Ketahui Influencer yang Bicarakan Produk Anda dengan Audience Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 17 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Audience analysis. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Audience analysis. Shutterstock

"Pembicaraan tentang produk yang dikatakan atau dipopulerkan influencer bisa dengan mudah dilacak menggunakan audience analysis"

Di zaman yang sudah modern ini, pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan influencer. Tapi, tahukah Anda bahwa influencer memiliki peranan yang penting dalam sebuah produk yang mereka bicarakan atau promosikan di akun media sosial? Mereka memiliki kepercayaan publik, terutama pada bidang-bidang yang mereka kuasai. Untuk itu, cukup penting untuk mengetahui siapa saja influencer yang sedang membicarakan produk Anda. Yuk, pelajari menggunakan audience analysis.

Seberapa Besar Pengaruh Influencer untuk Memasarkan Produk?

Pengaruh influencer dalam memasarkan produk dapat sangat besar tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas dan relevansi konten yang dibuat oleh influencer, jumlah dan kualitas pengikut, serta kecocokan antara merek dan influencer. Banyak merek dan perusahaan telah memanfaatkan kekuatan influencer dalam memasarkan produk mereka, karena pengaruh dan kepercayaan yang dimiliki oleh influencer dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan, dan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengaruh influencer dapat sangat besar dalam memasarkan produk:

  • Memiliki Audiens yang Besar dan Terkait

Influencer memiliki pengikut yang besar dan aktif di media sosial, yang memiliki minat dan kebutuhan yang relevan dengan merek atau produk tertentu. Dengan memilih influencer yang tepat, merek dapat mempromosikan produk mereka pada audiens yang sudah tertarik dengan jenis produk tersebut.

Baca Juga: Gunakan Audience Analysis untuk Mengurangi Trust Issue Kepada Customer

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Ketika influencer mempromosikan merek atau produk, mereka memberikan kesempatan bagi merek untuk dikenal oleh audiens yang lebih luas. Ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan membuat merek lebih mudah dikenali di pasar.

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Influencer sering memiliki hubungan dekat dengan pengikut mereka, yang membuat pengikut merasa terhubung dan terlibat dalam kehidupan influencer. Oleh karena itu, ketika influencer merekomendasikan atau mempromosikan merek atau produk, pengikut cenderung lebih mempercayai merek dan produk tersebut.

  • Meningkatkan Konversi Penjualan

Ketika influencer merekomendasikan produk atau merek tertentu, mereka dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengikut mereka. Dengan kata lain, pengikut lebih cenderung membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer daripada produk yang tidak dipromosikan.

  • Meningkatkan Engagement dan Interaksi

Influencer dapat membantu merek untuk meningkatkan engagement dan interaksi dengan pengikut mereka. Dengan memposting konten yang menarik dan relevan, influencer dapat membantu merek untuk mendapatkan lebih banyak like, komentar, dan berbagi, sehingga meningkatkan visibilitas dan eksposur merek di media sosial.

Penjelasan Audience Analysis

Audience analysis atau analisis audiens adalah proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan untuk memahami siapa target audiens atau pemirsa dari suatu produk, layanan, atau pesan tertentu. Tujuan utama dari audience analysis adalah untuk memahami karakteristik audiens, kebutuhan, keinginan, preferensi, dan perilaku mereka. Beberapa hal yang dapat dipelajari dari audience analysis antara lain:

  • Demografi: Usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan.
  • Psikografis: Nilai, kepercayaan, motivasi, kepribadian, dan gaya hidup.
  • Kebutuhan dan keinginan: Produk atau layanan apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh audiens.
  • Preferensi: Produk atau layanan mana yang disukai oleh audiens dan mengapa.
  • Perilaku: Bagaimana audiens berperilaku terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Audience analysis sangat penting dalam pemasaran dan periklanan karena dapat membantu perusahaan atau pemasar untuk memahami siapa target audiens mereka dan bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka. Dengan memahami karakteristik audiens, perusahaan dapat mengembangkan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan membuat pesan yang lebih relevan dan menarik bagi audiens mereka.

Cara Mengetahui Influencer yang Membicarakan Produk dengan Audiens Analisis

Untuk mengetahui influencer yang membicarakan produk dengan menggunakan audience analysis, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tentukan Target Audiens Anda 

Sebelum mencari influencer, Anda perlu menentukan siapa target audiens Anda terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin memasarkan produk ke kalangan remaja, maka Anda perlu mengetahui karakteristik dan preferensi dari target audiens Anda yang termasuk dalam kelompok tersebut.

  • Gunakan Alat Analisis Media Sosial

Anda dapat menggunakan berbagai alat analisis media sosial seperti Socialbakers, Sprout Social, atau Hootsuite untuk memperoleh data tentang pembicaraan terkait produk di media sosial. Dalam alat ini, biasanya terdapat fitur untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu, sehingga Anda dapat mengetahui siapa saja influencer yang membicarakan produk Anda.

Baca Juga: Identifikasi Target Para Pelanggan Menggunakan Cara Audience Analysis

  • Analisis Data Media Sosial

Setelah Anda memperoleh data tentang pembicaraan terkait produk di media sosial, Anda dapat melakukan analisis data untuk mengetahui pengaruh dari setiap influencer. Anda dapat melihat jumlah follower, retweet, like, atau komentar yang diterima oleh setiap influencer untuk mengetahui seberapa banyak audiens yang terlibat dalam pembicaraan tersebut.

  • Lakukan Analisis Sentimen

Selain melihat jumlah interaksi yang diterima oleh setiap influencer, Anda juga perlu melihat analisis sentimen terkait produk yang dibicarakan. Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana respon audiens terhadap produk tersebut dan juga untuk menemukan influencer yang memiliki pengaruh positif terhadap audiens.

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Urusan Audience Analysis!

Ripple10 memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mencari tahu influencer mana saja yang membicarakan produk Anda dengan menggunakan Audience Analysis, lho! Lebih lanjut, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami