Bagaimana Cara Mengukur Keberhasilan Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer?

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 27 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer/KOL. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer/KOL. Shutterstock

"Supaya terjamin efektif, Anda harus melakukan pengukuran keberhasilan kolaborasi bisnis dengan buzzer. Simak cara-caranya pada artikel ini!"

Kolaborasi bisnis dengan buzzer telah menjadi strategi pemasaran yang populer dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Ini disebabkan karena buzzer dapat membantu bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada khalayak yang lebih luas, salah satunya termasuk para follower-nya. Namun, sejauh mana kolaborasi bisnis dengan buzzer ini berhasil? Bagaimana cara mengukur keberhasilannya? Untuk itu, Anda perlu menyimak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Kenali Pengertian dari Istilah Buzzer

Istilah buzzer merujuk pada seseorang yang memiliki follower dalam jumlah yang besar di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, atau TikTok. Umumnya, buzzer memiliki kehadiran yang kuat di dunia digital dan mampu memengaruhi pendapat dan perilaku para follower mereka. Buzzer sering terlibat dalam kerjasama dengan bisnis dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis kepada audiens yang lebih besar.

Manfaat Melakukan Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer

Berikut ini adalah sejumlah manfaat jika melakukan kolaborasi bisnis dengan buzzer:

  • Jangkauan yang Luas

Buzzer umumnya memiliki jumlah follower yang besar. Berkolaborasi dengan mereka membuat pesan yang hendak disampaikan bisnis akan mencapai banyak orang dalam satu waktu.

  • Keterlibatan Tinggi

Buzzer seringkali memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dengan follower mereka sehingga pesan yang disampaikan oleh bisnis melalui buzzer lebih mungkin diperhatikan oleh audiensnya.

  • Peningkatan Kepercayaan

Para follower buzzer akan percaya sepenuhnya terhadap rekomendasi yang diberikan. Hal ini akan sangat membantu apabila buzzer merekomendasikan produk maupun layanan bisnis Anda kepada para audiensnya. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan terhadap produk atau layanan Anda juga kian meningkat.

  • Konten Kreatif

Buzzer terampil dalam menciptakan konten kreatif dan menarik sehingga membantu mempromosikan produk maupun layanan bisnis Anda dengan cara yang unik.

  • Mencapai Audiens Tertarget

Sebagai pihak pebisnis, Anda dapat memilih buzzer yang memiliki audiens yang sesuai dengan demografi target bisnis Anda sehingga kampanye bisnis Anda akan lebih tepat sasaran.

Baca juga: 8 Etika yang Perlu Dipahami dalam Menjalankan Buzzer Marketing

Alasan Pentingnya Mengukur Keberhasilan Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer

Inilah lima alasan mengapa penting bagi Anda untuk mengukur keberhasilan kolaborasi bisnis dengan buzzer:

  • Mengukur Return on Investment (ROI)

Salah satu alasan utama pentingnya mengukur keberhasilan kolaborasi bisnis dengan buzzer adalah untuk menentukan apakah investasi yang bisnis Anda keluarkan menghasilkan pengembalian investasi yang positif. Anda perlu tahu apakah sumber daya yang Anda alokasikan untuk kampanye dengan buzzer akan sebanding dengan hasil yang Anda terima.

  • Evaluasi Kinerja Buzzer

Dalam kolaborasi bisnis dengan buzzer, buzzer berperan sebagai mitra bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengukur kinerja mereka untuk memastikan bahwa mereka mengkomunikasikan pesan Anda kepada audiens mereka secara efektif. Dengan mengukur hasil kampanye, Anda juga dapat mengevaluasi apakah buzzer yang dipilih untuk berkolaborasi sudah cukup efektif atau perlu diganti.

  • Perbaikan Strategi

Pengukuran keberhasilan kolaborasi dengan buzzer akan memberikan Anda informasi penting tentang strategi mana yang berhasil dan yang tidak. Dengan memahami ini, Anda dapat memperbaiki strategi pemasaran bisnis Anda selanjutnya.

  • Penyesuaian Kampanye

Data pengukuran keberhasilan kolaborasi dengan buzzer akan membantu Anda menyesuaikan kampanye bisnis ketika sedang berlangsung. Jika terlihat adanya strategi tidak bekerja sebagaimana yang diharapkan, Anda dapat membuat perubahan dan penyesuaian sesegera mungkin untuk meningkatkan hasilnya.

  • Bukti Kepada Pemangku Kepentingan

Hasil pengukuran ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa kolaborasi dengan buzzer memberikan nilai tambah kepada bisnis Anda. Hal ini akan sangat berguna untuk memperkuat hasil yang faktual jika data ini diberikan kepada para pemangku kepentingan bisnis, seperti pemilik bisnis atau investor.

Cara Mengukur Keberhasilan Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer

Terapkan tujuh cara berikut ini ketika mengukur keberhasilan kolaborasi bisnis dengan buzzer:

  • Identifikasi Tujuan Kolaborasi

Sebelum memulai kolaborasi bisnis dengan buzzer, tentukan tujuan bisnis dengan jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran audiens terhadap brand, meningkatkan penjualan, atau mengumpulkan umpan balik dari pelanggan? Dengan menetapkan tujuan yang jelas, Anda dapat mengukur sejauh mana kolaborasi ini dapat mencapai tujuan tersebut.

  • Pemilihan Buzzer yang Tepat

Kemudian, pilihlah buzzer yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Pertimbangkan audiens target, nilai-nilai brand bisnis Anda, dan konten yang relevan.

  • Pengukuran Jangkauan (Reach)

Anda dapat menggunakan alat analitik media sosial untuk melihat jumlah view, like, komentar, dan share dari konten yang terkait dengan kolaborasi bisnis dengan buzzer. Semakin besar jangkauan, semakin banyak audiens yang menerima pesan Anda.

  • Pengukuran Keterlibatan (Engagement)

Keterlibatan merupakan sebuah tanda bahwa audiens bukan hanya melihat konten, tetapi juga terlibat dengannya. Ukur tingkat keterlibatan dengan melihat jumlah komentar, like, share, serta seberapa sering audiens berinteraksi dengan konten yang dibagikan oleh buzzer.

  • Konversi dan Retensi

Kolaborasi dengan buzzer harus menghasilkan konversi, seperti penjualan produk atau pendaftaran layanan yang disediakan bisnis. Pantau seberapa banyak konversi yang dihasilkan dari kampanye tersebut. Selain itu, perhatikan juga tingkat retensi, yaitu seberapa lama pelanggan tetap setia setelah berinteraksi dengan kampanye bisnis Anda.

  • Pengukuran Nilai Bisnis

Hitunglah nilai bisnis yang dihasilkan dari kolaborasi dengan buzzer. Bandingkan pendapatan atau laba yang diperoleh dari kampanye dengan biaya yang Anda keluarkan untuk kolaborasi tersebut. Dengan begini, Anda dapat menilai apakah melakukan kolaborasi bisnis dengan buzzer ini menguntungkan atau tidak.

  • Umpan Balik Buzzer

Terakhir, mintalah umpan balik dari buzzer itu sendiri. Diskusi dengan mereka untuk mendapatkan wawasan tentang pengalamannya dalam berkolaborasi dengan bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda memperbaiki kolaborasi yang terjadi pada masa yang akan datang dan membangun hubungan yang berkelanjutan.

Baca juga: Menilai Pengaruh dari Penggunaan Buzzer Tracking untuk Bisnis Anda

Sejumlah Alat Pengukur Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer

Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengukur kolaborasi bisnis dengan buzzer, yaitu sebagai berikut:

  • Google Analytics

Pertama adalah Google Analytics yang berguna untuk mengukur lalu lintas website yang digunakan sebagai tempat kolaborasi bisnis dengan buzzer. Anda dapat melihat dari mana asal pengunjung, berapa lama waktu yang dihabiskan di website tersebut, dan apakah mereka melakukan tindakan tertentu seperti pembelian atau pendaftaran.

  • Media Sosial Analytics

Kemudian ada juga platform media sosial seperti Facebook Insights, Twitter Analytics, dan Instagram Insights yang dapat menyediakan data tentang kinerja konten yang dibagikan oleh buzzer. Dengan begini, Anda dapat melihat view, like, komentar, dan share untuk setiap postingan.

  • Tools Analisis Influencer

Ada berbagai tools analisis yang dirancang khusus untuk mengukur kinerja buzzer. Tools ini dapat memberikan Anda informasi mendalam tentang seberapa efektif kolaborasi Anda dengan buzzer, termasuk metrik seperti jangkauan, keterlibatan, dan ROI.

  • Kode Pelacakan Kustom

Anda juga dapat membuat kode pelacakan secara  kustom untuk melacak konversi hasil kolaborasi bisnis dengan buzzer. Menggunakan cara ini membuat Anda dapat mengukur jumlah penjualan atau tindakan lain yang dihasilkan oleh kampanye bisnis tersebut secara tepat.

  • Survey dan Kuesioner

Jika Anda ingin mendapatkan umpan balik langsung dari audiens, Anda dapat menggunakan survei dan kuesioner online. Melalui ini, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang seberapa efektif kolaborasi dan apa saja yang dapat ditingkatkan.

Lacak Keberhasilan Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer Menggunakan Fitur Buzzer Tracking & Monitoring!

Melakukan kolaborasi bisnis dengan buzzer merupakan strategi pemasaran yang kuat, tetapi keberhasilannya harus diukur dengan cermat. Dengan mengidentifikasi tujuan Anda, memilih buzzer yang tepat, dan menggunakan metrik yang relevan, Anda dapat mengukur dampak kampanye bisnis Anda.

Supaya keberhasilan kolaborasi bisnis dengan buzzer dapat terjamin, lakukan monitoring buzzer dengan bantuan sebuah alat alternatif pengukur keberhasilan kolaborasi bisnis dengan buzzer, yaitu Ripple10, sebuah platform digital monitoring yang digunakan untuk memantau percakapan yang dipublikasikan secara online, mulai dari media sosial, forum, blog, portal berita, hingga media konvensional. 

Tools ini dibekali dengan sebuah fitur bernama buzzer tracking & monitoring yang dapat membantu Anda memonitoring performa buzzer dan KOL dalam setiap kampanye bisnis. Apalagi, data monitoring yang dihasilkan juga dikumpulkan secara real-time sehingga bersifat faktual. Jika Anda berminat, silakan hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait produk kami satu ini. Bahkan, Anda juga bisa meminta melakukan demo sistem secara langsung untuk melihat secara langsung kegunaan Ripple10 ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami