6 Cara Membangun Call Center di Era Digital

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 17 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Call center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Call center. Shutterstock.

"Call center berperan membantu menghubungkan dengan pelanggan, memecahkan masalah & mengurangi kecemasan. Berikut ini beberapa cara membangun call center."

Di era digital ini, peranan call center bisa dinilai sangat berpengaruh. Mengapa? Call center berperan membantu menghubungkan pelanggan dengan layanan, memecahkan masalah, dan mengurangi kecemasan. Agent call center yang memiliki pengalaman dengan baik, bisa membantu calon pelanggan agar menjadi pelanggan yang setia dan dapat merekomendasikan bisnis Anda kepada keluarga, teman, kerabat, dan lain-lain. Namun, saat ini yang apa-apa serba online, dimana pelanggan mengharapkan secara cepat dan digital, tentunya akan menjadi sebuah tantangan bagi agent call center. Pada artikel kali ini akan membahas tentang membangun call center yang sukses terutama di era digital. Berikut penjelasannya:

#1 Wawasan tentang Produk yang Baik

Dalam era digital, pelanggan cepat dalam beradaptasi. Maka dari itu, pelanggan membutuhkan solusi yang cepat dengan waktu yang singkat pula sehingga tidak membuat mereka buang-buang waktu ketika mendeskripsikan masalahnya. Untuk menjadi sukses dalam call center, harus mampu memahami dan membantu menyelesaikan keluhan pelanggan.

#2 Fleksibilitas

Agent call center dalam tugasnya yaitu tidak bisa bisa diprediksi sehingga agent yang baik harus bisa bekerja secara fleksibel dan dapat beradaptasi dalam kondisi yang tak terduga, terutama di era digital ini. Agent call center ini berperan seperti frontliner pada bank karena mereka orang pertama yang memberikan tanggapan terhadap pelanggan sehingga, agent call center harus siap bertindak secara cepat.

#3 Pengelolaan yang Baik

Agent call center tiap harinya dapat menerima telepon dengan sangat banyak tergantung dengan volumenya. Beberapa panggilan memerlukan tindak lanjut yang kemungkinan bisa diselesaikan dalam hitungan hari tergantung kesulitannya. Maka dari itu, seorang agent call center yang baik, harus bisa mengelola masalah-masalah dari pelanggan dan tetap bisa menerima dari pelanggan yang lain.

#4 Kreatif

Tak hanya melayani pelanggan saja, seorang agent call center juga harus kreatif dalam menyelesaikan masalah pelanggan seperti dengan memberikan ide yang dapat menguntungkan pelanggan dan perusahaan.

#5 Selalu Tenang

Dalam era digital terutama pada jejak digital, mungkin saja Anda akan menemukan pertanyaan atau ulasan yang cukup nyelekit atau omongan pedas dari pelanggan. Maka dari itu, seorang agent call center yang baik tidak akan lengah saat menghadapi permasalahan yang berat dari pelanggan. Agent call center yang baik harus tetap tenang tidak peduli pada situasinya dan tidak membuat pelanggan semakin marah yang tentunya juga merugikan perusahaan.

#6 Ramah

Agent call center yang baik merupakan garda terdepan perusahaan sehingga membuatnya harus bersikap secara ramah ketika sedang berhadapan atau menghubungi pelanggan. Maka dari itu, pentingnya memberikan citra yang hangat kepada pelanggan sehingga perusahaan akan mendapatkan reputasi yang baik dari pelanggan. Hal tersebut bisa diraih jika agent call center-nya baik dan ramah terhadap pelanggan apapun kondisinya.

Dalam era digital, ternyata peran agent call center sangat diperlukan. Pelanggan pastinya akan menghubungi call center terkait ketersediaan produk. Tak hanya itu, pelanggan juga akan menghubungi call center ketika ada masalah terkait masalah produk, kerusakan, dan lain-lain. Hal ini juga mengharuskan seorang agent call center merespon pelanggan dengan cepat.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami