Customer Engagement Tools: Definisi, Manfaat, Cara Memilih yang Tepat

Sociomile

,

Ivosights


Penulis : Administrator - Selasa, 02 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.

"Memilih customer engagement tools yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan bisnis terkadang cukup rumit. Simak ulasannya di sini!"

Penggunaan customer engagement tools di era digital terbukti sangat menguntungkan. Baik itu dari sisi perusahaan, maupun dari sisi pelanggan. 

Apa itu Customer Engagement Tools?

Memberikan pengalaman positif dalam proses transaksi kepada pelanggan merupakan impian setiap pebisnis. Biasanya, suatu institusi, perusahaan, atau pelaku bisnis menggunakan customer engagement tools untuk mewujudkannya. Customer engagement tools merupakan alat yang digunakan untuk mengelola komunikasi dan interaksi antara suatu bisnis dengan pihak luar, seperti pelanggan atau masyarakat yang berpotensi menjadi calon pelanggan. Salah satu customer engagement tools asal Indonesia yang sudah dipakai berbagai macam perusahaan adalah Sociomile.

Sociomile adalah sistem contact center yang terdiri dari beberapa jenis perangkat turunan, yaitu Sociomile Omni-Channel, Sociobot, dan Sociomile Voice. Sociomile Omni-Channel merupakan 12 saluran digital dan voice yang diintegrasikan dalam satu dashboard untuk meningkatkan efisiensi kerja agen contact center. Sociobot, di sisi lain, adalah customer engagement tools berbasis artificial intelligence (AI) yang memungkinkan interaksi responsif dengan perusahaan selama 24 jam sehari. Perangkat turunan terakhir adalah Sociovoice, sistem call center bisnis dengan fitur-fitur unik yang mendukung layanan panggilan masuk dan keluar sesuai kebutuhan perusahaan. 

Baca Juga: Mengenal Sociobot: Implementasi Teknologi Berbasis AI pada Software CRM 

Manfaat Penggunaan Customer Engagement Tools

Customer engagement tools memiliki berbagai macam manfaat, yaitu sebagai berikut:

  • Meringankan Beban Kerja Karyawan

Beban kerja karyawan yang terlalu berat akan berdampak pada menurunnya kinerja karyawan. Akibatnya, pelanggan bisa mendapatkan respon yang kurang baik dari karyawan tersebut ketika proses berkomunikasi. Akan tetapi, customer engagement tools pada umumnya menyediakan custom workflow, dimana perusahaan dapat mengatur customer engagement tools untuk sesuai dengan keinginan, target, dan kemauan perusahaan itu sendiri. Dengan proses Omnichannel pada customer engagement tools juga membuat karyawan tidak perlu bolak-balik mengakses belasan kanal digital. Melainkan dapat langsung membukanya dalam satu dasbor. Menjamin ketepatan, kecepatan, dan efisiensi.

  • Memberikan Pengalaman Positif pada Pelanggan

Alat penunjang yang komprehensif dapat memberikan pengalaman positif pada pelanggan. Pelanggan tidak perlu mengeluh keterlambatan pemberian informasi, dikarenakan dasbor customer engagement tools susah didesain untuk menguntungkan kedua belah pihak. Tak hanya itu, dengan pelayanan yang baik, pelanggan jadi dapat menyampaikan saran, masukan, dan pertanyaan tanpa perlu merasa perkataannya tidak didengarkan dan dipertimbangkan oleh brand.

  • Multiple Touchpoint

Kanal digital yang beragam kini bermunculan di kancah digital. Beberapa orang lebih suka menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi, tetapi ada juga segelintir orang yang menggunakan Line sebagai kanal digital utama. Perbedaan tersebut tidak menghalangi perusahaan untuk menjangkau keduanya. Dikarenakan customer engagement tools menyediakan dasbor untuk mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice. Sehingga, bisnis dapat mengepakkan sayapnya ke berbagai sisi. Hal ini menjamin peningkatan jangkauan bisnis dengan efektif.

  • Analisis dan Laporan Operasional Bisnis

Perusahaan tentu ingin mengetahui kinerja dan hasil akhir penggunaan customer engagement tools. Oleh karena itu, beberapa tools pasti menyediakan sistem analisis dan laporan yang dapat diakses, bahkan diunduh dengan mudah. Mengetahui laporan dan analisis operasional bisnis melalui customer engagement tools akan membantu bisnis untuk berkembang dan meningkatkan kinerja dari sebelumnya.

Cara Memilih Customer Engagement Tools yang Tepat untuk Bisnis Anda

Apabila Anda berminat untuk menggunakan customer engagement tools, Anda perlu melakukan beberapa cara ini untuk dapat menemukan customer engagement tools yang tepat:

  • Mengidentifikasi Kebutuhan Bisnis

Customer engagement tools memiliki berbagai macam fitur dan kegunaan yang berbeda. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu mengidentifikasi apa yang mereka butuhkan dan mencocokkannya dengan calon-calon customer engagement tools yang akan digunakan.

  • Mengetahui Target Audiens

Tak hanya mengetahui kebutuhan bisnis, perusahaan juga perlu mencari tahu apa yang audiens mereka butuhkan. Sehingga, perusahaan dapat memilih customer engagement tools yang juga sesuai dengan preferensi pelanggan.

  • Melakukan Riset terkait Alat dan Fitur

Selanjutnya, perusahaan dapat melakukan riset mengenai fitur secara mendalam. Customer engagement tools biasanya identik dengan sistem integrasi platform. Oleh karena itu, perusahaan dapat mencari tahu mengenai fungsi, cara penggunaan, dan apakah tools tersebut termasuk user-friendly.

  • Membandingkan Harga dengan Tools Lainnya

Mempertimbangkan dalam sisi harga juga tahapan yang tidak boleh terlewatkan. Supaya biaya yang dikeluarkan sepadan dengan fasilitas yang diterima, perusahaan dapat membandingkan harga antar customer engagement tools yang ada.

  • Membaca Testimoni Pelanggan

Perusahaan yang bergerak di bidang business solution provider pada umumnya sering mencantumkan testimoni klien pada situs webnya. Anda dapat mencoba untuk membaca testimoni tersebut untuk meyakinkan diri.

  • Melakukan Trial Penggunaan Tools

Setelah yakin dan siap melakukan transaksi, Anda dapat mencoba melakukan trial untuk penggunaan tools. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kemungkinan kesalahan teknis.

Ingin Gunakan Customer Engagement Tools untuk Optimalisasi Komunikasi? Hubungi Ivosights!

Ivosights menghadirkan Sociomile, solusi bagi perusahaan untuk dapat menggunakan customer engagement tools yang mudah diakses dengan berbagai jenis fitur penunjang. Sociomile merupakan sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Tak hanya itu, Sociomile juga didukung oleh teknologi berbasis AI yang akan membantu memaksimalkan customer engagement. Sociomile juge memiliki perangkat turunan bernama Sociomile Voice,  menyediakan sistem call center dengan fitur yang lengkap. Secara keseluruhan, perusahaan dapat mengakses laporan akhir, help desk management, real-time wallboard, hingga ticketing system. Bersama Sociomile dari Ivosights, Anda dapat memaksimalkan interaksi dan komunikasi positif bersama pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami