WhatsApp Centang Hijau untuk Bisnis: Ketahui Peluang dan Tantangannya

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 14 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Pahamilah peluang dan tantangan menggunakan WhatsApp centang hijau untuk memaksimalkan pemanfaatannya"

Sebagai salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, WhatsApp memiliki berbagai fitur inovatif yang bukan hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara general, tetapi juga kebutuhan pengguna bisnis. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah WhatsApp centang hijau. Fitur ini merupakan simbol bahwa sebuah akun bisnis telah diverifikasi dan diakui secara resmi oleh WhatsApp. WhatsApp centang hijau memang memiliki banyak sekali keunggulan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis harus menghadapi beberapa tantangan dalam penggunaannya. Simak artikel ini untuk mengetahui peluang dan tantangan yang akan dihadapi bisnis dalam penggunaan WhatsApp centang hijau!

Apa Itu WhatsApp Centang Hijau?

WhatsApp centang hijau adalah simbol berbentuk centang berwarna hijau yang diberikan WhatsApp kepada bisnis yang telah diverifikasi oleh WhatsApp. WhatsApp centang hijau merupakan benefit dan bagian dari penggunaan WhatsApp Business API.

Peluang Menggunakan WhatsApp Centang Hijau untuk Bisnis

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

WhatsApp centang hijau dapat membantu bisnis meningkatkan kepercayaan pelanggan mereka. Simbol centang hijau menunjukkan bahwa bisnis tersebut adalah entitas resmi yang telah terverifikasi, hal ini dapat membantu meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tersebut adalah bisnis yang sah dan terpercaya. Maka dari itu, WhatsApp centang hijau dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam berinteraksi dan bertransaksi.

  • Meningkatkan Keamanan Data Pelanggan

WhatsApp centang hijau juga dapat membantu bisnis meningkatkan keamanan data pelanggan. Hal ini karena WhatsApp centang hijau merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API yang juga menjamin keamanan riwayat pesan dengan fitur enkripsi end-to-end. Sehubungan dengan poin di atas, keunggulan ini ditambah dengan verifikasi WhatsApp kepada bisnis dapat terus meningkatkan kepercayaan pelanggan. Bisnis dapat terus menjamin bahwa data informasi pelanggan akan aman dan mereka merupakan entitas yang dapat dipercaya.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Dengan WhatsApp centang hijau, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness. Hal ini karena simbol centang hijau dari WhatsApp dapat meningkatkan visibilitas sebuah akun bisnis. Pelanggan cenderung membuka pesan dari akun yang mereka yakini adalah akun resmi dan asli. Maka dari itu, bisnis dengan akun centang hijau akan mendapati pelanggan mereka lebih sering membuka pesan mereka. Hal ini dapat menjadi bentuk promosi bisnis yang membantu publik menyadari brand bisnis tersebut dan menarik calon pelanggan.

  • Membangun Reputasi Merek yang Baik

Keberadaan WhatsApp centang hijau juga dapat membantu bisnis dalam membangun reputasi merek yang baik. Simbol verifikasi WhatsApp membuktikan bahwa bisnis adalah entitas asli yang sah dan dapat dipercaya. Hal ini membawa citra positif bagi bisnis yang sangat penting untuk menarik calon pelanggan dan terus bersaing di market.

  • Benefit bagi Strategi Pemasaran

WhatsApp centang hijau juga memiliki peran yang menguntungkan dalam membentuk strategi pemasaran. Perusahaan dapat mempromosikan produk atau jasa mereka lewat WhatsApp dengan mudah dan simbol WhatsApp centang hijau akan membantu mensukseskan promosi tersebut. Hal ini karena citra merek yang baik dan terpercaya yang disematkan pada akun bisnis yang memiliki centang hijau WhatsApp.

  • Pengembangan Pangsa Pasar

Kepemilikan WhatsApp centang hijau juga dapat membantu bisnis dalam mengembangkan pangsa pasar mereka. Sebagai salah satu platform komunikasi yang paling sering digunakan di Indonesia, WhatsApp menjadi tempat yang cocok bagi promosi bisnis. Logo centang hijau dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis dan kecenderungan pembaca untuk membuka pesan dari akun bisnis tersebut. Maka dari itu, perusahaan dapat menarik calon pelanggan baru dengan logo WhatsApp centang hijau yang dimiliki.

  • Peningkatan Profitabilitas

Seluruh keunggulan WhatsApp centang hijau akan berujung pada peningkatan profitabilitas bisnis. Dengan meningkatnya kepercayaan dan kesadaran merek, serta strategi promosi bisnis dan pengembangan pasar yang efektif, perusahaan dapat menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang dimiliki, serta mengalami peningkatan penjualan produk atau jasa mereka.

Tantangan Menggunakan WhatsApp Centang Hijau untuk Bisnis

  • Tantangan dalam Proses Verifikasi

Tantangan pertama yang harus dihadapi perusahaan dalam menggunakan WhatsApp centang hijau adalah proses verifikasi itu sendiri. Logo centang hijau tidak bisa diberikan ke sembarang akun, melainkan harus entitas yang telah terbukti resmi dan bukan penipuan. Maka dari itu, proses verifikasi untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau bersifat kompleks dan memakan waktu. Perusahaan perlu melakukan upaya untuk memenuhi persyaratan agar lolos proses verifikasi dan mendapatkan logo centang hijau.

  • Tuntutan Keamanan dan Standar Lainnya

WhatsApp centang hijau memang dapat menjamin keamanan data pelanggan, tetapi adanya jaminan ini berarti perusahaan harus memenuhi standar keamanan dan standar lainnya yang telah ditetapkan oleh WhatsApp. Hal ini untuk memastikan bahwa tanda centang hijau tidak disalahgunakan dan dapat dimanfaatkan secara optimal.

  • Biaya yang Dikeluarkan

Meskipun biaya untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau adalah gratis, perusahaan tetap harus membayar untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Hal ini karena logo centang hijau hanya dapat didapatkan bagi perusahaan pemilik akun WhatsApp Business API. Hal ini berarti bisnis harus berinvestasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan logo WhatsApp centang hijau.

  • Tantangan Beradaptasi dengan WhatsApp Centang Hijau untuk Tim

Tantangan terakhir yang dapat dihadapi bisnis dalam penggunaan centang hijau adalah tantangan dalam beradaptasi dengan WhatsApp centang hijau itu sendiri. Menggunakan WhatsApp centang hijau berarti menggunakan WhatsApp Business API. Meski fitur-fitur WhatsApp Business API sangat berguna, sangat wajar jika karyawan mungkin perlu waktu untuk beradaptasi dengannya. Selain itu, bisnis dengan logo centang hijau juga perlu memastikan mereka memanfaatkan fitur ini secara sesuai dengan pedoman dan terus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh WhatsApp. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mengadakan sosialisasi dan pelatihan kepada tim mereka ketika mendapatkan WhatsApp centang hijau agar dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Dapatkan WhatsApp Centang Hijau Hanya di Ivosights!

WhatsApp centang hijau adalah salah satu fitur WhatsApp Business API yang datang dengan peluang dan tantangannya tersendiri. WhatsApp centang hijau menawarkan peluang besar bagi bisnis untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperkuat merek dagang mereka, dan meningkatkan profitabilitas mereka. Namun, bisnis juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa tantangan dalam menggunakan WhatsApp centang hijau dalam bisnis mereka, seperti proses verifikasi yang kompleks, standar keamanan yang harus dipenuhi, biaya yang harus dikeluarkan, dan juga proses implementasi bagi tim. Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan semua peluang dan tantangan ini untuk memastikan penggunaan WhatsApp centang hijau yang optimal.

Jika Anda ingin memanfaatkan peluang dari WhatsApp centang hijau, Ivosights dapat membantu Anda! Ivosights adalah partner resmi WhatsApp Business API (Business Solution Provider) di Indonesia. Dengan menggunakan WhatsApp Business API dari Ivosights, Anda akan mendapatkan WhatsApp centang hijau dan membawa kesuksesan jangka panjang untuk bisnis Anda. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan logo centang hijau WhatsApp!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami