumnya dilengkapi berbagai macam fitur yang didukung dengan teknologi canggih. Seperti fitur integrasi, custom workflow, hingga voice broadcast. Dengan fitur dan teknologi canggih seperti itu, perusahaan dapat mengoptimalkan layanan komunikasi melalui call center yang dimiliki.

Beberapa perusahaan penyedia BPO call center memiliki fasilitas integrasi dengan CRM Tools. Integrasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih baik lagi.

Dengan fitur yang ditawari IP PBX call center, perusahaan dapat memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik antar agen call center dan anggota tim operasional lainnya. Agen dapat berkomunikasi, berbagi informasi, atau melakukan panggilan telepon melalui dasbor call center

Sistem call center yang komprehensif pada umumnya dilengkapi dengan hasil analisis dan laporan kinerja agen call center selama waktu tertentu. Seperti melacak durasi panggilan, volume panggilan, hingga produktivitas agen. Dengan sistem laporan seperti itu, perusahaan dapat dengan mudah mengevaluasi dan meningkatkan layanan pelanggan.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Virtual Call Center Bagi Bisnis Anda

Tertarik Menggunakan Software CRM yang Unggul dan Fleksibel? Segera Hubungi Ivosights!

Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri business solution provider. Ivosights menghadirkan Sociomile Voice, platform turunan dari Sociomile yang merupakan platform contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard. Platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk memiliki efisiensi dalam operasional bisnis, juga menciptakan interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan platform dari Ivosights ini, perusahaan dapat dengan mudah menaikkan customer experience melalui sistem call center yang unggul. Tertarik menggunakan Sociomile Voice? Hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan berbisnis!