Identifikasi Target Para Pelanggan Menggunakan Cara Audience Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 10 April 2023
Ket: Ilustrasi - Audience Analysis. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Audience Analysis. Shutterstock

"pelaku bisnis dapat melakukan metode audience analysis dengan platform yang sesuai untuk mengidentifikasi target dari audience dalam melakukan campaign produk!"

Audience analysis atau dengan kata lain merupakan aksi dari seorang pelaku bisnis untuk melakukan analisis terhadap audience yang mereka miliki. Tujuannya utama dari aksi tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana target atau preferensi dari audience atau customer. Dengan ini para pengusaha dapat menyiapkan strategi untuk membuat iklan, promosi, presentasi serta konten iklan pada media sosial.

Secara umum, audience analysis juga memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi tentang siapa target dari audience, apa yang mereka butuhkan, preferensi, sikap, nilai, dan gaya komunikasi mereka. Dengan kata lain audience analysis berkaitan juga dengan KOL atau influencer para audience. Dengan memahami karakteristik dan kebutuhan audience, anda sebagai pengusaha selaku yang menjalankan bisnis dapat merancang pesan atau konten yang lebih efektif dan relevan bagi mereka.

Terdapat faktor-faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam audience analysis yaitu seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, latar belakang budaya, profesi, hobi, preferensi media, serta bahasa yang digunakan oleh audience. Audience analysis juga dapat melibatkan riset untuk pasar, survey, wawancara, serta observasi untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan kredibilitas dalam menggapai audience sebagai sasaran.

Baca Juga:Sentiment Analysis, Strategi Branding Bagi Perusahaan

Melakukan audience analysis dapat memperkuat campaign yang anda lakukan dalam bisnis anda. mengetahui target audience dapat menjadi senjata anda dalam melawan pesaing untuk mempromosikan bisnis yang anda jalankan. Untuk melakukan audience analysis anda perlu menggunakan suatu platform dengan teknologi yang memadai. Karena melakukan audience analysis merupakan hal yang tidak instan, namun dapat menjadi instant apabila anda mendapatkan platform terbaik. Sebelum mengetahui platform yang anda butuhkan, anda perlu menyimak beberapa berikut terlebih dahulu.

Yang Perlu Diketahui dalam Audience Analysis

  • Tujuan analisis audiens

Audience analysis dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, seperti untuk mendapatkan cara penyajian tepat dalam membuat topik, target, serta bahasa yang digunakan dalam melakukan sebuah campaign atau promosi.

  • Sumber informasi

Informasi mengenai audience dapat diketahui dengan lengkap yang berasal dari data pribadi para audience.

  • Aspek yang perlu dipertimbangkan

Dalam melakukan audience analysis, terdapat beberapa aspek yang harus dipertimbangkan mengenai latar belakang dari audience itu sendiri.

  • Manfaat

Audience analysis dapat membantu para pengusaha untuk meningkatkan efektivitas dalam berkomunikasi, menghindarkan kesalahan pada interpretasi, menjauhkan hambatan dalam interaksi, serta meningkatkan daya Tarik.

  • Kesesuaian pesan

Perbedaan kebutuhan audience, ekspektasi, dan kepentingan dapat menjadi poin yang harus diperhatikan oleh pengusaha. Dalam menyampaikan pesan, anda harus menyesuaikan nilai yang dimiliki oleh para audience. Sehingga hal tersebut memaksimalkan efektivitas dalam menyampaikan pesan.

Baca Juga: Langkah Analisis Emotion Analysis untuk Bisnis Media Sosial

Fitur Yang Dimiliki oleh Analysis Audience

Audience analysis harus dilakukan dengan menggunakan platform. Beberapa fitur dari audience analysis antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Identifikasi Demografi

Audience analysis dapat membantu untuk mengidentifikasi informasi mengenai demografis seperti jenis kelamin, usia, latar pendidikan, sampai pekerjaan dari audience. Informasi tersebut akan membantu anda dalam memahami kebutuhan dan preferensi dari audience, dan memberikan wawasan tentang bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi dengan mereka.

  • Pemahaman Psikologi dan Perilaku

Audience analysis dapat membantu anda dalam memahami sisi psikologi serta perilaku audience yang akan dituju, seperti preferensi pembelajaran, pembelian yang sering dilakukan, sampai habit audience pada media sosial. Informasi tersebut dapat membantu untuk merancang pesan yang lebih efektif yang dapat mempengaruhi perilaku dan tindakan audience

  • Pemahaman Tentang Konteks Sosial dan Budaya

Dalam melakukan audience analysis dapat membantu untuk memahami konteks mengenai budaya dan sosial dan audience yang akan dituju. Informasi tersebut membantu dalam menghindari pesan yang tidak tepat atau menyimpang. Serta mendapatkan wawasan mengenai bagaimana audience dalam merespon pesan yang disampaikan

  • Memahami kebutuhan dan Harapan Audience

Audience analysis dapat membantu dalam memahami kebutuhan serta harapan dari para audience. Informasi ini membantu anda untuk merancang pesan yang dapat menyesuaikan keinginan dan kebutuhan mereka untuk lebih relevan.

  • Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

Audience analysis dapat membantu meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan audience. Dengan pemahaman terhadap audience yang dituju, pesan dapat direncanakan agar lebih matang untuk menarik dan memotivasi audience dalam berinteraksi dengan pesan yang anda sampaikan.

Kenali Audience Anda dengan Platform Analysis Audience dari Ivosights!

Memahami target dari audience menjadi impian besar bagi para pengusaha. Memiliki jalan mudah yang efektif menjadikan pengusaha dapat mengembangkan bisnisnya dengan sangat cepat. Dalam melakukan analysis audience kamu perlu platform terbaik demi pengalaman yang gemilang serta menghindari ketidaknyamanan dan kegagalan dalam melakukan aksi tersebut. Ivosights menghadirkan Ripple10 sebagai platform yang memiliki banyak sekali fitur. Diciptakan dengan tim yang ahli serta teknologi yang sangat memadai. Menjamin bahwa bisnis anda akan lebih berkembang dengan menggunakan produk dari Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami